Tips Menulis Caption Image

FEATURES, Malangpost.idCaption Image atau keterangan pada gambar berfungsi untuk menjelaskan isi gambar atau foto. Bisa juga untuk menuliskan sumber gambar yang akan kita cantumkan di blog atau website. Pada wordpress, dengan adanya fitur caption ini tentunya sangat membantu pengguna dalam memahami maksud dari media yang ditampilkan di dalam artikel.

Nah, kali ini kita akan menunjukkan bagaimana menambahkan keterangan di wordpress yang sangat dasar dan ditujukan kepada pengguna wordpress yang masih pemula.

Bagaimana Mencantumkan Caption Pada Feature Images Di WordPress?

Kebanyakan para blogger selalu menyisipkan gambar atau foto ke dalam tulisannya untuk mempercantik isi konten. Ada du acara memasukkan gambar pada wordpress yaitu di featured image untuk foto utama yang akan tampil di halaman depan artikel, lalu bisa juga menyisipkan gambar pada badan artikel.

Cara termudah untuk menambahkan caption pada feature image adalah dengan masuk ke dashboard WordPress dan masuk ke menu Post » Add New, kemudian masukkan gambar yang Anda pilih di pojok kanan agak ke bawah di kolom Feature Image (lihat gambar di bawah).

Pilih kolom di sudut kanan bawah seperti pada gambar

Setelah Anda memilih dan mengupload foto, tambahkan caption di kolom bawahnya lalu masukkan keterangan untuk menjelaskan maksud dari foto atau gambar tersebut. Selesai.

Mengapa Caption Itu Penting?

Dalam dunia jurnalistik, suatu foto atau gambar meski bagus tidak berarti apa-apa tanpa sebuah caption. Karena keberadaan caption sama pentingnya dengan gambar itu sendiri. Caption membuat pembaca tidak perlu menerka-nerka pesan apa yang ingin disampaikan dalam gambar. Caption juga berfungsi menjabarkan dan mengarahkan perspektif pada sebuah foto. Maka, selain menambah daya Tarik pada artikel Anda, caption juga berperan penting dalam mengungkap hal yang ingin Anda jabarkan pada sebuah foto atau gambar.

Lalu, Bagaimana Cara Membuat Caption Yang Baik?

Secara umum penulisan caption dapat dibagi dua yaitu: complete caption dan published caption.

  1. The Complete Caption

Caption yang baik harus mencakup 5W + 1H (What, When, Where, Who, Why, How). Penulisannya bergaya penulisan berita yang bisa menjawab semua pertanyaan terkait foto tersebut. Umumnya caption jenis ini digunakan untuk foto lepas yang berdiri sendiri.

Berikut panduan detail mengenai aspek 5W + 1H :

  1. Aspek Who

Nama subjek dalam foto, umur, alamat detail, serta nomor telepon bila dibutuhkan. Tanyakan hal-hal lain yang relevan dengan diri subjek, misalnya pekerjaan dan juga kehidupannya.

  • Aspek What

Selalu identifikasi peristiwa dengan benar dan detail secara menyeluruh. Misalnya sebuah acara parade kampus, maka jangan lupa menyertakan keterangan apakah itu adalah acara tahunan, anniversary, atau lain sebagainya. Anda juga harus pastikan akurasinya, dan jangan menduga-duga. Carilah informasi yang spesifik tentang apa yang ada dalam gambar seperti akan menulis berita.

  • Aspek When

Tulislah hari, bulan, dan tahu secara detail. Seringkali foto atau gambar dimuat beberapa saat setelah peristiwa terjadi. Pada peristiwa tertentu penulis harus tahu waktunya dengan pasti, misalnya sebuah peristiwa kebakaran berawal pada pukul 8.30 WIB dan seterusnya.

  • Aspek Where

Anda harus mencari data lokasi peristiwa dengan lengkap. Berikut nama jalan, desa, kecamatan dan seterusnya. Anda juga dapat mencari data tempat yang lebih spesifik misalnya nama gedung, atau pemilik dari tempat tersebut (kembali ke aspek who).

  • Aspek Why

Anda harus mencari tau kenapa sebuah acara misalnya diadakan di kota A, atau di tengah danau, seorang ibu menangis pilu dan lainnya. Atau keterangan berupa sebab dari suatu kejadian. Seringkali data-data tentang “why” ini tidak terlalu dibutuhkan dalam penulisan caption pendek dalam sebuah artikel.

  • Aspek How

Anda harus memastikan betul bagaimana suatu perkara terjadi. Apakah peristiwa kebakaran membakar sebuah gedung dari lantai dasar ke atas atau sebaliknya.

The Published Caption

Yang kedua adalah published caption. Yaitu keterangan foto yang dibuat untuk dimuat melalui media massa. Penyajian published caption lebih ringkas dan padat karena tidak semua informasi dicantumkan dan hanya memuat overline, tagline atau judul. Sama seperti judul berita, gunanya untuk menarik perhatian pembaca. Biasanya terdiri dari 2-3 kata dan dipisah menggunakan tanda strip dengan teks foto.

Nah, itu dia tata cara menulis caption sesuai akidah yang baik dan benar. Jangan lupa tambahkan kata-kata yang unik dan menarik agar membuat pembaca semakin terkesan.

Selamat mencoba!

(MP-Rifa)

Bagikan ke sosial media:

Recommended For You

rifamahmudah

About the Author: rifamahmudah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *