Intip Lezatnya Kue Cubit Tradisional, Ini Dia Resepnya!

KULINER, malangpost.id – Bosan dengan camilan yang itu-itu saja? Apalagi di masa pandemi yang hanya menikmati jajanan warung. Jadi, siapa yang kangen dengan kue tradisional? Yuk kenalan dengan lezatnya kue cubit tradisional, seperti apa ya?

Masa di rumah saja ini Anda jarang pergi ke pasar bukan? Selain untuk menghindari penyebaran wabah, ternyata Anda sudah lebih nyaman berada di rumah. Nah, camilan kue cubit ini sangat cocok dinikmati bersama keluarga di rumah lho! 

Mengenal Kue Cubit Tradisional 

Resep Kue Cubit

Kue cubit tradisional adalah jajanan tradisional yang bisa Anda buat di rumah. Kue ini berbentuk bulat dengan tekstur empuk. Di atasnya terdapat toping meises yang membuat kue cubit semakin manis. 

Tenang saja, kue cubit ini tidak menggunakan pemanis buatan sehingga sehat dikonsumsi. Saat ini, banyak varian kue cubit, seperti green tea, coklat keju, red velvet, dan sebagainya. Namun, bahan-bahan dasar yang digunakan tetap sama. 

Oh ya bagi Anda yang ingin membeli tanpa repot membuat, harga kue cubit tradisional ini murah lho! Hemat dikantong pokonya. 

Cara Membuat Kue Cubit Tradisional 

Sekadar informasi, membuat kue cubit tidak sama dengan kue jenis lain. Pasalnya, kue ini hanya membutuhkan sedikit telur. Nah tentu saja stok telur di rumah Anda menjadi lebih irit! 

Menyiapkan Bahan-Bahan yang Diperlukan 

Untuk membuat kue, pastikan seluruh bahan telah siap. Adapun bahan yang diperlukan untuk membuat kue cubit antara lain sebagai berikut. 

  • Tepung terigu 150 gram 
  • Gula pasir 100 gram 
  • Susu cair plain 100 mili liter
  • Telur 2 butir 
  • Essens vanila sedikit saja 
  • Baking powder 1 sdt 
  • Meises secukupnya, digunakan untuk taburan 

Langkah-Langkah Membuat Kue Cubit Tradisional 

  1. Campurkan bahan-bahan, seperti tepung terigu, gula pasir, telur, baking powder, dan vanila ke dalam satu wadah. Kemudian, aduk rata dengan mixer atau bisa juga menggunakan sendok kayu. 
  1. Selanjutnya, masukkan susu sedikit demi sedikit. Adonan terus diaduk hingga bercampur rata dengan susu untuk selanjutnya didiamkan selama 10 sampai 15 menit. 
  1. Panaskan terlebih dahulu cetakan kue cubit tradisional sebelum digunakan. Next, masak adonan yang telah dibuat dengan memasukkannya ke dalam cetakan. Masak hingga ½ matang. 
  1. Varian rasa bisa ditambahkan dengan meises di atasnya. Jika suka kue setengah matang, setelah tahap ini Anda bisa mengentaskannya. 
  1. Kalau lebih suka matang sempurna, tunggu adonan hingga terasa lebih empuk. Anda bisa mengangkat kue cubit yang telah matang sesuai dengan selera menikmatinya. 

Tips Membuat Kue Cubit yang Lezat dan Empuk 

Untuk membuat kue cubit yang anti gagal, berikut tips yang mesti Anda perhatikan sebelum memulai memasak. 

  1. Pertama, gunakan bahan-bahan yang baru, terutama baking powder. Baking powder ini termasuk bahan paling penting yang membuat kue cubit bisa mengembang. Jika bukan baru, baking powder belum tentu mengembang sempurna. 
  1. Jangan lupa untuk terus mengaduk setiap kali ada adonan yang dituangkan. Hal ini menjadi kunci agar semua bahan tercampur merata. 
  1. Masak menggunakan api kecil saja. Untuk mendapatkan tekstur yang empuk dan tidak gosok, sebaiknya memasak dengan api kecil. Selain itu, gunakan tusuk lidi untuk mengangkat kue cubitnya. 
  1. Jika tidak mempunyai cetakan, Anda bisa menggunakan wajan anti lengket. Nah ini solusi bagi Anda yang ingin membuat kue cubit, tetapi tidak memiliki cetakan. Selain itu, agar adonan tidak menempel di wajan, tuangkan adonan sedikit demi sedikit ya! 

Nah itulah cara dan tips membuat kue cubit tradisional. Sangat mudah bukan? Anda bisa mempraktikkannya di rumah. Selain rasanya yang lezat, kue cubit sangat cocok dinikmati bersama keluarga.  

Bagikan ke sosial media:

Recommended For You

Ira

About the Author: Ira Gusmiarti

Content writer yang menyukai belajar hal baru. Saat ini mulai membagikan insight menarik melalui tulisan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

close