8 Alasan Perlu Punya Dana Darurat Sebelum Menikah

Dana Darurat memang perlu sebelum anda menikah

FINANCE, malangpost.id – Saat memiliki pekerjaan maupun penghasilan pasti kita harus memiliki keuangan darurat atau dana darurat. Kenapa?. Karena hal ini berkaitan dengan kesehatan yang belum selalu ada serta fit secara mental maupun fisik. Sehingga sisihkan uang anda untuk hal ini.

Menabung dan berinvestasi adalah hal yang perlu untuk membantu menstabilkan keuangan anda. Sebagai cadangan hidup jika terjadi apa-apa yang tidak diinginkan. Dana tersebut kalau bisa mudah dicairkan sehingga dalam waktu mendadak dan cepat, tersedia.

Berikut ini akan dijelaskan alasan kenapa anda harus mempunyai dana darurat sebelum menikah, diantaranya:

1. Mencegah Anda untuk Berhutang

Dana darurat yang mudah dicairkan bisa mencegah anda untuk meminjam uang atau berhutang ke orang lain. Dikarenakan anda sudah mempunyai uang tambahan atau cadangan. Setidaknya, anda mempunyai dana darurat minimal setara dengan pengeluaran selama 3-6 bulan.

2. Membantu Penghasilan yang Hanya Satu

Kalau kita mempunyai penghasilan hanya satu memang tidak bisa dijagakan. Sehingga dengan adanya dana darurat penghasilan anda bisa stabil. Apalagi jika pekerjaan anda yang satu ini tidak tetap. Bagaimana perasaan anda?. Pasti was was dan cemas kan?.

3. Apalagi Pekerja Freelance maupun Wirausaha Harus Ada Dana darurat Dong

Iya, seorang pengusaha bukan berarti tidak harus punya dana darurat. Iya kalau usahanya sukses dan berhasil. Kalau sedang-sedang saja bagaimana?. Kan kasihan nanti jadi pengusaha tapi tidak ada hasil. Sehingga dana darurat ini memang perlu apalagi untuk pekerjaan yang tidak ada tunjangan.

4. Jika Punya Rumah dan Lain-lain Pasti Butuh Perawatan

Iya kan?. Semakin kita memiliki sesuatu maka untuk mempertahankannya butuh dana maupun perawatannya. Sehingga dana darurat itu perlu ada untuk pengeluaran akan hal ini. Misal perbaikan rumah, motor, bayar pajak, dan lain-lain.

5. Anda Harus Punya Dana Darurat jika Seorang Perantau

 Entah anda seorang pelajar atau pekerja yang jauh dari orang tua, maka anda perlu memiliki dana darurat. Karena hal ini penting dimana anda berada di luar zona nyaman dan jauh dari orang terdekat alias keluarga. Teman saja kadang tidak merespon permintaan tolong anda. Jadi andalkan diri sendiri.

6. Apalagi Anda memiliki Gangguan Kesehatan Tertentu

Misal, anda memiliki penyakit atau gangguan tertentu dalam kesehatan maka hal ini sangat diperlukan mengingat kesehatan anda itu perlu dan utama. Tanpa sehat, anda akan kehilangan momen maupun kesempatan untuk bekerja dan hidup normal seperti biasa. Jadi jaga kesehatan yah!.

7. Anda Punya Tujuan tertentu atau Lain yang Membutuhkan Uang

Iya, jadi anda ingin menjadi pengusaha atau kuliah lagi atau punya keinginan lagi yang berkaitan dengan uang?. Jika iya, maka segeralah membuat dana darurat agar keinginan anda menjadi lancar jaya. Tanpa direncanakan, anda akan merasa kurang afdol dan tenteram karena terus memikirkannya tanpa aksi.

Memikirkan risiko mungkin.

8. Biaya Hidup yang Lebih Kompleks

Tahu sendiri kan?. keinginan dan kebutuhan akan semakin ada dan banyak dengan bertambahnya apa yang kita miliki, kepentingan apa yang kita jalani, dan kebutuhan apa yang perlu dipenuhi. Tanpa kita tahu, yang namanya kebutuhan pasti ada dan selalu bertambah seiring tujuan hidup dan cita-cita kita.

Biaya hidup itu pelu apalagi tercukupi dengan baik. Semakin banyak dana cadangan anda (dana darurat) maka anda bisa memanajemen hidup dengan baik. Nah, itulah 8 alasan kenapa anda harus memiliki dana darurat sebelum menikah. Semoga bermanfaat.

Bagikan ke sosial media:

Recommended For You

yuliartiselli

About the Author: yuliartiselli

Cewek dengan bintang Taurus ini suka berpetualang dan menjelajahi dunia maupun Indonesia, apapun itu. Berpetualang mencari jati diri dan jadi diri sendiri. Suka explore sendiri. Dan untuk dunia kepenulisan, dia sudah menggeluti selama 1 tahun lebih sebagai content writer di berbagai proyek.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

close