Ingin Punya Domain ac.id? Begini Cara Mendaftarkannya

TIPS, malangpost.id- Domain merupakan salah satu hal penting apabila Anda ingin mempunyai sebuah website. Domain merupakan alamat agar public dapat berkunjung pada website Anda. Salah satu domain yang akan saya bahas kali ini adalah domain ac.id. 

Domain ac.id merupakan domain yang diperuntukkan untuk institusi pendidikan. Singkatan dari dua huruf ‘ac’ sendiri adalah academic dan dua huruf yang mengikuti nya adalah ‘id’ merupakan singkatan dari inisial negara di mana sebuah institusi itu berada, dua huruf ‘id’ adalah merujuk pada Indonesia. 

Dilihat dari peruntukkannya, tentu saja untuk memiliki domain ini tidak boleh sembarangan. Ada proses administrasi yang harus Anda lalui. Proses ini berbeda dengan proses kepemilikan domain lainnya seperti .com, .id atau domain lainnya yang merupakan domain komersial dan populer, sehingga tidak memerlukan proses administrasi yang sedikit rumit. 

Berikut ini langkah-langkah untuk bisa mendapatkan domain .ac.id:

1. Pastikan Anda memiliki institusi yang berhubungan dengan kegiatan pendidikan. Seperti sekolah, universitas, sekolah tinggi, pondok pesantren dan atau institusi pendidikan lainnya.

2. Persiapkan surat keterangan pendirian lembaga yang telah di setujui oleh lembaga pemerintah yang terkait. 

3. Surat keterangan dari Pimpinan lembaga pendidikan (Kepala sekolah atau Rektor) berupa surat permohonan pendaftaran nama domain yang diinginkan.

4. Siapkan KTP/Paspor dari orang yang akan bertanggung jawab untuk domain tersebut.

Setelah Anda siap dengan kelengkapan administrasi seperti tersebut di atas, maka ubahlah menjadi bentuk digital (dengan men-scan dokumen tersebut). Tahapan selanjutnya adalah mengunggah data-data tersebut pada form yang telah disediakan oleh penyedia domain dan hosting.

Setelah data tersebut terunggah maka penyedia domain akan meneruskan data tersebut kepada PANDI (Pengelola Nama Domain Internet Indonesia). PANDI akan melakukan verifikasi terhadap data Anda, lembaga tersebut akan melakukan pengecekan apakah lembaga yang Anda daftarkan telah memenuhi syarat dan benar-benar terdaftar resmi di lembaga pemerintah yang terkait. 

Segala hasil dari proses verifikasi akan diberitahukan kepada pemohon melalui penyedia hosting, yang secara otomatis akan diteruskan kepada Anda sebagai pemohon. Namun, ada jug beberapa persyaratan yang juga Anda perhatikan agar proses verifikasi tersebut berjalan lancar. Berikut ini persyaratan tambahan untuk pendaftaran domain .ac.id.

1. Nama domain harus sesuai dengan ketentuan penamaan yang telah ada. Jangan membuat nama yang jauh dari nama institusi yang Anda miliki. 

2. Nama domain harus bebas dari pelanggaran HAKI, IPR dan Merk Dagang atau Hak Paten.

3. Jika diperlukan pihak PANDI berhak untuk meminta surat klarifikasi berupa Surat Pernyataan/Keterangan/Penjelasan (Pasal 23 Ayat 2) UU no. 11/2008 tentang ITE).

4. Masa berlaku domain adalah satu tahun atau dua tahun sejak tanggal persetujuan domain oleh PANDI.

Demikian secara singkat penjelasan bagaimana proses pembuatan sebuah domain .ac.id. Hal ini di butuhkan karena untuk menghindari penyalahgunaan wewenang dan hal-hal yang dapat merugikan masyarakat. Kelembagaan dan legalitas sangat diperlukan untuk memiliki website resmi yang dapat menjadi representasi sebuah lembaga bagi publik untuk dapat mengakses secara menyeluruh lembaga tersebut.

Selain domain .ac.id domain .co.id juga mempunyai perlakuan yang hampir sama. Namun, saya akan mencoba membahasnya pada bagian konten terpisah. Semoga uraian singkat ini dapat memberikan cukup informasi dan bermanfaat.

Bagikan ke sosial media:

Recommended For You

Bian

About the Author: BIAN_567

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

close