8 Tips Parenting ala Syekh Ali Jaber. Perlu Diperhatikan!

Parenting memang perlu dipelajari. Berikut ini tipsnya!

PARENTING, malangpost.idDunia dirundung duka, terutama bagi para pecinta ahli surge ini, Syekh Ali Jaber. Iya, ia meninggal beberapa waktu yang lalu dengan duka yang mendalam dari penggemarnya yang ada di Indonesia. Walaupun sudah meninggal, beliau dalam hal ajarannya tetap dikenang.

Dari sudut pandang anaknya, Syekh Ali Jaber dikenal sebagai sosok ayah yang membanggakan. Beliau juga dikenal sebagai sosok anak yang berbakti kepada orang tuanya. Ia juga pernah memberikan tips tentang parenting.

Beliau sebelum meninggal sempat menyampaikan dakwahnya melalui channel Youtube nya tentang tips parenting menurut islam. Berikut nasihat dari beliau, diantaranya:

1. Jangan Sampai Anak Tidak Butuh Orang Tua

Jangan sampai di era atau zaman ini dan zaman apapun anak lupa akan orang tuanya. Jangan sampai anak berpikiran tidak membutuhkan orang tuanya baik dalam tempat curhat, berkeluh kesah, maupun yang lainnya. sampai-sampai tidak memedulikan agama.

2. Bijak dalam Menggunakan Gadget untuk Anak

Almarhum Syekh Ali Jaber mengingatkan kepada orang tua pada zaman sekarang memang banyak sekali godaan fitnah. Sehingga ia pun berpesan agar berhati-hati dalam menggunakan gadget. Anak-anak zaman sekarang terutama anak kecil sudah bisa menggunakan gadget.

3. Didiklah Anak agar Cinta Agama

Mendidik anak itu per;u dan wajib bagi orang tua apalagi dalam menumbuhkan cinta kepada agamanya, Islam. Bimbinglah anak agar mencintai Al-Qur’an, Allah, beserta nabinya, Nabi Muhammad SAW. Jika orang tua berusaha keras dalam mendidik hal tersebut, maka membentuk anak pada ketaatan.

4. Himbauan Menghormati Ibu

Syekh Ali Jaber merupakan salah satu anak yang berbakti pada orang tuanya. Ia tak bosan mengajarkan pada khalayak orang banyak bahwa anak setidaknya selalu hormat pada ibunya. Ia pernah menangisi ibunya jika merasa ada yang salah atau bersalah.

5. Mendoakan Anak agar Tetap Sholeh maupun Sholehah

Sebagai orang tua, kita juga harus mendoakan anak dimana dengan hal tersebut keinginan orang tua, harapan orang tua ke anak terwujud. Orang tua dilarang mendoakan anaknya yang jelek-jelek atau celaka. Doakan baik-baik saja. Agar ada hikmah dan barokah.

6. Jangan Caci Maki Anak dengan Kata-kata yang Kasar

Syekh Ali Jaber dalam menyampaikan ini sempat malu dimana ia sungkan berkata kasar karena sedang berceramah ke dalam masjid. Kata-kata kasar setidaknya jangan dikatakan ke anak karena bisa menyakiti perasaannya. Apalagi jika diutarakan di depan orang lain. Sakitnya bagaimana itu.

7. Jangan Suka Membandingkan Anak dengan Orang Lain

Tidak boleh membandingkan anak sendiri dengan anak lain maupun orang lain. Setiap anak memiliki bakatnya yang luar biasa dan kelebihannya masing-masing. Jangan sampai anak menjadi insecure dan tidak bergairah lagi dalam hidup. Apalagi sakit hati.

8. Jangan Mencintai Anak karena Syarat

Jika mencintai anak dengan tulus pasti tanpa syarat. Jika memakai syarat maka memang tidak tulus. Begitulah yang diajarkan oleh Syek Ali Jaber yang mana hindari mengungkapkan rasa cinta kepada anak dengan syarat. Misal, ayah sayang kamu jika kamu bisa ngaji, dan lain sebagainya.

Dari penjelasan 8 tips parenting ala Syekh Ali Jaber bisa diambil kesimpulan bahwa anak juga manusia dan juga punya hati. Ia mempunyai akal dan perasaan maupun kemampuan yang tidak bisa ditandingi. Jadi berhati-hatilah para orang tua.

Jangan yah Ayah Bunda, itu tidak baik. Bagi kesehatan maupun perbuatan pribadi. Semoga terinspirasi dan tercerahkan, semoga barokah.

Bagikan ke sosial media:

Recommended For You

yuliartiselli

About the Author: yuliartiselli

Cewek dengan bintang Taurus ini suka berpetualang dan menjelajahi dunia maupun Indonesia, apapun itu. Berpetualang mencari jati diri dan jadi diri sendiri. Suka explore sendiri. Dan untuk dunia kepenulisan, dia sudah menggeluti selama 1 tahun lebih sebagai content writer di berbagai proyek.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

close