Tips Mengelola THR Secara Bijak, Cek Di Sini!

Ketahui tips mengelola THR agar tidak sekedar lewat

TIPS DAN TRIK, malangpost.id – Menjelang Hari Raya Idul Fitri biasanya menjadi waktu yang dinanti-nantikan sebagian besar karyawan. Karena saat Lebaran, umumnya para karyawan mendapat Tunjangan Hari Raya (THR). Tak jarang, banyak yang sudah merencanakan alokasi anggaran dana tersebut.

Bagi sebagian orang, THR menjadi pendapatan ekstra yang digunakan untuk keperluan hari raya dan juga keperluan mendadak. Seringkali, uang THR yang diterima ludes begitu saja tanpa tersisa.

Buat Anda yang ingin bijak dalam memanfaatkan uang THR, berikut beberapa tips mengelola THR.

Siapkan daftar pengeluaran

Sebaiknya Anda memisahkan gaji bulanan dengan THR. Tentukan tujuan penggunaan THR dan pengeluaran rutin secara terpisah.

Anda bisa membuat daftar pengeluaran yang harus dibayarkan dari uang THR. Dengan daftar ini, Anda mempunyai catatan yang jelas agar tidak meleset dan menghabiskan uang yang seharusnya tidak perlu.

Baca juga: 5 Tips Mendapatkan Sumber Penghasilan Baru Setelah Resign

Buat skala prioritas

Hari Raya menjadi momen kebahagiaan yang selalu dinantikan. Tak heran, sebagian besar ingin menyiapkan yang terbaik untuk segala keperluan Lebaran. Namun, Anda juga perlu membuat skala prioritas mana saja pos-pos pengeluaran yang harus diutamakan.

Contohnya, jika mempunyai hutang, sebaiknya utamakan untuk membayar seluruh atau setidaknya hutang tersebut. Dengan membayarkan hutang, setidaknya akan mengurangi beban keuangan rutin.

Gunakan untuk kebutuhan keluarga

Pendapatan THR bisa Anda alokasikan untuk keperluan penting keluarga, misalnya uang sekolah dan dana darurat.  Dengan menyisihkan bagian untuk kesehatan dan pendidikan, Anda memiliki tabungan jika suatu saat diperlukan.

Sisihkan untuk beramal

Menjelang Lebaran, bagi umat muslim wajib membayar zakat fitrah. Anda bisa memasukkan pos pembayaran zakat dari uang THR sehingga tidak mengganggu cashflow gaji bulanan.

Selain itu, di bulan puasa yang penuh berkah, Anda bisa juga menyisihkan sebagian THR untuk bersedekah dan berinfaq.

Alokasikan dana untuk investasi

Selain mengalokasikan dana THR untuk kesehatan dan pendidikan, Anda juga bisa menyisihkan sekitar 20% THR untuk investasi.

Ada beberapa pilihan investasi yang bisa dipilih, seperti deposito dan reksa dana. Hasil dari investasi bisa digunakan untuk keperluan di masa depan, misalkan membayar sekolah dan liburan.

Perlunya mengelola THR secara bijak

Itu tadi beberapa tips mengelola THR secara bijak yang bisa dicoba agar lebih bermanfaat. Hindari menghabiskan dana untuk kebutuhan yang bersifat konsumtif. Dengan membuat catatan tentang rencana alokasi, Anda bisa memprioritaskan kebutuhan yang benar-benar harus diutamakan. (ds3)

Bagikan ke sosial media:

Recommended For You

desi3

About the Author: desi3

Seorang 'bibiliophile' yang jatuh cinta dengan Himalaya dan fans berat warna biru. ~ travel to fulfill your soul ~

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

close