Ingin Bebas Mata Panda? Ikuti Tips Ampuh Berikut Ini!

Punya mata panda pasti membuat Anda merasa terganggu, bukan? Mau tahu tips alami menghilangkan kelopak mata hitam? Cek di sini yah!

TIPS & TRIK, malangpost.id – Bagi Anda yang kurang tidur atau sering kelelahan bisa jadi lingkaran mata yang menghitam atau mata panda kerap menghiasi wajah. Mata panda bisa mengganggu penampilan seseorang jadi terlihat tak segar. Tentunya Anda tak ingin hal ini terjadi, bukan? Terutama jika harus bertemu client dan menghadiri acara penting.

Mata panda yang disebabkan kurang tidur atau kelelahan bisa menyebabkan kulit menjadi pucat dan aliran darah di bawah kulit terlihat lebih kebiruan atau gelap.

Lingkaran hitam dan kantong mata di area mata juga bisa muncul seiring berkurangnya jumlah kolagen di kulit sekitar mata karena bertambahnya usia.

Lalu, bagaimana cara menghilangkan kelopak mata hitam alias mata panda ini dengan bahan alami? Berikut beberapa caranya.

1. Kompres dengan air dingin atau es

Cara pertama untuk menghilangkan kelopak mata hitam bisa dengan mengompres mata menggunakan air dingin atau es. Anda bisa mengompres mata dengan handuk bersih yang telah direndam air dingin. Selain air dingin, Anda bisa membungkus es dengan handuk atau lap bersih. Kompres mata sekitar 10-15 menit.

2. Irisan mentimun

tips alami menghilangkan kelopak mata hitam
Irisan mentimun untuk menghilangkan mata panda (foto: halodoc.com)

Tips alami menghilangkan kelopak mata hitam berikutnya yang bisa Anda coba yaitu dengan irisan mentimun. Mentimun diketahui mengandung air yang tinggi serta vitamin A, B, dan C, serta berbagai mineral seperti silicon, kalium, dan magnesium.

Kandungan ini baik untuk membantu mata terlihat lebih segar dan sehat. Caranya pun sangat mudah. Anda hanya perlu menempelkan irisan mentimun pada area mata (dalam keadaan tertutup) selama lebih kurang 30 menit. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, lakukan perawatan dengan irisan mentimun ini secara rutin.

3. Kantung teh celup

Apakah Anda membuang kantong teh celup usai membuat teh? Nah, ternyata kantung teh celup bisa dimanfaatkan untuk mencerahkan kantung mata hitam secara alami, lho!

Tannin pada kantung teh celup membantu mengurangi pembengkakan dan perubahan warna lingkar mata. Anda bisa menyimpan kantung teh semalaman di kulkas. Lalu gunakan di pagi hari dengan cara meletakkan kantung teh di atas mata (dalam keadaan terpejam) selama 10-15 menit.

4. Madu

Punya stok madu di rumah? Ini dia salah satu bahan alami yang bisa membantu menghilangkan mata panda. Madu memiliki kandungan untuk meregenerasi kulit yang membuatnya cerah kembali.

Caranya juga mudah, cukup oleskan madu pada kantung mata dan biarkan selama 20 menit. Setelahnya, bilas dengan air bersih. Lakukan di malam hari sebelum tidur untuk hasil yang maksimal.

5. Minyak almond atau zaitun

tips alami menghilangkan kelopak mata hitam
Minyak zaitun yang bagus untuk mencerahkan kulit (foto: shutterstock)

Salah satu tips alami menghilangkan kelopak mata hitam lainnya bisa menggunakan minyak almond atau zaitun. Minyak almond mengandung vitamin E yang akan menetralisir lingkar hitam di mata.

Minyak zaitun dikenal dengan manfaatnya untuk menghaluskan dan mencerahkan kulit. Antioksidan yang terkandung dalam minyak ini bisa digunakan untuk membantu mencerahkan kulit di bawah mata yang gelap.

Anda hanya perlu mengoleskan minyak almond atau zaitun pada bagian bawah mata yang menghitam menggunakan kapas. Lakukan secara rutin sebelum tidur di malam hari dan bersihkan saat bangun di pagi hari dengan air bersih.

Baca juga: Minyak Kayu Putih, Kandungan dan Segudang Manfaatnya!

6. Lidah buaya

Anda mungkin familiar kalau lidah buaya sering digunakan untuk produk kecantikan. Kandungan dalam lidah buaya seperti vitamin A, C, dan E dapat membantu menutrisi kulit dan memperbaiki kondisi kulit.

Anda bisa mengoleskan gel lidah buaya di bagian bawah mata sebelum tidur malam. Diamkan selama lebih kurang 15 menit lalu bilas dan bersihkan dengan air.

7. Jeruk nipis dan lemon

tips alami menghilangkan kelopak mata hitam
Jeruk nipis dan lemon (foto: Juicing for Health)

Terkenal memiliki kandungan vitamin c yang cukup tinggi, jeruk nipis dan lemon banyak digunakan di dunia kecantikan untuk mengatasi berbagai masalah kulit.

Anda juga bisa menggunakan lemon dan jeruk nipis untuk menghilangkan mata panda. Cukup dengan memotong jeruk nipis atau lemon lalu tempelkan pada kedua mata sekitar 10-15 menit.

Kulit segar tanpa mata panda

Itu tadi beberapa tips alami menghilangkan kelopak mata hitam alias mata panda. Selain caranya yang mudah, bahan-bahannya pun sangat sederhana dan mudah didapatkan. Untuk menghindari mata panda, Anda juga perlu perhatikan hal-hal lain seperti cukup beristirahat, kurangi konsumsi makanan dan minuman pemicu. Jangan lupakan juga olahraga secara rutin. Selamat mencoba tips di atas! (ds3)

Bagikan ke sosial media:

Recommended For You

desi3

About the Author: desi3

Seorang 'bibiliophile' yang jatuh cinta dengan Himalaya dan fans berat warna biru.~ travel to fulfill your soul ~

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

close