Tips Mengatasi Ambeien Ringan Setelah Melahirkan

Anda menderita ambeien ringan pasca melahirkan? Simak tips mengatasi ambeien setelah melahirkan di sini!

TIPS dan TRIK, malangpost.id – Ambeien merupakan kondisi yang cukup banyak dikeluhkan wanita yang baru melahirkan secara normal. Kondisi ini terjadi karena peningkatan hormon progesteron selama kehamilan yang menyebabkan pembengkakan di dubur. Pembengkakan akan membesar ketika proses persalinan berlangsung.

Biasanya, wasir disertai dengan rasa nyeri, gatal, dan kadang mengeluarkan darah saat buang air besar. Jangan khawatir! Biasanya ambeien akan hilang dalam waktu 1-2 minggu.

Baca juga: Atasi Rambut Rontok Saat Menyusui Dengan Cara Ini

Namun, Anda bisa mengatasi ambeien dengan tips di bawah ini untuk mengurangi rasa tidak nyaman yang muncul.

1. Berendam air hangat

Salah satu tips untuk mengatasi ambeien setelah melahirkan adalah dengan berendam air hangat. Anda bisa mencoba dengan fokus terutama area dubur dan berendam 2-4 kali dalam sehari agar ukuran ambeien menyusut.

2. Gunakan alas empuk untuk duduk

Jika mengalami ambeien setelah melahirkan, disarankan untuk menghindari duduk di kursi langsung. Terutama kursi dengan permukaan yang keras. Sebaiknya gunakan alas empuk atau bantal untuk mengurangi tekanan pada rektum.  Duduk di kursi malas, kursi goyang, atau berbaring juga bisa membuat Anda lebih nyaman. Hindari juga duduk dan berdiri terlalu lama untuk mengurangi tekanan pada rektum.

3. Konsumsi makanan berserat

Ambeien bisa juga disebabkan sembelit, yang juga jadi salah satu keluhan ibu hamil dan ibu yang baru melahirkan. Untuk menghindari sembelit, konsumsi makanan tinggi serat, seperti sayuran, buah-buahan, kacang-kacangan, dan biji-bijian.

Juga, penuhi asupan cairan sebanyak 8-10 gelas perhari. Serat dan cairan bisa membantu mencegah sembelit dan membuat buang air besar lebih lancar. Sehingga tidak memperburuk kondisi ambeien.

4. Kompres dengan es

Selain berendam dengan air hangat, cara lain dengan mengompres area yang bengkak dengan es yang dibalut kain setidaknya selama 10 menit. Anda bisa melakukannya beberapa kali dalam sehari. Es akan membantu mengurangi rasa tidak nyaman dan pembengkakan.

5. Olahraga

Tips berikutnya untuk mengatasi ambeien setelah melahirkan, Anda bisa melakukan olahraga secara teratur. Olahraga teratur bisa membantu melancarkan pencernaan. Cobalah untuk melakukan senam kegel yang bisa membantu meningkatkan sirkulasi darah di area dubur. Selain itu, senam kegel juga memperkuat otot-otot di sekitar anus yang bisa membantu mengurangi ambeien setelah melahirkan.

Baca juga: Ini Manfaat Olahraga Zumba Secara Rutin!

6. Konsumsi obat

Jika dirasa perlu, Anda bisa minum obat yang bisa digunakan untuk mengatasi ambeien setelah melahirkan. Konsultasikan dengan dokter sebelum memilih obat, misalkan salep atau supositoria. Anda juga bisa tanyakan berapa lama pemakaian obat tersebut.

Itu tadi beberapa tips mengatasi ambeien setelah melahirkan. Jika kondisi tidak kunjung membaik, Anda bisa berkonsultasi dengan dokter untuk penanganan dan pengobatan lebih lanjut. (ds3)

Bagikan ke sosial media:

Recommended For You

desi3

About the Author: desi3

Seorang 'bibiliophile' yang jatuh cinta dengan Himalaya dan fans berat warna biru. ~ travel to fulfill your soul ~

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

close