10 Tips Mengatasi Sibling Rivalry. Bagaimana Caranya?

Sibling Rivalry, bagaimana cara mengatasinya?.

PARENTING, malangpost.idDalam keluarga yang banyak anak atau lebih dari satu, pasti terdapat persaingan antar saudara. Entah kecil maupun besar, entah negatif maupun positif. Hal tersebut memicu pertengkaran antar kakak-adik walaupun hal tersebut dipicu oleh hal sepele.

Hal tersebut kebanyakan berkaitan dengan mainan, makanan, saling meledek, berselisih paham, maupun berusaha merebut hati orang tua. Itu yang biasa dirasa pada anak-anak. Sebagai orang tua harus adil yah!. Jika pertengkaran tersebut terjadi setiap hari, jangan mudah dikhawatirkan.

Anggap saja biasa. Papa dan Mama jangan pusing akan keadaan seperti itu. Karena senua ada solusinya dengan mengikuti tips-tips berikut, diantaranya:

1. Jangan Melihat atau Menyaksikan Pertengkaran Mereka

Orang tua tidak perlu menonton anak saat terjadi pertengkaran diantara mereka berdua. Hal tersebut agar tidak menyulut mereka untuk mencari perhatian anda. Semakin anda menyaksikan, maka mereka akan mencari perhatian dengan super dupernya. Agar tahu mana yang salah dan mana yang benar.

2. Jadilah Penengah yang Baik

Saat kakak maupun adik bertengkar, maka anda harus mengamati dulu permasalahannya, jadi bisa menganalisa dan tahu solusinya bagaimana (seperti apa). Terdapat aturan saat menyampaikan solusi kepada anak. Hal tersebut berkaitan dengan psikologi agar tidak salah paham.

3. Ajarkan Anak untuk Bernegoisasi

Saat usia anak bertambah, ajarkan mereka untuk bisa menyelesaikan masalah sendiri. Jadi mulai dini, ajarkan anak untuk tidak gampang bertengkar maupun berkelahi di usia yang semakin bertambah ini. kalau bisa sudah mulai bernegoisasi maupun berdiskusi secara sendiri (mandiri).

4. Alihkan Perhatian Mereka Papa Mama

Saat mereka (kakak-adik) sedang bertengkar, maka anda bisa mengalihkan perhatian mereka dengan cara yang lebih halus, misal meminta bantuan untuk mengerjakan hal lain dan lain sebagainya. Sehingga mereka pasti melupakan kejadian pertengkaran sebelumnya. Lebih baik ajak jalan-jalan atau nonton.

Tapi jangan terlalu sering yah. Ingat perasaan mereka yang perlu dilatih untuk mencari solusi. Jangan diabaikan karena dampaknya banyak. Papa Mama pasti tahu maksudnya.

5. Jangan Membela Salah Satu dari Mereka

Maksudnya apa?. Jangan membela jika belum tahu kebenaran dan solusi tepatnya. Intinya, ingat akan permasalahan jadi fokus ke hal tersebut dulu baru menemukan solusi. Ajak mereka berdiskusi adalah kunci utamanya.

6. Ajak Mereka untuk Bekerjasama dalam suatu Pekerjaan maupun Kegiatan

Saat mereka sudah baikan dan menemukan solusi, maka saran penulis langsung ajak mereka untuk berkegiatan bersama. Atau tunggu jeda dulu baru ajak mereka untuk bekerjasama. Seperti apa sih kerjasamanya?. Mulai dari masak bersama, berkebun bersama, dan lain sebagainya.

7. Buat Aturan secara Tegas

Jika sering bertengkar, akan lebih baik cari plan cadangan, diantaranya membuat aturan khusus secara tegas. Buatlah aturan secara tegas, berupa larangan-larangan dan sanksi jika melanggar hal tersebut. jangan sampai Sibling Rivalry berkelanjutan terus menerus yah!.

8. Berusaha untuk Adil maupun Bijak

Maksudnya apa?. Sibling Rivalry tidak akan semakin keruh jika orang tua bisa memberikan solusinya. Jadi, pintar-pintarnya Papa Mama mengambil tindakan yah. Salah satunya adalah anda harus adil maupun bijak.

9. Jangan Membanding-bandingkan Antar Anak. Itu Tidak Baik!

Menyama-nyamakan saja di waktu dan konteks yang tidak tepat membuat sakit. Apalagi jika membanding-bandingkan. Ingat, setiap anak mempunyai kelebihan masing-masing, jadi tidak bisa diperlakukan seperti itu.

10. Jangan Meremehkan Emosi Negatif Anak (Marah, Iri, dan Lain-lain)

Memang mudah untuk mendiamkan anak dengan melarangnya marah dengan tujuan agar permasalahan cepat selesai. Padahal?. Itu fatal loh Papa Mama. Apa itu?. Anda menjadi tidak pengertian terhadap anak dan menjadikan anak pasif, memendam semuanya sendiri.

Jangan sampai peran orang tua teralihkan ke lainnya. hati-hati. Itulah 10 tips yang bisa anda gunakan untuk mengatasi Sibling Rivalry. Semoga bermanfaat.

Bagikan ke sosial media:

Recommended For You

yuliartiselli

About the Author: yuliartiselli

Cewek dengan bintang Taurus ini suka berpetualang dan menjelajahi dunia maupun Indonesia, apapun itu. Berpetualang mencari jati diri dan jadi diri sendiri. Suka explore sendiri. Dan untuk dunia kepenulisan, dia sudah menggeluti selama 1 tahun lebih sebagai content writer di berbagai proyek.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

close