Peluang Usaha Budidaya Kroto, Yuk Belajar Di Sini!

WIRABISNIS, malangpost.id- Anda mungkin sering mendengar istilah kroto. Kroto merupakan telur semut rangrang yang biasanya digunakan sebagai makanan burung. Manfaatnya adalah agar burung dapat menghasilkan kicau yang indah. Banyak manusia yang akhirnya melakukan budidaya kroto karena peluangnya sangat besar.

Tidak hanya untuk burung saja, tetapi kroto juga bermanfaat untuk manusia lho! Sejak zaman dahulu kroto telah dijadikan olahan makanan. Bagi Anda yang berminat untuk budidaya kroto, peluangnya sangat besar, jangan lewatkan ya! 

Peluang Usaha Semakin Luas 

Semakin berkembang, peluang usaha kroto masih sangat potensial.  pasalnya, persaingan dalam usaha ini tidak terlalu banyak. Dengan kata lain, para pelaku usaha kroto masih sedikit dibandingkan ternak lainnya. Oleh karenanya, kelangkaan produk kroto membuat harganya semakin mahal. 

Harga Produk Kroto 

Seperti yang disebutkan pada bagian sebelumnya, harga kroto cukup mahal. Hal ini ditinjau dari ketersediaan barangnya yang sedikit. Seorang yang budidaya kroto bisa mendapatkan ratusan ribu setiap kilogramnya. Secara spesifiknya, harga kroto berkisar antara 200-250 ribu rupiah.  

Selain Berpotensi Usaha Tinggi, Kroto Juga Memiliki Gizi yang Tinggi 

Memberi makan burung tidak boleh sembarangan. Butuh makanan bergizi tinggi agar daya tahan tubuh kuat. Nah di sinilah kroto sebagai pakan burung memiliki nilai gizi yang tinggi. Kroto digunakan sebagai vitamin agar burung kicau bergacor dengan suara yang lantang. 

Selain itu, kroto juga membantu burung agar bersuara nyaring. Adapun kicau juga bisa digunakan sebagai umpan dalam kegiatan memancing. Tentunya manfaat ini didasari karena kroto memiliki nilai gizi yang tinggi. 

Membudidayakan Kroto Menjadi Alternatif Terbaik 

Karena merupakan jenis ternak yang langka, budidaya kroto menjadi alternatif terbaik. Sebenarnya kroto telah disediakan oleh alam. Hal ini karena semut dapat bersarang di mana pun mereka mau. 

Namun, seiring perkembangan industrialisasi, lahan-lahan berubah menjadi perumahan. Akhirnya, semut penghasil kroto menjadi berkurang jumlahnya. Tentu bagi Anda yang berbudidaya kroto Anda akan mendapat keuntungan yang besar. 

Peminatnya adalah Mereka yang Hobi 

Bayangkan saya Anda menjual barang yang menjadi hobi bagi orang lain. Misalnya tentang bibit tanaman. Tentu saja orang yang menyukai bercocok tanam akan membeli benih tanaman tersebut, tanpa memandang tinggi rendahnya harga. 

Begitu pula dengan ternak kroto, peminatnya merupakan mereka yang hobi dengan burung kicau. Anda pasti mengetahui, orang yang senang memelihara burung tidak mungkin membiarkan burung peliharaannya tidak terurus. Alhasil, mereka selalu mengupayakan untuk merawat burung dengan baik. 

Salah satunya dengan memberi makan kroto. Meskipun harganya mahal, produk ini akan tetap laku karena untuk memuaskan hobi si pemelihara burung tersebut. 

Cara Budidaya Kroto 

Cara sederhana untuk budidaya kroto.
Cara sederhana untuk budidaya kroto.

Di zaman modern ini, ilmu budidaya apa pun bisa Anda dapatkan dengan mudah. Anda tidak perlu lagi bingung dengan cara budidaya yang sederhana dan cepat menghasilkan. Melihat peluang budidaya kroto yang cukup besar, berikut ini cara sederhana berbudidaya kroto. 

Membuat Media untuk Sarang 

Untuk membudidayakan semut rangrang agar menghasilkan telur yang banyak, Anda perlu membuat sarangnya terlebih dahulu. Sarang semut rangrang bisa Anda buat menggunakan toples dengan dilubangi pada bagian bawahnya.  

Selanjutnya, segeralah untuk memasukkan semut rangrang ke dalam toples sebagai sarang tersebut. Anda perlu memastikan bahwa kumpulan semut rangrang tersebut memiliki koloni yang lengkap.  

Koloni semut ini terdiri atas semut jantan, ratu semut, pekerja, dan prajurit semut. Tujuannya tentu agar seluruh elemen semut dapat bekerja secara maksimal. Dengan begitu, ternak kroto yang sukses pun akan Anda raih. 

Menyiapkan Nampan Plastik dan Batu Bata 

Selain menyiapkan wadah berupa toples, Anda juga wajib menyiapkan nampan plastik. Pastikan nampan plastik yang Anda gunakan merupakan nampan yang datar. Setelahnya, isilah nampan dengan jumlah volume air setengah dari volume nampan tersebut. 

Kemudian Anda harus meletakkan batu bata pada bagian tengah permukaan nampan. Pada bagian ini kemudian akan diletakkan sarang semut rangrang. Tujuan peletakkan batu bata di tengah permukaan air adalah agar sarang rangrang tidak mudah terpisah. 

Nah cara tersebut sangat mudah untuk diterapkan bukan? Anda bisa langsung mempraktikaannya. Akan tetapi, jika ingin lebih praktis, Anda bisa saja langsung membeli bibit kroto. Biasanya bibit ini dijual lengkap dengan sarangnya. 

Namun jika ingin berkelanjutan, cobalah melakukan teknik pembibitan sesuai yang disampaikan di atas. Jika Anda tekun, pasti usaha Anda akan menghasilkan tujuan yang Anda inginkan. 

Bagikan ke sosial media:

Recommended For You

Ira

About the Author: Ira Gusmiarti

Content writer yang menyukai belajar hal baru. Saat ini mulai membagikan insight menarik melalui tulisan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

close