Keren! Ini 7 Tempat Wisata Alam di Semarang

Punya rencana liburan ke Semarang tidak tahu harus kemana? Ke sini aja! 7 tempat wisata alam di Semarang dengan view keren!

WISATA, malangpost.id- Selain wisata sejarah dan budaya, ternyata Semarang juga kaya dengan wisata alamnya. Anda akan menemukan puncak bukit dengan pemandangan menawan, tebing-tebing tinggi, hingga candi kuno di kaki gunung.

Tidak kalah dengan Jogja dan Solo, wisata Semarang semakin menggeliat. Diantaranya tempat wisata alam yang memukau yang sangat layak masuk dalam tujuan Anda. Berikut 7 tempat wisata alam di Semarang yang bisa dikunjungi untuk pengalaman tak terlupakan.

1. Bukit Cinta Rawa Pening

Bukit Cinta Rawapening (foto: Instagram @faridachusnia)

Tempat wisata ini terbilang masih baru, tapi sudah menarik banyak perhatian wisatawan baik lokal maupun luar kota. Kawasan Bukit Cinta Rawa Pening sudah tertata dengan sangat baik dan nyaman untuk mengisi liburan, terutama bersama keluarga.

Saat tiba di lokasi wisata, Anda akan disambut oleh replika mulut naga raksasa yang menjadi ikon Bukit Cinta Rawa Pening. Begitu melewati mulut naga, udara segar dan sejuk akan menyambut Anda. Anda juga akan disuguhi pemandangan Rawa Pening yang bersih, luas, dan indah.

Tempat wisata ini juga menawarkan fasilitas dan aktivitas yang menarik. Tidak ketinggalan spot foto yang sangat Instagramable, nih! Ada satu yang menjadi favorit pengunjung, khususnya muda mudi, yaitu spot Gembok Cinta. Pengunjung juga bisa menaiki perahu dengan kapasitas maksimal 4 orang dengan membayar harga tiket Rp. 25.000 per orang.

Tempat wisata ini buka setiap hari mulai pukul 08.00 hingga 18.00. Untuk tiket masuknya sebesar Rp. 15.000 per orang.

2. Ayana Gedong Songo

Ayana Gedong Songo (foto: wisataoke.com)

Berlokasi di Krajan, Banyukuning, Bandungan, Semarang, tempat ini sangat cocok sebagai spot foto  untuk feed Instagram. Diantaranya ada balon udara, tempat duduk unik di tengah kolam, bubble tent, dan hammock. Cocok bagi yang hobi foto dan selfie!

Anda bisa bersantai di spot unik sambil menikmati keindahan alam dan juga udara segar pegunungan. Terletak sekitar 150m dari Candi Gedong Songo, Anda juga bisa sekaligus berwisata sejarah. Untuk jam operasional tempat ini dari pukul 08.00 hingga 17.00. Anda perlu membayar Rp. 10.000 untuk masuk kawasan Candi Gedong Songo dan tambahan tarif masuk ke Ayana sebesar Rp. 20.000 (dewasa) dan Rp. 10.000 (anak-anak).

3. Gardu Pandang Lereng Kelir

tempat wisata alam di semarang
View dari Gardu Pandang Lereng Kelir (foto: @destinasigertas)

Puncak bukit dengan latar belakang view menakjubkan menjadi salah satu tujuan wisata yang semakin diminati wisatawan. Di Semarang, Anda bisa menemukannya di pegunungan Kelir. Dengan kondisi alam yang masih sangat terjaga, Anda bisa melihat pemandangan memikat dari ketinggian.

Berkunjung ke tempat wisata di Semarang ini, Anda akan merasa seakan berada di negeri di atas awan. Berada di ketinggian 1.300mdpl, beberapa gunung seperti Gunung Sumbing, Gunung Sindoro, Gunung Merbabu, Gunung Telomoyo, dan Gunung Ungaran akan terlihat saat udara cerah.

Tidak ketinggalan pemandangan perpaduan area pertanian, hutan, perkotaan, dan gunung yang sangat mempesona. Dijamin, Anda akan betah dan tak henti-henti mengambil banyak foto. Untuk tiket masuknya cukup terjangkau, yaitu Rp. 5.000/orang di hari kerja dan Rp. 7.000/orang di akhir pekan.

