Tips dan Trik Menghindari Kalap saat Harbolnas

Tips-tips

TIPS DAN TRIK, malangpost.id – Harbolnas adalah singkatan dari Hari Belanja Online Nasional yang mana hari tersebut terdapat banyak ritel digital menawarkan promo secara besar-besaran. Di hari tersebut, anda akan mendapatkan barang yang anda inginkan.

Harganya pasti miring dan terjangkau sesuai dengan harga. Tetapi, hati-hati dengan promo tersebut. Jangan sampai uang anda habis hanya gara-gara belanja saja!. Perputaran uang saat hari tersebut memang besar, dimana transaksi hari belanja online tahun 2019 mencapai 9,1 triliun

Produk yang paling dicari adalah fashion dan kosmetik yang mana secara rata-rata naik sekitar 6%. Semakin zaman canggih, banyak konsumen yang pindah dengan beli secara online. Terdapat pertumbuhan penjual secara online sebanyak 8%.

Jadi berikut ini, akan diberikan tips dan trik agar terhindar dari kalap belanja saat Harbolnas diantaranya:

1. Batasi Transaksi Anda secara Nominal

Jadi, sebelum membeli barang diskon atau promo, pastikan anda sudah mempunyai budget yang dibatasi agar bisa terhindar dari yang namanya boros alias kalap. Jika sudah mencapai batas maksimal, maka apapun yang terjadi anda harus stop di nominal itu.

2. Periksa Barang yang Ingin Dibeli Sesuai Kebutuhan

Yah, ini memang perlu mengingat yang anda beli harus barang yang anda butuhkan (kebanyakan). Hal tersebut bisa menjadi dasar patokan agar anda tidak terlena dengan yang namanya kalap diskon Harbolnas. Jadi, barang yang anda beli sesuai dengan keinginan dan kebutuhan.

3. Teliti Promo Tambahan yang Menguntungkan

Kalau ikut promo sih semuanya bisa. Yang tidak dibisa adalah mengalisa produk yang dipromo harganya memang menguntungkan apa tidak. Kadang ada promo produk cuma harganya seperti tidak didiskon. Sehingga lebih baik beli yang harga normal saja. Jadi, pintar-pintarnya anda yah!.

4. Buatlah Daftar Belanja

Kadang sampai kalapnya menunggu diskon promo, anda lupa bahwa barang-barang yang dibeli itu apa saja. Sehingga list atau daftar belanja itu sangat perlu agar anda tidak terlupa dengan membelinya dalam bentuk diskon. Kan lumayan dapat kebutuhan yang kita inginkan dengan harga diskon.

5. Pastikan Hati Anda Tenang!. Alias tidak Panik

Yap, ini memang benar dan penting sekali. Karena sekalinya anda panik maka anda tidak fokus dan jangan salah jika barang yang dibeli tidak sesuai ekspektasi. Mulai salah pilih barang misal, salah diskon padahal masih ada diskon lainnya yang lebih menguntungkan, dan lain sebagainya.

Kurang teliti!.

6. Sudah Siap atau Standby dari Awal

Nah, ini perlu juga. Karena yang mengincar barang yang akan dibeli tidak hanya anda saja. Mungkin malahan lebih ganas dari anda. Sehingga solusi tepatnya adalah dengan standby alias sudah siap dari awal. Menunggu Harbolnas mulai on dan siap menekan pesan di jari anda.

7. Perhatikan Keamanan Itu Perlu

Kadang karena keasyikan menunggu promo atau mencari promo, anda lupa bahwa keamanan juga perlu. Dimana hal itu mempengaruhi mendapatkan barang yang berkualitas dan terpercaya. Pastinya jangan sampai dibohongi oleh penjual online alias zonk.

8. Lakukan Perbandingan Harga di Beberapa Toko

Jadi sebelum membeli atau memencet tombol pesan, maka anda sebaiknya melakukan perbandingan dulu produk tersebut dengan beberapa toko. Agar tahu mana harga yang sesuai kualitas dan terjangkau. Sehingga terhindar dari yang namanya bohong.

Nah, itulah 8 tips dan trik yang bisa anda gunakan untuk menghindari kalap akibat dari belanja online di Harbolnas yang banyak dicari orang ini. Semoga bermanfaat.

Bagikan ke sosial media:

Recommended For You

yuliartiselli

About the Author: yuliartiselli

Cewek dengan bintang Taurus ini suka berpetualang dan menjelajahi dunia maupun Indonesia, apapun itu. Berpetualang mencari jati diri dan jadi diri sendiri. Suka explore sendiri. Dan untuk dunia kepenulisan, dia sudah menggeluti selama 1 tahun lebih sebagai content writer di berbagai proyek.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

close