Manfaatkan Google Classroom Di Masa Pandemi

Selama pandemi, pembelajaran secara daring semakin meningkat. Ada banyak manfaat Google Classroom untuk proses belajar mengajar

TEKNOLOGI, malangpost.id – Dengan adanya pandemi Covid-19, pemerintah meminta masyarakat untuk mengurangi dan membatasi aktivitas dan kegiatan di luar rumah untuk mengurangi resiko penyebaran virus Corona. Karenanya, banyak perusahaan swasta dan instansi pemerintah yang menerapkan work from home (WFH).

Begitu juga dengan kegiatan belajar mengajar. Pemerintah menetapkan pembelajaran jarak jauh secara online (daring). Meski mengalami banyak kendala dalam metode daring, namun teknologi seperti Google Classroom menjadi solusi untuk proses belajar mengajar. Bahkan, aplikasi ini menjadi andalan para pengajar dan siswa.

Fitur Google Classroom

Ditambah lagi dengan banyaknya fitur penunjang, seperti Google Drive, Google From, Google Meet, Google Docs, dan Gmail, Google Classroom semakin nyaman untuk dimanfaatkan selama sekolah daring.

Berikut beberapa fitur yang bisa digunakan guru dan murid dalam berinteraksi secara online

  • Material : fitur untuk memberikan materi pembelajaran, seperti modul, pdf, atau video
  • Assignment : fitur untuk memberikan tugas (mengerjakan soal, membuat rangkuman, dan lainnya)
  • Quiz Assignment : guru bisa membuat soal latihan atau ujian dengan menggunakan Google form
  • Question: fitur yang mirip dengan Assignment, dimana guru bisa memberikan pertanyaan untuk siswa

Manfaat Google Classroom

Untuk mendapatkan hasil pembelajaran yang maksimal, teknologi memberikan manfaat dalam membantu proses belajar mengajar selama pandemi.

Baca juga: Tunda Sekolah Anak Karena Pandemi? Pertimbangkan Hal-hal Berikut Ini!

Apa saja kegunaan dan manfaat dari Google Classroom untuk pembelajaran daring? Berikut beberapa diantaranya.

Menjadwalkan tugas

Para guru dan pendidik sangat terbantu dengan adanya Google Classroom untuk mengatur penjadwalan tugas dengan terperinci. Guru bisa membuat kelas, memberikan tugas, serta melakukan penilaian secara daring tanpa menggunakan kertas.

Diskusi dalam kelas

Meskipun belajar secara daring, guru tetap bisa berinteraksi dengan murid secara langsung. Selain memberikan tugas, guru bisa memberikan instruksi, melakukan diskusi, serta memberikan sesi tanya jawab.

Memberi materi tambahan

Selain memberikan tugas dan melakukan penilaian, Google Classroom juga bisa dimanfaatkan untuk memberikan materi tambahan. Materi yang diberikan bisa materi tertulis dalam kurikulum, dalam bentuk file power point, atau video.

Menyimpan data

Dengan Google Classroom, semua materi, hasil, dan laporan pembelajaran bisa disimpan dalam satu lokasi. Guru dapat menyimpan materi pelajaran dan jadwal kegiatan tahun ajaran dalam cloud file. Murid juga bisa melihat tugas-tugas dan nilai dalam aplikasi ini. Jadi, sangat kecil kemungkinan dokumen atau penilaian yang hilang.

Di tengah pandemi Covid-19 ini, Google Classroom menjadi aplikasi pilihan yang banyak digunakan oleh lembaga pendidikan untuk menunjang pembelajaran daring. Para siswa tidak perlu keluar rumah, namun kegiatan belajar mengajar dan interaksi dengan peserta kelas serta guru bisa tetap dilakukan karena aplikasi ini bisa diakses kapan saja dan di mana saja. (ds3)

Bagikan ke sosial media:

Recommended For You

desi3

About the Author: desi3

Seorang 'bibiliophile' yang jatuh cinta dengan Himalaya dan fans berat warna biru. ~ travel to fulfill your soul ~

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

close