Pelajari Tips dan Trik Berinvestasi Emas Bagi Pemula

Sebelum memilih emas untuk investasi, ketahui dulu tips berinvestasi emas bagi pemula

TIPS DAN TRIK, malangpost.id – Salah satu keuntungan investasi adalah bisa menjamin masa depan yang lebih baik. Berinvestasi dalam berbagai bentuk sangat disarankan selagi punya penghasilan tetap dan sebaiknya dilakukan sejak dini.

Ada beragam bentuk investasi, mulai dari deposito, saham, tanah, dan emas. Investasi dalam bentuk emas merupakan salah satu pilihan yang paling aman dibandingkan instrumen investasi lainnya. Emas cenderung punya nilai yang lebih stabil dalam jangka panjang dan mudah dijual dengan cepat.

Karenanya, emas menjadi salah satu pilihan investasi yang tepat, terutama untuk yang baru memulai investasi.

Berikut beberapa tips investasi emas yang bisa diterapkan untuk pemula.

Tentukan tujuan dan buat rencana

Sebelum mulai berinvestasi, sebaiknya Anda menentukan tujuan untuk memilih emas sebagai instrumen investasi. Dengan memiliki tujuan, Anda bisa menyusun rencana dalam berinvestasi untuk mencapai tujuan tersebut.

Contohnya, Anda ingin menyiapkan biaya pernikahan atau persiapan dana pendidikan sepuluh tahun lagi. Setelah memiliki tujuan khusus yang jelas, tentukan berapa banyak emas yang perlu dikumpulkan untuk tujuan tersebut.

Baca juga: Ingin Investasi di Fintech? Kenali Lembaga Fintech Terpercaya di Indonesia

Perhatikan kondisi keuangan

Salah satu tips berinvestasi emas adalah dengan memperhatikan kemampuan finansial. Anda harus memiliki dana lebih yang bisa dialokasikan untuk berinvestasi untuk penggunaan masa depan.

Berinvestasi tidak boleh mengorbankan semua penghasilan, bahkan berhutang dalam berinvestasi untuk mendapatkan keuntungan. Setidaknya Anda harus memiliki dana cadangan darurat untuk menutup pengeluaran tak terduga sebelum mulai berinvestasi.

Perhatikan waktu investasi

Investasi emas akan memberikan keuntungan dalam jangka waktu menengah panjang atau setelah lima tahun. Untuk tips berinvestasi emas berikutnya adalah dengan rajin memantau harga emas di pasaran. Tak hanya itu, Anda juga perlu mempelajari tren pergerakan harga emas di pasaran.

Baca juga: Harga Emas Melonjak Tinggi di Masa Pandemi? Jual Atau Beli?

Dengan mengetahui hal ini, Anda bisa menentukan waktu yang tepat untuk menjual atau membeli emas agar mendapat keuntungan yang optimal. Membeli emas saat harga sedang turun dan menjual ketika naik merupakan waktu yang tepat untuk berinvestasi.

Pilih jenis investasi emas yang sesuai

Logam mulia disarankan untuk investasi emas bagi pemula karena cocok dipakai sebagai simpanan masa depan dan lebih menguntungkan.

Hal ini karena emas logam mulia memiliki harga jual yang cenderung tinggi dibandingkan dengan perhiasan emas yang cenderung lebih rendah jika dijual lagi.

Perhiasan lebih murah saat dijual lagi karena dipengaruhi beberapa faktor, diantaranya jumlah karat, model, penurunan harga, dan biaya pembuatan.

Itu tadi tips berinvestasi emas bagi pemula yang perlu diperhatikan. Merupakan investasi yang terbilang aman, emas juga cenderung lebih mahal jika dijual kembali. Jadi, siap menyisihkan dana untuk memulai investasi emas? (ds3)

Bagikan ke sosial media:

Recommended For You

desi3

About the Author: desi3

Seorang 'bibiliophile' yang jatuh cinta dengan Himalaya dan fans berat warna biru. ~ travel to fulfill your soul ~

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *