Apa Saja Persiapan Menyambut Bulan Suci Ramadhan?

Menyambut Bulan Suci Ramadhan          

FEATURES, malangpost.idRamadhan merupakan bulan yang berkah dan pahalanya dilipatgandakan disana. Bulan ini juga ditunggu-tunggu olah kaum muslim kebanyakan. Bulan Ramadhan merupakan bulan kesembilan dalam tanggal Hijriyah.

Ibadah puasa ditunaikan disini selama 1 bulan. Dalam menyambut bulan ini, banyak yang sedang mempersiapkan sesuatu untuk menunjang selama ibadah. Mulai dari makanan, kesiapan mental, dan lain sebagainya.

Berikut ini persiapan yang perlu anda punya, diantaranya:

1. Perkuat Iman Anda

Ini merupakan persiapan dasar bagi setiap orang saat menyambut puasa. Tidak hanya saat puasa saja, setiap waktu kita harus perkuat iman. Latihlah diri dalam mengendalikan dari kebiasaan-kebiasaan buruk, apalagi yang membatalkan puasa.

2. Persiapan Fisik dan Jasmani

Anda sangat dianjurkan untuk berbuat kebaikan di bulan ini, sehingga mendapat pahala yang setimpal. Dengan adanya puasa, anda juga harus dituntut untuk tahan fisik dan mental. Jangan lupa kondisi jasmani juga perlu.

3. Perdalam Ilmu dan Pengetahuan Agama

Anggap saja bulan puasa bisa menjadi ajang untuk berbenah diri agar semakin baik dengan Allah dan dekat dengan-Nya. Pelajari agama lebih dalam juga perlu, untuk bekal di akhirat nanti. Tepatya surga. Perbanyak bacaan, dekat dengan forum Islam, ikut dakwah, dan lain sebagainya.

4. Persiapan Amal dan Materi

Persiapan amal otomatis ada disini, dan persiapan materi juga pasti tidak terlewat. Kebutuhan Ramadhan bisa dibilang cukup meningkat dan harga-harganya cukup melonjak. Ada zakat dan bersedekah lainnya yang bisa menambah pahala dan lain sebagainya.

5. Persiapan Kebutuhan Ramadan Sehari-hari

Sudah pasti yah, anggap saja seperti kebutuhan sehari-hari. Tetapi bedanya, di bulan puasa ini menunya lebih diistimewakan dan banyak para pedagang makanan yang siap memberikan hidangan menu bermacam-macam untuk keperluan anda (terutama perut).

6. Membersihkan Lingkungan Sekitar

Biasanya kalau gabut atau di masa pandemi ini pastinya semua kegiatan kebanyakan di rumah. Oleh karena itu, agar anda tidak stress dan produktif maka mulailah membersihkan lingkungan sekitar. Mulai dari rumah, selokan gang, dan lain sebagainya.

7. Persiapan Mental Anda

Seperti ulasan penjelasan sebelumnya (di atas), kita perlu menyiapkan mental juga. Apalagi di era pandemi ini yang banyak memunculkan pikiran-pikiran negatif jika tak terkontrol. Sambutlah bulan Ramadhan dengan bersih dan tulus hati. Karena ikhlas mendatangkan kebaikan.

8. Termotivasi untuk Menghapus maupun Mengurangi Dosa

Iya, yang namaya hidup pasti banyak naik turunnya. Begitu juga dengan iman. Bersyukur dan memuji Allah adalah salah satu cara agar selalu ingat dengan-Nya. Selain itu terus berdoa dan dekat dengannya adalah salah satu cara agar doa kita bisa diampuni maupun dihapus.

9. Persiapkan Perlengkapan Ibadah

Hal yang tidak kalah penting dalam menunjang ibadah anda agar diterima oleh Allah adalah dengan mempersiapkan perlengkapan ibadah. Persiapan mulai dari sajadah, sarung, peci, tasbih, mukena, dan lain sebaginya. Pastikan bersih yah saat dipakai.

10. Banyaklah Berbuat Baik

Anggap saja dalam berbuat baik jangan minta pahalanya, tetapi memang niat melakukan kebaikan untuk diri sendiri. Dengan melakukan hal kebaikan ke orang merasa bahagia kan?. merasa lega?. Iya sekali. Karena dengan menolong orang kita menjadi merasa berguna.

Itulah 10 hal yang perlu dipersiapkan di bulan Ramadhan ini. semoga bermanfaat.

Bagikan ke sosial media:

Recommended For You

yuliartiselli

About the Author: yuliartiselli

Cewek dengan bintang Taurus ini suka berpetualang dan menjelajahi dunia maupun Indonesia, apapun itu. Berpetualang mencari jati diri dan jadi diri sendiri. Suka explore sendiri. Dan untuk dunia kepenulisan, dia sudah menggeluti selama 1 tahun lebih sebagai content writer di berbagai proyek.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

close