Sambut Natal, Intip Resep Membuat Kukis Kue Jahe!

Kukis Kue Jahe yang seperti apa sih?

KULINER, malangpost.idNatal tahun ini selalu menjadi momen yang ditunggu-tunggu karena ada yang spesial disana. Perayaan natal identik dengan kumpulnya semua kerabat dan keluarga. Terdapat kemeriahan disana salah satunya dibumbui dengan makanan khas maupun camilan khas.

Salah satunya adalah Kue Jahe atau Kukis Kue Jahe. Kue tersebut wajib ada di hari perayaan ini. selain menghiasi pohon natal. Kue kering ini kaya akan rasa manisnya dengan harum kayu manis khasnya. Kue ini bisa anda buat di rumah. Tidak membutuhkan waktu lama dan pembuatannya pun praktis.

Untuk lebih lamjutnya, yuk intip resepnya diantaranya:

Bahan Utama:

2 sdm Jahe parut

400 gr Terigu protein rendah

2 btr Kuning Telur

140 gr Brown Sugar

140 gr Gula Pasir

1 sdt Baking Powder

1 sdt Kayu Manis bubuk

240 gr Royal Palmia

Untuk Pembuatan Royal Icing:

1 btr Putih Telur

2 sdt Air Jeruk Nipis

8 sdm Gula Halus

4 tetes Pewarna Hijau

6 tetes Pewarna Merah

Cara Membuat:

1. Ayak tepung terigu, baking powder, dan kayu manis bubuk. Campur dengan kecepatan sedang bahan-bahan berikut ini: Royal Palmia, Brown Sugar, gula pasir (sampai lembut).

2. Kemudian masukan kuning telur, campur sampai rata. Masukkan jahe parut dana yak tepung terigu dengan spatula sampai rata. Gilas adonan sampai memiliki tebal 0,5 mm. Cetak adonan dan tata di Loyang yang mana sudah diolesi margarin dan ditaburi tepung terigu.

3. Pastikan oven memiliki panas 1700 Celcius. Untuk pembuatan Royal Icing cukup kocok putih telur dengan whisker sampai berbusa. Tambahkan air jeruk nipis, kemudian kocok secara merata dan tidak berair lagi. Masukan gula halus, kemudian aduk rata.

4. Ambil 4 sdm dan tambah pewarna hijau. Setelah itu ambil 6 sdm adonan dan tambahkan pewarna merah. Masing-masing masukkan ke dalam piping bag dan semprot untuk hiasan atau bentuk mata maupun bibir.

5. Oven bentuk kue yang sudah jadi selama kurang lebih 20 menit. Kue siap untuk dihidangkan dan disantap.

Tips agar Kukis Kue Jahe Awet dan Renyah

Berikut ini adalah tips agar kue Jahe awet maupun renyah, diantaranya:

1. Simpan Kue dalam Wadah Kering maupun Kedap Udara

Anda bisa menaruh silica gel di dalam wadah kukis tersebut untuk menghindari dari udara yang lembap. Pastikan dinginkan dulu kukis sebelum dimasukkan ke dalam toples maupun container. Hal tersebut bertujuan agar uap air dari kukis tidak terjebak di dalam wadah tersebut

2. Usahakan Terhindar dari Paparan Sinar Matahari

Nah ini juga perlu, jangan sampai terkena sinar matahari secara langsung. Agar kue jahe terasa nikmat dan lebih spesial, maka balur adonan dengan gula pasir yang sedikit ditumbuk sehingga butirannya lebih halus dan panggang. Nanti akan tampak lebih klasik. Suka kan?.

3. Tambahkan Berbagai Aksesoris Kue

Selain gula halus, anda bisa menambahkan aksesoris atau toping menggunakan sprinkle, chips cokelat, kacang-kacangan, potongan buah kering, maupun toping yang lain. Pastinya sesuai selera dan harus enak.

Nah, itulah penjelasan terkait Kue Jahe mulai dari cara pembuatan hingga tips-tips nya. Semoga anda bisa membuatnya. Tidak hanya untuk hari natal saja, siapa tahu anda ingin membuatnya untuk camilan sehari-hari tidak apa.

Apa mau untuk bisnis?. Wah ini cocok dijual pas menjelang hari natal sampai sesudahnya beberapa hari. Siapa tahu laku keras dan anda mendapatkan untung banyak di hari penting tersebut. Pastinya buatan anda harus enak yah!.

Bagikan ke sosial media:

Recommended For You

yuliartiselli

About the Author: yuliartiselli

Cewek dengan bintang Taurus ini suka berpetualang dan menjelajahi dunia maupun Indonesia, apapun itu. Berpetualang mencari jati diri dan jadi diri sendiri. Suka explore sendiri. Dan untuk dunia kepenulisan, dia sudah menggeluti selama 1 tahun lebih sebagai content writer di berbagai proyek.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

close