Anti Kantong Jebol, Ini Tips Membeli Smartphone Sesuai Kebutuhan!

Anda sedang mencari smartphone baru? Ketahui tips membeli smartphone agar kantong tidak jebol!

TIPS dan TRIK, malangpost.id – Di era serba digital saat ini, memiliki smartphone bukan hanya sebagai life style. Namun, smartphone telah berubah menjadi kebutuhan bagi banyak orang dalam aktivitas sehari-hari. Memang, tidak sedikit orang yang membeli smartphone baru hanya untuk gaya hidup.

Tidak heran, banyak vendor memperebutkan konsumen dengan mengeluarkan berbagai jenis smartphone baru dengan teknologi dan fitur yang semakin canggih. Konsumen mendapatkan keuntungan serta dimanjakan dengan berbagi macam jenis smartphone dan harga yang ada di pasaran.

Tentunya, setiap ponsel memiliki keunggulan masing-masing. Sebelum Anda memutuskan untuk membeli ponsel tertentu, ketahui beberapa tips memilih ponsel yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

OS Android atau iOS

Saat memutuskan membeli smartphone baru, pastikan apa yang Anda butuhkan. Apakah ingin menggunakan ponsel berbasis Android atau iOS? Android memiliki keunggulan dengan banyaknya variasi pilihan ponsel. Sementara iOS hanya terdapat pada iPhone.

Ada beberapa fitur yang dimiliki keduanya, namun ada juga beberapa fitur unggulan yang tidak dapat ditemukan pada OS lainnya. Karenanya, pastikan pilihan sistem akan bisa mengakomodir kebutuhan Anda.

Tentukan anggaran

Setelah mengetahui apa yang dibutuhkan, selanjutnya Anda bisa menentukan berapa dana yang tersedia untuk membeli ponsel. Dengan mengetahui budget yang dimiliki , Anda bisa lebih mudah menentukan pilihan smartphone sesuai dana yang ada.

Apakah kebutuhan Anda terhadap ponsel bisa terpenuhi dengan smartphone entry atau mid level? Atau ingin membeli ponsel di segmen yang lebih tinggi?

Spesifikasi ponsel

Tips membeli smartphone berikutnya adalah mengetahui spesifikasi ponsel sesuai kebutuhan. Misalnya Anda membutuhkan smartphone dengan kamera kualitas tinggi untuk menunjang hobi atau pekerjaan Anda.

Kapasitas RAM dan media penyimpanan juga penting untuk diperhatikan. Anda bisa membandingkan beberapa device di kisaran harga yang sama untuk mendapatkan ponsel yang memberikan value terbaik.

Umumnya fitur yang diinginkan oleh pengguna smartphone diantaranya:

Kapasitas baterai

Jika Anda membutuhkan penggunaan smartphone lebih banyak untuk menunjang aktivitas sehari-hari atau tidak memiliki waktu untuk mengisi ulang baterai, tentu Anda membutuhkan kapasitas baterai yang besar. Memilih smartphone dengan fast charging battery sangat disarankan agar tidak menghabiskan banyak waktu saat mengisi daya ponsel.

Internal dan eksternal storage

Anda membutuhkan storage besar untuk menyimpan banyak foto dan video untuk pekerjaan? Jika ya, pilihlah ponsel dengan kapasitas penyimpanan yang besar, baik internal maupun eksternal.

Saat ini kebanyakan ponsel menyediakan internal storage yang bervariasi, mulai dari 32GB, 64GB, 128GB, hingga 256GB. Dengan tambahan slot microSD, Anda bisa memiliki ruang penyimpanan yang lebih besar lagi.

Kapasitas RAM

Salah satu fitur yang menjadi pertimbangan membeli smartphone adalah RAM. Performa smartphone ditentukan oleh kapasitas untuk pemakaian yang berbeda. Contohnya, jika Anda membutuhkan ponsel untuk mengedit video atau bermain games diperlukan RAM yang tinggi.

Kamera

Nah, ini dia fitur yang juga banyak menjadi pertimbangan saat membeli ponsel baru. Kebutuhan masyarakat dalam fotografi membuat banyak vendor ponsel menonjolkan keunggulan dari segi kamera. Anda bisa memilih smartphone dengan dual kamera dan fitur yang cukup lengkap untuk mendapatkan hasil foto yang jernih.

Itu tadi beberapa tips membeli smartphone sesuai dengan kebutuhan tanpa harus menguras isi kantong. Pastikan Anda membaca review dan membandingkan beberapa jenis smartphone yang sesuai dengan budget Anda sebelum menentukan pilihan. (ds3)

Bagikan ke sosial media:

Recommended For You

desi3

About the Author: desi3

Seorang 'bibiliophile' yang jatuh cinta dengan Himalaya dan fans berat warna biru. ~ travel to fulfill your soul ~

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

close