8 Fakta Menarik tentang Tahun Baru Imlek

Fakta unik tahun baru Imlek memang menyenangkan!

FEATURES, malangpost.id – Tahun baru Imlek atau Cina memang memiliki arti penting bagi orang Cina. Dan di tahun ini, 2021 sudah memasuki tahun kerbau. Sebelumnya kita ketahui sendiri bahwa tahun kerbau diharapkan oleh masyarakat luas agar kehidupannya menjadi lebih baik lagi.

Setiap tahun baru Imlek memiliki kekhasan masing-masing. Tahun baru Cina selalu bertepatan pada tanggal 21-20 Februari atau tanggal 31. Memang unik tapi apa adanya. Iya, tahun baru ini membawa berkah dan perbedaan yang ada.

Berikut ini fakta-fakta menarik tentang Tahun Baru Imlek, diantaranya:

1. Perayaan Tahun Baru Cina selama 15 Hari

Perayaan tahun baru Cina atau Imlek biasanya berlangsung selama 15 hari. Perayaan ini menjadi festival terpanjang dalam kalender Cina. Tahun baru ini juga menjadi hari libur bagi banyak negara, termasuk Indonesia.

2. Perayaan Tahun Baru berlangsung di Rumah

Seperti perayaan Idul Fitri, tahun baru Cina juga kebanyaka dilangsungkan di rumah. Ini merupakan momen kumpul bersama keluarga. Biasanya pas hari H jalan macet dan semua pergi ke rumah keluarga mereka. Lebih dari 200 juta orang lebih, diperkirakan sebesar itu yang mudik.

3. Musim di Tahun Baru Cina

Setiap belahan dunia memiliki waktu masing-masing dan musim nya juga. Saat di Cina perayaan festivalnya pas musim semi, maka belahan utara lebih jatuh pada saat musim dingin di tahun baru Cina nya.

4. Membersihkan Rumah menjadi Agenda Wajar dan Bisa Dibilang Wajib

Seperti perayaan hari Idul Fitri, tahun baru Cina seenggaknya diadakan agenda untuk bersih-bersih rumah. Hal tersebut dianggap membawa keberuntungan dan menyingkirkan nasib buruk. Jadi tidak membersihkan rumah sama dengan membawa nasib buruk pada keluarga.

5. Rumah Didesain dengan Warna Merah

Bagi yang merayakan tahun baru Imlek, rumahnya didesain dengan warna merah. Merah dianggap membawa keberuntungan tersendiri. Rumah akan menempelkan kertas merah yang bertuliskan “Chunlian”. Kertas tersebut berisi harapan akan kesehatan dan keberuntungan di tahun yang baru.

6. Tradisi Memberikan Angpau

Sama seperti Idul Fitri, tradisi memberikan angpau di tahun baru ini juga wajib. Tujuannya agar menumbuhkan rasa semangat pada generasi muda. Tahu sendiri kan bahwa Cina merupakan rumah bagi industri kembang api. Sehingga di perayaan ini juga ada dan dibakar.

7. Festival Musim Semi Diakhiri Festival Lentera

Pada malam hari ke-15, keluarga dan teman-teman akan berkumpul untuk makan dan memasang lentera kemudian menerbangkan lentera ke langit. Ada praktik Shou Sui untuk begadang sampai tengah malam.

8. Di London, Perayaan Tahun Baru Cina Dimeriahkan oleh Setengah Juta Orang

Jangan salah, negara yang juga ikut memeriahkan tahun baru ini sampai setengah juta orang adalah London. Tahu sendiri kan, negara London juga memiliki kesempatan untuk memeriahkannya. Semakin banyak yang merayakannya, semakin terkenal tahun baru ini.

Karena tersebarnya banyak orang Cina di hampir semua belahan dunia, maka otomatis perayaan ini cukup meriah. Di Tiongkok, tahun baru ini merupakan hari libur utama yang penting bagi etnis Tionghoa. Daripada hari-hari libur lainnya.

Hari libur disana disebut sebagai Festival Musim Semi. Istilah pertama dalam tradisi kalender solar. Amplop merah juga tidak hanya diberikan ke keluarga yang lebih muda loh yah. Tapi dari atasan ke karyawannya. Hal itu sangat indah. Saling berbagi.

Perayaan kembang api pada tahun baru Imlek didasarkan untuk mengusir roh jahat sehingga bisa dibilang petasan kembang api dapat menakut-nakuti mereka dan kabur. Semoga bermanfaat.

Bagikan ke sosial media:

Recommended For You

yuliartiselli

About the Author: yuliartiselli

Cewek dengan bintang Taurus ini suka berpetualang dan menjelajahi dunia maupun Indonesia, apapun itu. Berpetualang mencari jati diri dan jadi diri sendiri. Suka explore sendiri. Dan untuk dunia kepenulisan, dia sudah menggeluti selama 1 tahun lebih sebagai content writer di berbagai proyek.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

close