8 Hal yang Disiapkan dalam Interview Kerja secara Online

Interview Online yang perlu dipersiapkan untuk kerja apa saja sih?

KARIR, malangpost.id – Di masa pandemi ini banyak perusahaan maupun tempat kerja yang menyediakan interview secara online. Selain mematuhi protokol kesehatan kita juga harus mengaplikasikan yang namanya era new normal. Ada inovasi baru dalam interview online karena jarang dilakukan di masa dulu.

Tetapi sekarang diperlukan tips-tips dan tata cara bagaimana interview yang baik secara online karena memang jarang dilakukan sehingga ilmu akan hal ini nol atau malahan lebih kurang. Sehingga perlulah rubrik kali ini membahas tentang hal-hal yang harus disiapkan dalam interview kerja secara online.

Disclaimer tentang Interview Kerja secara Online

Sebelum ke poin pentingnya, anda harus tahu bahwa interview kerja secara online sudah dilakukan oleh perusahaan-perusahaan entah di perkotaan maupun luar negeri sebelum Corona datang. Bedanya di jaman sekarang, sudah banyak yang online dikarenakan hal tadi.

Dulu, untuk interview kerja online biasanya menggunakan via telepon atau video call. Tetapi untuk yang sekarang banyak variasinya sehingga perlu banyak persiapan dan bisa dibilang rumit maupun cukup rumit. Sehingga yuk jangkau tips-tips di bawah ini!:

1. Pastikan Koneksi Internet tetap Berjalan dan Lancar

Lah, ini yang paling utama. Kenapa?. Tanpa koneksi internet yang lancar, maka otomatis interview kerja online anda gagal atau mungkin bisa jadi hasilnya tidak (kurang) memuaskan. Koneksi internet diharuskan stabil. Kalau pas sesi wawancara terbata-bata hanya gara-gara koneksi kan lucu.

2. Menggunakan Pakaian Formal Seperti Biasanya

Sama seperti wawancara secara offline atau langsung, anda diharuskan memakai pakaian formal. Tujuannya selain untuk menunjukkan kesopanan juga keseriusan anda dalam mencari pekerjaan dan perusahaan akan tahu apakah anda cocok menjadi calon karyawan atau pegawainya. Profesional.

Apakah cocok menjabat posisi tersebut?.

3. Jangan Lupa Penampilannya yang Rapi

Seseorang akan terlihat diperhatikan atau terdeteksi kepribadiannya melalui cara berpakaian dan sisi kerapiannya. Sehingga walaupun wawancara online, tetap siapkan pakaian terbaiknya dengan rapi dan licin. Walaupun interview tidak terlihat semua badan, tetap saja bisa menggambarkan kepribadian anda.

4. Saat Menjawab Pertanyaan Pastikan Menghadap ke Kamera

Saat sesi wawancara jangan suka mengalihkan pandangan. Cari posisi duduk yang pas. Dan suasana yang kondusif dimana tidak ada banyak hal maupun orang yang bisa mencuri perhatian anda. Saat sesi wawancara tatap mata pembicara anda, agar menandakan anda bahwa serius dengan pekerjaan ini.

5. Volume Suara dan Pencahayaan Perlu Diperhatikan

Sebelum melakukan sesi wawancara kerja online, setidaknya persiapkan volume suara dan pencahayaan yang tepat. Gunanya dua hal ini membantu dalam memberikan nilai plus bagi anda. Semakin anda terdengar profesional dan wajah anda terekspos dengan bagus maka selamat anda bisa berpeluang.

6. Tanamkan Percaya Diri pada Anda

Jika cover anda bagus tapi tidak menunjang kualitas ma sorry to say anda terdiskriminasi dari awal. Jika penampilan anda menunjang, kemudian anda bisa percaya diri dalam membawakannya berupa kepribadiannya juga, maka anda bisa selamat dalam sesi wawancara ini.

7. Pelajari Pertanyaan Umum saat Sesi Interview

Ini pasti harus agar tidak tegang dan tidak gugup saat ditanyai akan hal ini. Persiapkan jawaban secara matang agar anda bisa menjawabnya secara yakin da tegas. Jangan lupa benarnya juga. Agar anda lolos seleksi menjadi karyawan disana.

8. Tunjukkan Sisi Terbaik yang Anda Miliki

Pastinya dalam menggaet suatu hal diperlukan usaha dengan memberikan sisi terbaik dari kita agar kita diterima atau sesuai dengan ekspektasi. Bersakit-sakit dahulu di awal tidak apa-apa, yang penting kita tahu batasannya. Selama anda mempromosikan diri bagus dan tidak berlebihan tidak masalah.

Itulah hal-hal yang harus dipersiapkan sebelum melakukan interview kerja secara online. Semoga berhasil.

Bagikan ke sosial media:

Recommended For You

yuliartiselli

About the Author: yuliartiselli

Cewek dengan bintang Taurus ini suka berpetualang dan menjelajahi dunia maupun Indonesia, apapun itu. Berpetualang mencari jati diri dan jadi diri sendiri. Suka explore sendiri. Dan untuk dunia kepenulisan, dia sudah menggeluti selama 1 tahun lebih sebagai content writer di berbagai proyek.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

close