Inilah 6 Cara Menaikkan Berat Badan Agar Menjadi Ideal!

GAYA HIDUP, malangpost.id – Apakah Anda memiliki tubuh kurus dan ingin agar tubuh lebih berisi? Bagaimana cara menaikkan berat badan agar lebih ideal?

Anda mungkin sering mendengar tips dan berbagai macam jenis diet. Nah, bagaimana dengan seseorang yang justru kekurangan berat badan? Sama halnya dengan kelebihan berat badan, kekurangan berat badan juga dapat menimbulkan masalah kesehatan atau berbagai penyakit. Diantaranya rentan mengalami osteoporosis dan patah tulang serta mengganggu fungsi kekebalan tubuh.

Baca juga: Baca juga:  5 Jenis Diet Populer Serta Kelebihan dan Kekurangannya

Kekurangan berat badan

Dilansir dari Kementerian Kesehatan, orang kurus atau kekurangan berat badan adalah seseorang yang memiliki indeks massa tubuh (IMT) kurang dari 18.4. Rumus atau cara menghitung IMT adalah sebagai berikut:

Rumus menghitung Indeks Massa Tubuh (IMT)

Contoh:

Anda memiliki berat badan 40 kg dengan tinggi badan 1,5m. Berdasarkan rumus, berat badan dibagi dengan hasil perkalian antara tinggi badan dengan tinggi badan, maka IMT Anda adalah 17.77 dan masuk dalam kategori kekurangan berat badan. Angka 17.77 merupakan hasil dari 40 dibagi hasil perkalian 1.5 dengan 1.5 atau 40 dibagi 2.25.

Kekurangan berat badan bisa disebabkan oleh berbagai faktor. Diantaranya adalah stress atau depresi, gangguan makan seperti anoreksia, menderita penyakit seperti diabetes, kanker, celiac atau hipertiroid.

Cara menaikkan berat badan secara alami dan sehat

Bisa jadi sebagian orang berpikir makan sepuasnya dan meninggalkan olahraga bisa menambah berat badan dengan mudah. Sebenarnya, Anda perlu melakukannya dengan benar. Pasalnya, alih-alih mendapatkan berat badan ideal, Anda justru bisa mengalami kelebihan berat badan atau obesitas.

Selain itu, menaikkan berat badan juga perlu disesuaikan dengan penyebab seseorang mengalami kekurangan berat badan. Jika Anda kekurangan berat badan yang tidak disebabkan oleh penyakit tertentu, ada beberapa cara sehat dan alami untuk mencapai berat badan ideal.

1. Makan lebih sering

Umumnya, orang kurus sering merasa cepat kenyang. Jika biasanya makan tiga kali sehari dalam porsi besar, Anda bisa mencoba untuk makan lebih sering, misalkan 5-6 kali sehari dengan porsi yang lebih kecil. Jika dilakukan dengan konsisten, cara ini bisa menambah asupan kalori tanpa merasa terlalu kekenyangan.

2. Pilih makanan kaya nutrisi

Mengonsumsi sebanyak mungkin makanan berlemak atau junk food, makanan berkadar gula tinggi, dan makanan instan bukanlah cara terbaik menaikkan berat badan. Hal ini hanya akan membuat kadar lemak dalam tubuh menjadi tinggi.

Oleh karena itu, pilihlah makanan sehat dengan nutrisi dan zat gizi yang seimbang. Disarankan untuk mengonsumsi sumber protein tanpa lemak seperti tempe, tahu, dan daging ayam tanpa kulit serta karbohidrat seperti whole grain atau nasi merah. Juga konsumsi lebih banyak sayur-sayuran, buah-buahan, biji-bijian, serta kacang-kacangan.

3. Tambahkan makanan padat kalori

Salah satu cara menaikkan berat badan secara alami adalah dengan konsumsi makanan padat kalori. Pilihlah makanan berupa kacang-kacangan seperti almond dan kenari atau buah tinggi kalori seperti alpukat dan mangga. Anda juga bisa menambahkan buah kering seperti kurma dan kismis, serta keju atau yogurt.

4. Perhatikan waktu minum

Jika minum banyak air sebelum makan, Anda akan merasa lebih dulu kenyang. Untuk mensiasati hal ini, Anda bisa minum saat makan atau 30 menit setelah makan. Minuman tinggi kalori seperti jus merupakan cara menaikkan berat badan secara alami.

5. Olahraga rutin

Cara lain menaikkan berat badan secara alami adalah dengan rutin berolahraga, terutama jenis olahraga yang bisa meningkatkan massa otot seperti angkat beban. Anda juga bisa memilih olahraga lain seperti bersepeda, aerobik, berlari, dan berenang. Selain itu, olahraga juga membantu meningkatkan nafsu makan.

6. Konsumsi camilan

Selain waktu makan utama, Anda juga bisa konsumsi camilan bernutrisi, seperti susu, keju, kacang-kacangan, salad sayur, dan smoothies. Sebisa mungkin, hindari camilan tinggi lemak, tinggi kalori, dan kurang gizi seperti gorengan serta minuman seperti soda, kopi, dan teh.

Nah, jika sedang berupaya mendapatkan berat badan ideal, beberapa cara menaikkan berat badan secara alami dan sehat di atas bisa Anda coba. Jika dilakukan dengan benar dan konsisten, tubuh ideal yang lebih berisi dan sehat tentu bukan lagi sekedar impian. Selamat mencoba! (ds3)

Bagikan ke sosial media:

Recommended For You

desi3

About the Author: desi3

Seorang 'bibiliophile' yang jatuh cinta dengan Himalaya dan fans berat warna biru.~ travel to fulfill your soul ~

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

close