Pilih Resign atau Tetap Bertahan di Masa Pandemi Ini?

Pilih resign apa tetap bertahan yah?

KARIR, malangpost.id – Resign atau bertahan dalam suatu pekerjaan menjadi momok tersendiri dalam menentukannya di masa pandemi covid-19 ini. Perlu dipertimbangkan bahwa putuskan secara matang dulu, jangan karena mendadak atau terdesak.

Kadang di kondisi terdesak membuat anda harus cepat mengambil keputusan sehingga gelisah untuk segera resign sering menghantui. Bisa saja itu hanya menjadi godaan semata jika tidak ditanggapi secara serius.

Banyak hal yang membuat anda ingin resign. Tetapi sebelum bertindak, silahkan cek hal-hal penting di bawah ini yang perlu dipertimbangkan, antara lain:

1. Harus Tahu Kondisi maupun Posisi Karier Anda saat Ini

Ini hal mendasar yang bisa menjadi patokan anda dalam memilih resign ataupun bertahan. Dengan mengetahui kondisi dan posisi karir anda saat ini, maka bisa dipertimbangkan harus resign atau bertahan.

Jika sudah jelas menjadi karyawan tetap, maka selamat anda berada pada zona aman dan jangan disia-siakan hal tersebut. Jika pekerjaan itu bisa mengembangkan karir anda dan membuat anda berkembang, maka tetaplah di pekerjaan tersebut.

2. Harus Tahu Kondisi Finansial Anda saat Ini

Kalau belum dapat uang yang cukup untuk memenuhi kebutuhan ataupun masih belum punya cadangan pekerjaan lain sebelum resign, maka alangkah lebih baik jangan resign dulu. Tunggu jika keuangan anda stabil dan mendapatkan pekerjaan lain yang lebih menguntungkan dalam hal karir anda.

Pertimbangkan keuntungan dan kerugian saat memilih resign di tengah pandemi ini dengan keadaan keuangan yang tidak stabil. Say no to act about it. Anda juga harus merenung pada diri sendiri terkait dengan program selanjutnya jika anda mau resign.

3. Di Masa Pandemi Ini, Bisa Dibilang Lowongan Pekerjaan Terbatas

Sudah diketahui banyak orang, bahwa pada masa pandemi ini lowongan pekerjaan tidak terlalu banyak yang muncul. Apalagi ingin mencari pekerjaan yang cocok mungkin itu bisa menjadi nomor 2 sekarang. Hal ini pastinya merupakan dampak negatif yang dirasakan akibat pandemi ini dalam sektor ekonomi.

Ada juga perusahaan yang melakukan efisiensi pegawai demi menyelamatkan keuangan yang ada. Salah satunya dengan cara PHK. Perusahaan menengah ke bawah juga melakukan hal ini walaupun tidak semuanya.

4. Kondisi Perekonomian yang Belum Stabil

Otomatis yah, jika aktivitas saja dibatasi maka sektor seperti perekonomian juga terganggu. Secara global keadaan ekonomi negara sedang tidak stabil. Belum tentu dengan anda resign di masa pandemi ini membuat anda bisa mendapatkan pekerjaan yang diinginkan.

Padahal tergantung anda dan perusahaan itu sendiri. Terdapat beberapa perusahaan yang mengalami rugi besar di masa pandemi ini, diantaranya perusahaan travel, perusahaan transportasi, perusahaan tempat wisata, dan lain-lain yang terkena akan dampak dari pandemi ini.

5. Sebelum Resign, Pastikan Rencana Anda Sudah Matang

Rencana akan resign sampai setelahnya perlu dipikirkan secara matang dan tersusun secara objektif maupun realitas. Pastikan sudah mempunyai jalan akan dibawa kemana anda setelah resign. Pastinya sudah melalui pertimbangan-pertimbangan yang ada.

Bisa saja anda mempunyai pemikiran buka bisnis yang cocok di masa pandemi ini. Apalagi cocok untuk semua musim dan keadaan. Pekerjaan yang cukup menggiurkan dan cocok untuk segala masa adalah media online. Kendala apapun pasti media online masih berjaya. Salah satunya berita online.

6. Kembangkan Kemampuan Diri Dulu Sebelum Bertindak

Anda bisa memulainya dengan bekerja sebagai freelance yang sekarang bisa dilakukan secara online. Sebelum berwirausaha akan lebih baik jika sudah melakukan analisis pasar dan pengidentifikasian

Kamu mungkin bisa mulai dengan menjadi freelancer, atau berwirausaha dengan dana yang kamu miliki saat ini. Anda juga perlu mempersiapkan mental dalam menghadapi ketidakpastian yang ada. Selebihnya, anda harus mengambil kebijakan secara terbuka dan baik untuk semua kalangan.

Itulah tadi 6 ulasan tentang pilih resign atau tetap bertahan di masa pandemi ini. Semoga bermanfaat.

Bagikan ke sosial media:

Recommended For You

yuliartiselli

About the Author: yuliartiselli

Cewek dengan bintang Taurus ini suka berpetualang dan menjelajahi dunia maupun Indonesia, apapun itu. Berpetualang mencari jati diri dan jadi diri sendiri. Suka explore sendiri. Dan untuk dunia kepenulisan, dia sudah menggeluti selama 1 tahun lebih sebagai content writer di berbagai proyek.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

close