Fakta Unik Tentang Hari Musik Nasional Indonesia

Tahukah Anda kalau tanggal 9 Maret diperingati sebagai Hari Musik Nasional Indonesia?  

FEATURES, malangpost.id – Rasanya, hampir semua orang senang mendengarkan musik. Berkat kecanggihan teknologi, semua orang bisa mendengarkan musik dimanapun dan kapanpun.

Tidak hanya sebagai hiburan atau mengisi waktu, ternyata musik juga bermanfaat bagi kesehatan. Diantaranya bisa menenangkan hati, meredakan stres, hingga mengurangi rasa sakit.

Tapi, sepertinya tidak banyak yang tahu kalau tanggal 9 Maret adalah hari Musik Nasional di Indonesia. Hari Musik Nasional adalah sebuah simbol apresiasi untuk para pekerja musik di Tanah Air. Ada sederet fakta unik di balik perayaan Hari Musik Nasional, lho! Apa sajakah fakta uniknya?

Penetapan Hari Musik Nasional

Hari Musik Nasional ditetapkan pemerintahpada 9 Maret 2013 lalu melalui Keputusan Presiden Nomor 10 Tahun 2013. Meskipun baru ditetapkan pada 2013 silam, pencanangan Hari Musik Nasional sudah ada sejak tahun 2003 atas usulan dari Persatuan Artis Pencipta Lagu dan Penata Musik Rekaman Indonesia (PAPPRI).

Mengenang W.R. Supratman

Penetapan tanggal 9 Maret sebagai Hari Musik Nasional juga sebagai langkah untuk mengenang mendiang Wage Rudofl Supratman, pahlawan nasional yang menciptakan Lagu Kebangsaan Indonesia Raya.

Baca juga: Yuk Belajar Lagi Tentang Sejarah Hari Pahlawan Nasional

Meski begitu, penetapan Hari Musik Nasional masih menjadi perdebatan hingga kini. Pasalnya, masih ada perbedaan pendapat tentang tanggal lahir WR Supratman yang sebenarnya. Berdasarkan hasil penelusuran, beberapa ahli sejarah menyatakan kalau maestro musik tersebut lahir pada tanggal 19 Maret 1903.

Apresiasi untuk musisi Tanah Air

Pemerintah menetapkan Hari Musik Nasional sebagai upaya untuk meningkatkan apresiasi masyarakat terhadap musik Indonesia.

Selain itu, penetapan Hari Musik Nasional juga bertujuan bisa meningkatkan motivasi dan kepercayaan diri para insan musik Tanah Air untuk lebih  berprestasi sehingga bisa mengangkat derajat musik Indonesia di tingkat nasional, regional, maupun internasional.

Perayaan Hari Musik Nasional

Hari Musik Nasional yang dirayakan setiap tahun seringkali menjadi momentum untuk mengadakan berbagai acara atau konser musik yang seru.

Namun, dilansir dari antaranews, menurut pengamat musik Aldo Sianturi, peringatan seremonial Hari Musik Nasional di Indonesia masih tergolong rendah.

Lebih lanjut Aldo mengatakan, musik adalah sesuatu hal yang menyenangkan. Masyarakat tidak perlu harus merayakan Hari Musik Nasional secara seremonial. Sekedar memainkan musik atau menyebut nama musisi dan hasil karyanya juga sudah merupakan perayaan.

Peringatan Hari Musik Nasional

Terlepas dari perdebatan tanggal penetapan Hari Musik Nasional pada 9 Maret, yang terpenting adalah makna dan tujuan dari penetapan dan peringatan tersebut. Diharapkan karya musik dan seniman Indonesia bisa mendapatkan apresiasi lebih dan juga mampu berprestasi hingga tingkat internasional. Selamat mendengarkan musik favorit! (ds3)

Bagikan ke sosial media:

Recommended For You

desi3

About the Author: desi3

Seorang 'bibiliophile' yang jatuh cinta dengan Himalaya dan fans berat warna biru.~ travel to fulfill your soul ~

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

close