Rumahmu Berdebu? Ini 7 Tanaman Hias Indoor Penyerap Debu

Ini dia tanaman hias penyerap debu cocok untuk di dalam rumah

HOBBY, malangpost.id – Apakah Anda termasuk yang mengira kalau udara di dalam rumah lebih bersih dibandingkan di luar rumah? Jangan salah, ternyata udara di dalam rumah lebih kotor dari yang kita sangka, lho!  

Debu dalam rumah bisa memberikan efek buruk bagi kesehatan, seperti pernapasan dan penyakit kulit. Karenanya, pentinng untuk selalu membersihkan rumah dari debu. Anda juga bisa memanfaatkan tanaman yang mampu menyerap debu.

Nah, apa saja yah tanaman hias penyerap debu yang cocok untuk ditaruh di dalam rumah?

Berikut tanaman hias yang bermanfaat untuk menjaga kebersihan ruangan dalam rumah.

1. Lidah mertua

Lidah mertua atau Sansevieria (foto: Sansevieria)

Lidah mertua, atau dikenal juga dengan Sansevieria, merupakan tanaman hias yang bisa menyerap debu, polusi, serta racun-racun di udara seperti karbon dioksida. Selain itu, tanaman ini juga efektif membuang racun berupa formaldehida, benzena, dan xylene.

Tanaman lidah mertua juga mudah dipelihara. Anda tidak perlu sering-sering menyiram tanaman ini. Lidah mertua juga bisa tumbuh dengan baik di segala suhu ruangan.

2. Rubber Plant (Karet Kebo)

Rubber plant atau karet kebo (foto: smartgardenguide)

Karet kebo adalah tanaman hias penyerap debu yang berasal dari India. Tanaman ini bisa menyaring zat racun seperti karbon dioksida atau formaldehyde.

Rubber plant tidak memerlukan perawatan khusus, Anda hanya perlu menyiram dengan air yang cukup agar tanah tetap lembab.

Baca juga: Manfaat Mini Garden Untuk Hunian Kesayangan Anda

3. Lidah buaya

Aloe vera (lidah buaya) – foto: pinterest

Tanaman lidah buaya tidak hanya berfungsi sebagai tanaman obat, tanaman lidah buaya juga bisa menyerap karbon dioksida di udara dan mengubahnya menjadi oksigen. Tak banyak yang tahu, kalau lidah buaya juga bisa menyerap dan menghilangkan gelombang radioaktif di lapisan atmosfer.

4.  Sri rejeki (chinese evergreen)

Tanaman hias sri rejeki (foto: rumah.com)

Tanaman penyerap debu berikutnya adalah sri rejeki atau dikenal juga dengan nama chinese evergreen. Sri rejeki adalah tanaman berdaun lebar dan bergelombang dan diyakini efektif menyaring debu dalam ruangan, seperti benzena, formalin, karbon monoksida, dan formaldehida.

5. Dracaena

Dracaena (foto: shutterstock)

Dracaena adalah tanaman berdaun panjang dan lebar dengan tepian daun berwarna putih, merah, dan kren. Tanaman hias ini dapat menangkal xylene, formalin, benzena, dan trikloroetilen. Untuk merawat tanaman ini Anda hanya perlu menjaga tanah agar lembab. Tidak perlu menyiram dengan banyak air yang justru bisa menyebabkan tanaman mati.

Baca juga: Kenali Jenis Tanaman Hias Yang Mudah Perawatannya

6. Peace lily

Bunga dari tanaman hias peace lily (foto: Georgina198/Getty Images)

Tanaman peace lily tidak hanya cantik sebagai penghias rumah, namun juga bermanfaat untuk kesehatan. Menurut penelitian yang dilakukan NASA, tanaman berbunga putih ini bisa menyaring racun, seperti amonia, benzena, formaldehida, dan toluene pada udara di ruangan tertutup.

Tanaman ini hanya perlu disiram dengan air ketika daun mulai layu. Hindari dari paparan sinar matahari langsung yang bisa menyebabkan daun tanaman terbakar.

7. Spider plant

Tanaman hias spider plant (foto: The Spruce / Krystal Slagle)

Tanaman penyerap debu spider plant bisa membuang karbon monoksida dan nitrogen dioksida dalam ruangan. Selain itu, tanaman yang menyerupai laba-laba juga mampu menyerap karbon monoksida, benzena, dan formaldehida.

Itu tadi tujuh tanaman penyerap debu yang bisa diletakkan di dalam rumah untuk membantu menjaga kebersihan udara. Kini tahu manfaatnya, segera miliki tanaman tersebut untuk mempercantik rumah Anda. (ds3)

Bagikan ke sosial media:

Recommended For You

desi3

About the Author: desi3

Seorang 'bibiliophile' yang jatuh cinta dengan Himalaya dan fans berat warna biru. ~ travel to fulfill your soul ~

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *