Efektifkah Penggunaan E-Money bagi Semua Orang?

TEKNOLOGI, malangpost.id- Penggunaan e-money semakin gencar dilakukan. Tidak sedikit platform yang menyediakan transaksi menggunakan e-money untuk menunjang kemudahan semua orang dalam bertransaksi. Sebut saja Dana, Ovo, Link Aja, Gopay, dan masih banyak lainnya. Mengapa ini sangat digemari? Ternyata perkembangan jaman memang tidak bisa dibendung, kemudahan yang diberikan menjadikan alasan utama setiap orang untuk menggunakan metode ini.

Dulunya transfer uang sangat sulit dilakukan, tapi kini kesulitan itu sepertinya bisa diatasi. Kini kita tidak lagi untuk susah-susah keluar rumah, cari ATM, atau langsung pergi menemui teman untuk menyerahkan uangnhya. Kini hanya dengan bermodalkan aplikasi dan internet (uangnya juga perlu ya), kita sudah bisa memberikan uang secara instan. Mulai dari kirim dari aplikasi ke aplikasi ataupun dari aplikasi ke bank. Semuanya sudah bisa dilakukan saat ini.

Ini kelebihan yang bisa diberikan oleh e-money saat ini.

  • Penggunaan e-Money akan lebih efektif untuk mengurangi peredaran uang palsu di masyarakat.
  • Mencegah tindak pidana yang disebabkan oleh tindakan membawa uang tunai dalam jumlah besar.
  • Efisiensi dalam penggunaan e-Money terjadi saat transaksi elektronik, kita tidak perlu repot menghitung uang kembalian, apalagi jika nominal angkanya unik.

Tapi apakah efektif? Meskipun berbagai kelebihan telah diberikan, tidak menutup kemungkinan ada berbagai celah dan kekurangan yang diberikan. Ada beberapa permasalahan yang masih belum bisa ditutupi untuk saat ini.

  • Pengisian ulang saldo e-Money yang hanya dapat dilakukan pada mesin ATM tertentu
  • Isi ulang saldo e-Money belum praktis
  • Ketersediaan mesin-mesin elektronik penyedia jasa e-Money (merchant) saat ini jumlahnya masih sedikit
  • Apabila kartu e-Money kita hilang, maka ada kemungkinan uang kita juga akan hilang.

Selain itu ada hal yang juga tidak bisa dipungkiri. Teknologi ini tidak bisa diikuti oleh para orang yang sudah berumur. Bagi mereka sistem konvensional lebih mudah dilakukan. Ketidakpahaman menjadi permasalahan utama. Ini mungkin menjadi salah satu yang harus diperbaiki bahwa penggunaan e-money harus dipermudah lagi.

Teknologi tetaplah ciptaan manusia, akan selalu ada kekurangan didalamnya. Edukasi dan pembelajaran menjadi aspek yang penting dalam penggunaan teknologi yang kini kian pesat.

Bagikan ke sosial media:

Recommended For You

abirafdi

About the Author: abirafdi

Menjadi seorang penulis tidak hanya membutuhkan kemampuan dan pengetahuan saja. Passion juga dapat membantu saya untuk terus berkembang dan menjadi lebih baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

close