10 Cara Menjaga Kesehatan Mental Di Masa Pandemi

Mental Health. What about That?

KESEHATAN, malangpost.idPandemi tidak hanya berdampak pada perekonomian saja, tetapi juga berdampak pada keadaan kondisi psikis dan fisik seseorang. Kondisi mental sudah pasti ada. Apalagi sekarang ada aturan new normal dan protokol kesehatab. Tambah?.

Kondisi tersebut akan semakin parah dengan banyak perubahan yang terdampak pada berbagai aspek. Jika kita selaku manusia tidak bisa mengatasinya, maka alamat anda akan mengalami depresi kepanjangan sampai-sampai mempengaruhi kesehatan, pasti.

Untuk itu, mari kita bahas bagaimana pentingnya menjaga kesehatan di era pandemi ini, diantaranya:

1. Lakukan Aktivitas Fisik

Lakuan olahraga ringan seperti olahraga lari, dan lain sebagainya. Hal itu bisa menenangkan hati anda serta pikirannya. Hal tersebut mempengaruhi pada rasa yang lebih baik lagi. Contoh lain yang bisa dicoba adalah dengan melakukan yoga, latihan pernapasan, peregangan otot, dan lainnya.

2. Tetap Konsumsi Makanan Bergizi yang Seimbang

Pola makan yang tidak hanya diatur secara teratur, tetapi juga harus dijaga gizinya secara seimbang. tubuh yang sehat pasti akan mempengaruhi mental yang baik juga. Walaupun tidak secara langsung, pastinya membuat anda semakin merasa baik lagi.

3. Jauhkan dari Kebiasaan Buruk

 Jauhkan diri dari kebiasaan yang buruk, semisal malas-malasan, makan tidak teratur, pola tidur yang salah, tidak produktif, dan lain sebagainya. Anggap saja dengan menyibukkan diri ke hal yang positif menambah pahala anda dalam berkehidupan.

4. Manjakan Diri Sendiri

Namanya diri sendiri juga perlu qtime. Iya, dengan waktu sendiri anda bisa mencharge lagi dan mengecas lagi agar semangat dalam menjalani kehidupan. Anda juga disarankan untuk membuat rutinitas secara favorit (yang anda suka). Hal itu penting dalam mengembalikan mood.

5. Bijaklah dalam Menerima Informasi

Berita-berita megenai pandemi semakin marak, dan dengan itu muncullah berita yang hoax atau palsu. Hal tersebut tidak banyak mendapatkan respon positif. Memunculkan pikiran-pikiran negatif yang membuat overthinking berkepanjangan. Bisa jadi. Pilah-pilah yah.

6. Habiskan Waktu Bersama Keluarga maupun Orang Tersayang

Di waktu keseharian anda, luangkan waktu untuk memberikan kebahagiaan kepada orang-orang terdekat maupun tersayang, semisal orang yang kita cintai maupun kita sayang. Kenapa?. Karena itu juga berdampak positif bagi kita loh. Ada perasaan lega dan tenang disana.

7. Berceritalah

Saat kita sendiri, kita akan berpikiran sendiri dan membuat full sehingga menyebabkan overthinking. Tenang, bagi anda yang hidup sendiri bisa berbicara secara sendiri. Jangan sampai diam saja sampai dipendam dalam pikiran sendiri tanpa berkata. Dipastikan hal tersebut jadi stress.

8. Batasi Konsumsi Alkohol

Aslinya tidak boleh yah, tetapi masih saja ada yang mengonsumsi ini. alasannya bisa jadi untuk meredakan suatu hal. Padahal ternyata dampaknya banyak dan bisa berkepanjangan. Cari pertolongan ke pihak profesional jika sudah terlalu. Takut ada apa-apa siapa yang tanggung?.

9. Konsumsi Buah dan Sayur

Selain makanan yang bergizi, anda juga harus mengonsumsi buah maupun sayuran. Sebagai penyeimbang agar tubuh tidak apa-apa alias sehat. selain mengandung banyak vitamin, mineral, maupun gizi, buah dan sayuran juga berpengaruh pada metabolism tubuh.

10. Lakukan Hobi Yuk!

Ini yang penting, karena semakin bahagia seseorang maka terindikasi terpenuhinya apa yang ia inginkan dan yang dicapai. Apalagi pekerjaan sesuai hobi, maka akan menjadi hal yang menyenangkan selalu. Boring pasti ada, tetapi cuma sementara.

Itulah 10 cara untuk menjaga kesehatan selama pandemi yang penting untuk dipertahankan. Semoga bermanfaat.

Bagikan ke sosial media:

Recommended For You

yuliartiselli

About the Author: yuliartiselli

Cewek dengan bintang Taurus ini suka berpetualang dan menjelajahi dunia maupun Indonesia, apapun itu. Berpetualang mencari jati diri dan jadi diri sendiri. Suka explore sendiri. Dan untuk dunia kepenulisan, dia sudah menggeluti selama 1 tahun lebih sebagai content writer di berbagai proyek.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

close