7 Jenis Rempah-Rempah yang Ampuh Mendetoks Tubuh

TIPS, malangpost.id – Kalau berbicara tentang rempah-rempah, erat kaitannya dengan Indonesia. Sebab, sedari dulu negeri ini memang kaya akan rempah-rempah. Bahkan, penjajah pun datang untuk mencari remah dari Nusantara. Karena khasiatnya, tak heran rempah-rempah memiliki nilai jual yang sangat tinggi. 

Selain terkenal sebagai bumbu masakan dengan cita rasa khas, rempah-rempah juga ampuh dalam menangkal penyakit. Beragam olahan, seperti minuman bisa dibuat dari rempah-rempah. Nah berikut ini tujuh jenis rempah-rempah yang ampuh mendetoks tubuh. 

Cengkeh sebagai Salah Satu Rempah-Rempah yang Ampuh Mendetoks Tubuh 

sumber: dakonan.com

Pada dasarnya cengkeh memiliki kandungan eugenol untuk mengurangi infeksi pada tubuh. Nah untuk mengonsumsi cengkeh, sangat disarankan memilih cengkeh yang punya kuncup bunga. Dalam cengkeh jenis tersebut terkandung senyawa untuk melindungi dari berbagai penyakit. Nah sangat manjur bukan? 

Lada Kaya Akan Antioksidan 

Lada adalah rempah yang kaya akan antioksidan dan memiliki kandungan anti-inflamasi yang tinggi. Mengonsumsi lada memberikan manfaat untuk memperbaiki segala kerusakan dalam tubuh. Nah lada ini cocok banget untuk mendetoks tubuh. 

Selain itu, lada juga dapat membuat tubuh lebih kebal dengan adanya radikal bebas lho! Sudah pernah mencoba? 

Temulawak 

Rempah-rempah yang ampuh mendetoks tubuh selanjutnya ada temulawak. Temulawak sering kali dijadikan sebagai jamu. Hal ini disebabkan oleh kandungan curcumin temulawak yang tinggi. Bahan tersebut berguna untuk meningkatkan sistem serotonin dan dopamin.  

Sistem itulah yang membuat tubuh jauh dari stress dan lebih mudah bahagia. Alhasil, ketika tubuh dalam kondisi demikian, kekebalan tubuh meningkat. Pada akhirnya penyakit pun tidak berani mendekat. 

Rempah Kuning, Si Kunyit 

Nah Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan jenis rempah yang satu ini bukan? Kunyit adalah rempah yang sering digunakan sebagai bumbu masakan. Selain itu, dengan warna kuningnya yang khas, kunyit dimanfaatkan sebagai pewarna makanan. 

Sama halnya dengan temulawak, kunyit juga memiliki kandungan curcumin yang tinggi. Alhasil bahan inilah yang membuat tubuh memiliki daya tahan yang optimal. Manfaat lainnya adalah kunyit bisa meningkatkan kinerja otak, hebat sekali bukan? 

Serai Mampu Membuang Racun Berbahaya 

serai Jenis Rempah-Rempah yang Ampuh Mendetoks Tubuh

Selanjutnya ada lagi rempah-rempah yang ampuh mendetoks tubuh yaitu serai. Serai memiliki kemampuan membuang racun yang berbahaya bagi tubuh. Selain bisa mendetoks tubuh, ketika mengonsumsi serai, imunitas tubuh pun akan meningkat.  

Hal ini disebabkan oleh serai yang mengandung flavanoid dan antioksidan. Nah kandungan bahan tersebut sangat berguna bagi kesehatan hati dan ginjal. 

Jahe 

jahe rempah-Rempah yang Ampuh Mendetoks Tubuh

Hayo siapa yang tak kenal dengan STMJ? Minuman tersebut sangat populer sebagai wedang atau minuman yang berguna untuk menghangatkan tubuh. Jahe sendiri merupakan rempah yang kaya akan antioksidan dan mengandung anti-inflamasi tinggi. 

Selain itu, terdapat juga senyawa gingerol yang berfungsi untuk meredakan flu dan batuk. Tak heran jika jahe dikonsumsi ketika suasana dingin, seperti pada saat hujan. 

Kencur 

kencur sebagai rempah-rempah yang ampuh mendetoks tubuh

Biasanya jahe pasangannya dengan kencur. Ya benar sekali karena rempah-rempah yang ampuh mendetoks tubuh ini sekilas mirip jahe.kencur dikenal sebagai rempah yang memiliki kandungan minyak atsiri, seperti sineol dan alkohol. 

Kandungan senyawa tersebut membantu meredakkan penyumbatan pada hidung atau ketika radang tenggorokan. Selain itu, kencur juga memiliki anti-bakteri yang berguna dalam fungsi pencernaan dan pernapasan. 

Tips Sederhana untuk mendetoks Tubuh 

Selain dengan mengonsumsi rempah-rempah yang ampuh mendetoks tubuh, serangkaian tips berikut dapat Anda terapkan. Yuk disimak! 

  1. Minum Air Lebih Banyak 

Oleh karena 80% tubuh kita mengandung air, kita membutuhkan banyak minum agar tubuh dapat menjalankan fungsinya dengan optimal. Nah ketika minum, rasa haus Anda hilang, racun tubuh juga dibantu dikeluarkan lho! Karena hal tersebutlah minum air yang cukup menjadi kebutuhan penting. 

  1. Beraktivitas yang Mengeluarkan Keringat 

Salah satu cara mendetoks tubuh yakni dengan melakukan aktivitas berkeringat, biasanya dengan olahraga. Hal ini akan sangat berguna karena tubuh dapat secara langsung mengeluarkan racun melalui keringat. 

  1. Konsumsi Buah dan Sayur 

Untuk melengkapi kandungan gizi tubuh kita, sudah seharusnya makan buah dan sayur secara rutin menjadi kebutuhan sehari-hari. Kandungan serat dalam buah dan sayur sangat berguna untuk mengeluarkan keringat dari dalam tubuh. 

Anda memiliki cara lain untuk mendetoks tubuh? Bagikan komentar Anda di bawah ini ya! 

Bagikan ke sosial media:

Recommended For You

Ira

About the Author: Ira Gusmiarti

Content writer yang menyukai belajar hal baru. Saat ini mulai membagikan insight menarik melalui tulisan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

close