Mengenal Gadget Rumah Tangga Terbaru, Memasak Sehat Dengan Air Fryer

Anda menyukai gorengan, tapi ingin makanan yang lebih sehat? Bagaimana memasak sehat dengan air fryer?

TEKNOLOGI, malangpost.id – Makanan yang digoreng alias gorengan kerap menjadi menu sehari-hari hampir di setiap rumah tangga di Indonesia. Gorengan juga merupakan camilan favorit sebagian besar orang. Makanan yang digoreng disukai karena memiliki rasa yang gurih.

Meskipun begitu, makanan yang digoreng bisa memicu berbagai masalah kesehatan, diantaranya kolesterol, stroke, hingga kanker. Belakangan, air fryer kian populer dan menjadi incaran banyak orang, terutama mereka yang ingin mengonsumsi gorengan tanpa merasa bersalah.

Apakah air fryer?

Alat rumah tangga yang satu ini kini menjadi pilihan bagi orang yang ingin menerapkan gaya hidup sehat tanpa mengonsumsi makanan yang digoreng dengan banyak minyak (deep fried).

Alat rumah tangga yang sedang tren ini menawarkan kemudahan menggoreng makanan secara sehat dengan menggunakan sedikit minyak.

Walaupun bisa menggoreng tanpa banyak minyak, memasak dengan air fryer tetap bisa membuat makanan gurih dan renyah. Hasilnya, gorengan yang lebih minim lemak dan kalori dibandingkan dengan gorengan biasa.Tak pelak, air fryer kian populer beberapa waktu terakhir.

Bagaimana cara kerjanya?

Jika Anda belum tahu, alat rumah tangga ini bekerja menggunakan listrik dengan sistem sirkulasi udara panas di dalam perangkatnya. Panas air fryer bisa mencapai 200 derajat Celcius.

Alat rumah tangga ini bisa digunakan untuk menggoreng berbagai jenis makanan, seperti ayam, sayuran, kentang, dan beragam makanan beku.

Anda hanya membutuhkan sekitar 1 sendok makan minyak atau bahkan tidak sama sekali (tergantung jenis makanannya) untuk menggoreng. Lalu, minyak yang ada di dalam makanan akan dikeluarkan dan tersaring ke dasar wadah.

Apa saja manfaat air fryer?

Menggoreng menggunakan penggoreng elektrik ini diklaim memiliki beberapa manfaat, diantaranya:

  • Menurunkan kandungan lemak pada makanan karena hanya membutuhkan 1 sendok makan atau 15 ml minyak goreng (menggoreng cara konvensional membutuhkan 3 cangkir atau 750ml minyak goreng).
  • Selain rendah lemak, makanan yang digoreng dengan alat ini juga rendah kalori. Sehingga bisa membantu menurunkan berat badan.
  • Jika Anda penggemar sayuran atau seorang vegetarian, alat penggoreng yang satu ini bisa membantu menyiapkan menu makanan yang lebih bervariasi. Hasilnya sayuran jadi lebih renyah dan lezat
  • Lebih ramah lingkungan karena membutuhkan sedikit minyak. Artinya, limbah minyak bekas menggoreng jauh lebih sedikit.

Tips menggunakan air fryer

Memasak menggunakan penggorengan elektrik ini cukup mudah. Namun, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan agar proses memasak lebih optimal. Berikut diantaranya.

  • Keringkan makanan seperti kentang, ayam, dan daging agar tidak mengandung air sebelum digoreng. Air yang terkandung dalam bahan makanan sulit menghasilkan tekstur garing.
  • Pilihlah minyak yang dapat menahan suhu tinggi, seperti minyak zaitun, minyak sayur, atau canola.
  • Sebelum digunakan, panaskan alat terlebih dahulu. Hal ini akan membuat proses menggoreng jadi lebih cepat dan maksimal
  • Seperti yang bisa Anda lihat, ruang dalam air fryer cukup besar. Namun, hindari memasukkan bahan makanan terlalu banyak atau penuh. Jika terlalu banyak, tingkat kematangan menjadi tidak rata.
  • Walaupun hanya membutuhkan sedikit minyak, Anda tetap perlu memperhatikan takaran minyak. Umumnya minyak yang digunakan sebanyak satu hingga dua sendok makan untuk menggoreng. Atau, sama sekali tidak memerlukan minyak
  • Ini dia tips yang juga penting, bersihkan alat secara rutin. Anda bisa membersihkan bagian luar dengan menggunakan lap. Untuk bagian dalam bisa dibersihkan menggunakan spons cuci piring yang lembut dan air hangat. Gunakan sikat gigi dengan bulu yang lembut untuk bagian yang sulit dibersihkan. Setelah dibersihkan, keringkan dengan kain lap bersih.

Itu tadi informasi mengenai alat rumah tangga terbaru, air fryer. Alat ini diklaim memiliki banyak manfaat  dan menghasilkan makanan yang lebih sehat. Anda hanya membutuhkan sedikit minyak, sehingga kandungan lemak dan kalorinya pun lebih sedikit. Jadi, siap mencoba alat rumah tangga keren ini? (ds3)

Bagikan ke sosial media:

Recommended For You

desi3

About the Author: desi3

Seorang 'bibiliophile' yang jatuh cinta dengan Himalaya dan fans berat warna biru.~ travel to fulfill your soul ~

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

close