4. Umbul Sidomukti

Pemandangan saat matahari terbenam

Tempat wisata alam di Semarang berikutnya yang bisa dikunjungi adalah Umbul Sidomukti. Resort di lereng Ungaran dengan ketinggian 1.500 mdpl ini tidak hanya menawarkan segarnya hawa pegunungan, namun juga menawarkan banyak fasilitas wisata menarik.

Salah satu yang menjadi favorit pengunjung adalah Taman Renang Alam dengan tiga kolam renang berbentuk unik. Karena letaknya yang berada di ketinggian, Anda bisa bersantai sambil menikmati panorama luar biasa di sini.

Buat yang menyukai tantangan, ada beragam fasilitas seru lainnya yang bisa dicoba. Diantaranya flying fox, ATV, paralayang, Sepeda Awang, dan masih banyak lagi. Untuk menikmati keindahan dan beragam fasilitas, Anda juga bisa menginap di resort.

5. Gumuk Reco

Panorama hijau pegunungan di Gumuk Reco (foto: Instagraminstagram/karnii_pl)

Tempat wisata lain yang menawarkan panorama alam yang mengesankan adalah Gumuk Reco yang berlokasi di Bantu Bir. Dengan tiket masuk sebesar Rp. 5.000, Anda bisa melepas penat dengan menikmati view hamparan area perbukitan yang dipenuhi kehijauan pepohonan rindang yang menyejukkan mata.

Gumuk Rceo juga menawarkan banyak spot foto cantik dan wahana yang seru dan menyenangkan. Jembatan, sarang burung, dan ayunan langit adalah beberapa diantara spot foto yang menarik.

Bagi Anda yang tidak takut ketinggian, bisa mencoba panjat tebing, ayunan langit yang memiliki ketinggian 800 meter, dan rumah pohon di tepi jurang yang memiliki ketinggian mencapai 300 meter.

6. Kebun Bunga Bandungan Celosia

foto: taman_bunga.celosia

Para pecinta selfie yang ingin tampilan feed Instagram cantik, harus berkunjung ke Kebun Bunga Bandungan Celosia. Dekat dengan lokasi Candi Gedong Songo, kebun bunga yang indah ini memiliki penataan tanaman dan taman yang sangat Instagramable.

Taman ini terbagi menjadi tiga zona, yaitu Zona Celosia 1 (Taman Bunga Celosia), Celosia 2 (Celosia Happy & Fun), dan Celosia 3 (Museum Selfie Celosia). Ada miniatur kota Eropa yang unik, lengkap dengan landmark khas dari berbagai negara.

Buat penggemar K-Drama, bisa mampir ke Taman Korea dengan background foto spektakular. Atau mau berfoto di Taman Lampion dengan cahaya warna-warni di malam hari?

Untuk masuk ke tempat wisata alam di Semarang yang keren ini Anda hanya perlu merogoh kocek sebesar Rp. 20.000 di hari kerja dan Rp. 25.000 di akhir pekan. Ayo, ajak teman dan keluarga berwisata ke sini!

7. Grand Maerokoco

tempat wisata alam di semarang
foto: Instagram/@vegaviditama

Tempat wisata di Semarang ini dulunya dikenal dengan Taman Puri Maerokoco dengan anjungan dan rumah khas dari seluruh kabupaten dan kota yang ada di provinsi ini. Karenanya, tempat ini kerap disebut sebagai Taman Mini-nya Jawa Tengah.

Menggabungkan wisata alam dan wisata buatan, semua lanskap yang ada di sini berada di tengah hutan bakau yang rimbun, lengkap dengan dek kayu. Anda bisa berkeliling dan menjelajah menyusuri dek kayu atau menyewa perahu untuk menjelajah tempat ini melalui air.

Itu tadi 7 tempat wisata alam di Semarang yang tidak saja keren, tapi juga sangat indah. Dengan banyaknya spot foto yang Instagramable, tempat wisata di kota ini semakin populer dan menjadi favorit wisatawan. Penasaran kan, ingin langsung ke sana? Wisata mana yang ingin Anda kunjungi bersama teman dan keluarga? (ds3)

Bagikan ke sosial media:

Recommended For You

desi3

About the Author: desi3

Seorang 'bibiliophile' yang jatuh cinta dengan Himalaya dan fans berat warna biru.~ travel to fulfill your soul ~

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

close