Mencegah Modus Phising Mention dan Tag di Facebook

Modus Phising

TEKNOLOGI, malangpost.idAwas, sekarang tagar dan mention di sosmed disalahgunakan, salah satunya di Facebook. Banyak yang menyalahgunakan dengan meretas akun orang dan digunakan hal-hal yang tidak berguna seperti video-video porno, dan lain sebagainya.

Lebih bahaya lagi, jika hal tersebut meretas akun pribadi anda beserta datanya dan bisa-bisa anda akan rugi dalam dunia sosial anda di sosmed. Pastinya jika anda menerima tagar yang bukan dari teman akun anda, lebih baik jangan dibuka apalagi disuruh mengisi data-data pribadi. Itu sama saja dengan meretas.

Berikut ini cara mencegah agar anda tidak terkena modus Phising mention dan tag, diantaranya:

1. Jangan Marah-marah

Kadang jika kita ada suatu hal yang tidak disuka langsung marah-marah dan tidak jelas tujuannya apa. Padahal kita harus lebih ke solusi. Jangan dahulukan marahnya, kita dahulukan bagaimana caranya agar tidak terkena phising lagi. Cek akun anda apakah sudah aman dengan menu keamanan yang sudah ada?.

2. Apalagi sampai Buat Status di Media Sosial yang Pengikutnya Banyak

Bukan malah simpati sih, cuma lebih ke percuma. Anda sama saja memperlihatkan bahwa diri anda lemah dengan hal yang seperti itu dan aslinya bisa diatasi. Curhat boleh, tapi jangan di lingkup yang besar karena mengingat, mencegah hal-hal yang tidak diinginkan.

3. Gunakan Status yang Baik dan Mengarah pada Kebaikan, Pencegahan

Maksudnya apa?. Dengan anda membuat status tentang bahaya phising di sosmed sudah menggambarkan anda bahwa peduli pada orang lain dan diri anda sendiri. Dengan kata-kata baik pasti diterima oleh orang banyak.

Hal tersebut mencegah jika akun anda sudah teretas anda tidak perlu khawatir, karena anda secara tidak langsung sudah memberi caution ke teman medsos anda bahwa itu bukan saya (dari info phising yang anda berikan).

4. Bagaimana Cara Mengatasinya?

Berikut ini cara mengatasi lewat aplikasi Facebook di HP maupun di website, diantaranya:

1. Buka aplikasi Facebook di mobile anda atau web.

2. Kemudian akses langsung ke Pengaturan (Settings).

3. Di halaman Pengaturan, cari dan klik menu Linimasa dan Penandaan (Profile and Tagging).

4. Cari tab “Tinjau atau Reviewing”, kemudian klik menu.

5. Aktifkan opsi “Peninjauan” masing-masing tanda.

6. Akhirnya selesai deh, anda bisa mendapatkan notifikasi saat ada akun yang menandai anda dan otomatis anda bisa mengelola atau mengaturnya sebelum tag atau mention itu masuk.

7. Biasanya berupa notifikasi persetujuan sesuai pertimbangan. Good Luck.

5. Cara Lain Bagaimana?

Cara lain gampangnya bisa dilihat berikut ini:

1. Buka aplikasi Facebook di HP atau website anda.

2. Klik menu yang ada lambang titik tiganya di pojokan kanan atas, kemudian klik Pengaturan Notifikasi.

3. Kemudian, klik Tanda.

4. Pilih “dapatkan pemberitahuan jika Anda ditandai oleh Teman”.

5. Selesai.

6. Sebelumnya, Anda Harus Tahu Apa Itu Phising

Phising adalah upaya dalam mendapatkan data informasi seseorang dengan melakukan teknik pengelabuan. Data yang menjadi sasaran Phising diantaranya data pribadi (bisa nama, usia, alamat, dan lain-lain), data akun (berupa username dan password), dan data finansial.

Data finansial tersebut bisa data kartu kredit, rekening, dan lain-lain. Jadi hati-hati yah!. Secara pengertian, Phising berasal dari kata Fishing (memancing). Sehingga tujuannya memamcing orang agar mendapat data yang diinginkan.

Biasanya pelaku Phising menyamar sebagai pihak atau institusi yang berwenang. Kerjanya, menggunakan website atau email palsu. Walaupun begitu, pihak Phising mencoba terlihat meyakinkan agar dapat korban yang ditarget.

Jadi hati-hati yah. Tidak hanya dalam hal ini saja, Phising juga dilakukan dalam berbagai hal dan dalam berbagai cara. Waspada, tetap waspada!.

Bagikan ke sosial media:

Recommended For You

yuliartiselli

About the Author: yuliartiselli

Cewek dengan bintang Taurus ini suka berpetualang dan menjelajahi dunia maupun Indonesia, apapun itu. Berpetualang mencari jati diri dan jadi diri sendiri. Suka explore sendiri. Dan untuk dunia kepenulisan, dia sudah menggeluti selama 1 tahun lebih sebagai content writer di berbagai proyek.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

close