7 Tips Membeli Mobil Bekas agar Tidak Kecolongan

TIPS, malangpost.id- Tidak selamanya mobil bekas itu berkualitas buruk. Namun, untuk meminimalisasi hal-hal yang diharapkan, semestinya kita mampu bijak ketika membeli mobil bekas. Saat ini cukup banyak mobil bekas yang kualitasnya cukup baik, bahkan mendekati mobil baru. 

Nah agar bisa mendapatkan mobil bekas tapi berkualitas, Anda perlu jeli dan memperhatikan sejumlah hal berikut. Yuk disimak. 

1. Mobil Bekas Tetap Harus Memiliki Catatan Servis dan Surat-Surat yang Lengkap

Hal pertama dan penting adalah memeriksa kelengkapan mobil bekas. Mulai dari surat-surat sampai dengan catatan servisnya, Anda harus teliti. Catatan servis ini penting untuk mengetahui apakah mobil yang akan Anda beli tersebut mendapatkan servis rutin? 

Dokumen ini sangat penting agar calon pembeli juga dapat menilai performa mobil nantinya. Selain itu, mobil bekas yang diservis secara berkala juga mencerminkan kepribadian pemilik dalam merawat mobil. 

Dengan memperhatikan hal tersebut Anda bisa memandang bagaimana jika mobil yang ditawarkan jadi Anda beli. 

2. Waspada dengan Mobil yang Harganya Miring 

Pernahkah Anda mendengar bahwa harga membawa rupa? Pepatah tersebut tepat dalam konteks jual beli. Namun tidak semua barang murah memiliki kualitas yang tidak baik. Akan tetapi dalam membeli mobil bekas, Anda harus lebih berhati-hati dengan penawaran harga mobil di bawah pasaran. 

Hal ini bisa disebabkan oleh mobil yang dijual kembali dengan harga murah membuat kondisi mobil cepat rusak. Nah biasanya juga penjual memasang harga murah untuk menarik calon konsumen agar melirik penawaran mereka. Ingat, selalulah waspada pada harga miring.

3. Pastikan Kondisi Mesin Mobil Bekas 

Selanjutnya yang tidak kalah penting adalah kondisi mesin mobil second. Mobil harus mudah untuk distarter dan Anda harus memastikan bahwa suara mesin tidak kasar. Selain itu, dalam memeriksa kondisi mesin mobil, perhatikan juga adakah komponen mesin yang bocor. 

Agar lebih jelas, Anda bisa mencoba mengendarai mobil second tersebut. Hal ini memudahkan Anda dalam menilai kualitas mesin mobilnya. Mintalah kesempatan untuk mencoba berkendara. Hal tersebut juga bermanfaat untuk menguji kenyamanan Anda saat berkendara nanti lho! 

4. Periksa Body Mobil 

Selain mesin mobil, tampilan fisik luar mobil juga sangat penting. Periksalah body dan eksterior mobil secara keseluruhan. Anda harus bisa memastikan bahwa pintu, kap, dan kaca mobil masih orisinil. 

Nah hal lain yang mesti diperiksa adalah cat mobil. Sebab terkadang cat menjadi belang akibat dari perbaikan yang tidak sempurna. Selain itu, pastikan struktur rangka utama masih terjaga. Secara keseluruhan mobil dalam kondisi prima saat tidak ada bekas tabrakan atau goresan tertentu. 

5. Periksa Aksesori dan Interior 

Selain dari segi eksterior, interior mobil bekas juga sangat penting. Sebab hal inilah yang mendukung kenyamanan Anda dalam berkendara. Anda bisa memeriksa mulai dari AC, lampu, audio, dan sebagainya. 

Teliti kondisi interior mobil yang akan Anda beli. Anda bisa mencoba duduk pada jok depan ataupun belakang, apakah Anda nyaman? Lalu periksa juga karpet, plafon, dashboard, hingga bau interior. Kalau terdeteksi apek, bisa jadi mobil bekas ini pernah terkena banjir. 

6. Meminta Saran Teman yang Ahli Mekanik 

Hal yang tidak kalah penting adalah rekomendasi dari teman atau ahli mekanik. Sebaiknya Anda mengajak mereka ketika akan membeli mobil second. Saran-saran dari teman Anda tersebut akan sangat berguna dan dapat menutupi kekurangan jika Anda kurang teliti. 

Adapun jika tidak memiliki teman ahli mekanik, Anda bisa meminta bantuan jasa mekanik andal. Dengan bantuan para profesional tersebut, Anda lebih yakin dalam memutuskan pilihan mobil bekas. 

7. Jangan Terburu-buru 

Membeli mobil bukan harga yang murah. Sebagai calon pembeli, ada baiknya Anda tidak terburu-buru dalam melakukan transaksi. Periksalah kembali dengan cermat dan teliti. Pastikan tidak ada masalah ketika nanti Anda sudah membelinya. 

Nah itulah tips membeli mobil bekas agar Anda tidak kecolongan dan mengalami masalah ketika mobil telah digunakan. Jangan remehkan sejumlah tips tersebut dan tetap minta bantuan pada mekanik andal ya. Semoga membantu. 

Bagikan ke sosial media:

Recommended For You

Ira

About the Author: Ira Gusmiarti

Content writer yang menyukai belajar hal baru. Saat ini mulai membagikan insight menarik melalui tulisan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

close