Apa Itu Work Life Balance? Dan Bagaimana Cara Mencapainya? Cek Disini

KARIR, malangpost.id – Memiliki keseimbangan kehidupan (work life balance) antara urusan pribadi dan pekerjaan bisa jadi merupakan cita-cita kebanyakan pekerja.

Keseimbangan kehidupan menjadi penting agar seorang karyawan punya motivasi kerja yang baik, akrab dengan sesama rekan kerja maupun atasan, serta cenderung tidak mudah stres.

Tentang work life balance

Apa itu work life balancing? Sebagai seorang pekerja, Anda mungkin pernah merasa kurang memiliki waktu untuk diri sendiri atau bersama keluarga karena padatnya pekerjaan.

Keseimbangan kehidupan adalah keadaan dimana individu bisa mengatur keseimbangan antara kehidupan pekerjaan dengan kehidupan pribadi (termasuk diri sendiri dan keluarga) sehingga tidak terjadi konflik.

Keseimbangan dalam hidup yang baik akan memberikan dampak positif untuk kesehatan, kesejahteraan, dan kemampuan diri.

Bagaimana cara mencapai work life balance?

Terlalu larut dalampekerjaan mau pun menghindari pekerjaan terus menerus dalam jangka panjang bisa memberikan dampak negatif untuk seorang pekerja.

Diantaranya adalah hubungan antar rekan kerja kurang nyaman bahkan bisa merusak hubungan kerja antar karyawan.

Ada beberapa tips agar seorang pekerja bisa mencapai keseimbangan kehidupan. Berikut informasinya

Aturlah jam kerja

Agar pekerjaan selesai tepat waktu, Anda dituntut untuk bekerja cepat. Untuk efisiensi waktu, mulailah membuat catatan tentang pekerjaan satu persatu. Catatan daftar pekerjaan bisa membantu agar pekerjaan bisa dilakukan tepat waktu tanpa ada yang terlewat.

Kurangi sifat perfeksionis

Seorang perfeksionis menginginkan semua hal secara sempurna. Namun, terkadang sifat perfeksionis bisa membuat seseorang tidak memiliki work life balance Melakukan yang terbaik tanpa harus sempurna atau sedikit kesalahan adalah hal yang wajar.

Belajar katakan ‘tidak’

Ada kalanya, seorang pekerja merasa sulit menolak atau mengatakan tidak pada orang lain. Terutama bagi mereka yang sering merasa tidak enakan. Nyatanya, untuk mendapatkan work life balance, sesekali perlu mengatakan tidak. Terutama jika memiliki pekerjaan yang menumpuk.

Tentukan prioritas

Bisa jadi, sebagian besar pekerja berpikir untuk bekerja keras dan lebih keras. Namun, bekerja secara bisa pintar lebih mudah membantu seseorang dalam pekerjaan. Mengatur prioritas merupakan salah satu cara pintar dalam bekerja.

Buatlah prioritas pekerjaan dan gabungkan dengan pekerjaan yang bisa dilakukan dalam satu waktu. Atau mendelegasikan beberapa pekerjaan kepada orang lain. Dengan begini, work life balance bukan hal yang mustahil untuk didapat.

Keluar dari zona nyaman

Pekerjaan dan hal-hal yang dilakukan secara rutin membuat seseorang berada di zona nyaman. Namun, terkadang seseorang tidak menyadari suatu perubahan bisa membuat hidup lebih baik. Misalnya, Anda sulit mencari barang-barang karena kondisi meja dan rumah yang tidak teratur.

Cobalah untuk membereskan meja kerja atau lingkungan yang berantakan untuk mendapatkan perubahan. Mungkin terlihat sepele, namun ini bisa memberikan dampak yang positif.

Dengan work life balance seseorang bisa lebih produktif dan terhindar dari stres. Jika Anda ingin mendapatkannya, cara-cara di atas bisa Anda coba untuk mendapatkan keseimbangan kehidupan. Selamat mencoba! (ds3)

Bagikan ke sosial media:

Recommended For You

desi3

About the Author: desi3

Seorang 'bibiliophile' yang jatuh cinta dengan Himalaya dan fans berat warna biru. ~ travel to fulfill your soul ~

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

close