HUT Jakarta Ke-494, Ini Sejarah Penetapan 22 Juni sebagai Hari Jadi Ibukota

FEATURES, malangpost.id –  DKI Jakarta berulang tahun ke-494 hari ini, 22 Juni 2021. Untuk peringatan HUT DKI Jakarta tahun ini mengusung tema ‘Jakarta Bangkit’. Perayaan ulang tahun Ibukota Jakarta sama dengan tahun lalu, masih dalam suasana pandemi Covid-19.

Daerah Khusus Ibukota Jakarta (DKI Jakarta) merupakan ibukota negara sekaligus kota terbesar di Indonesia. Selain itu, DKI Jakarta menjadi satu-satunya kota di Indonesia yang memiliki status setingkat provinsi.

DKI Jakarta dulunya dikenal dengan beberapa nama, diantaranya Batavia, Sunda Kelapa, dan Jayakarta. Kota seluas 661,5 kilometer persegi ini juga merupakan kota metropolitan terbesar di Asia Tenggara, bahkan urutan keenam di dunia.

Lalu, bagaimana awalnya penetapan 22 Juni sebagai hari jadi Kota Jakarta?

Sejarah penetapan 22 Juni

Pada masa kolonial, Belanda memperingati hari jadi Kota Batavia setiap akhir Mei. Pada akhir Mei 1619, Gubernur Jenderal Jan Pieterszoon Coen menaklukkan Jayakarta.

Penetapan hari jadi Jakarta merujuk pada penetapan yang dikeluarkan oleh Walikota Jakarta periode 1953-1958, Sudiro. Ia memiliki keinginan untuk memperingati ulang tahun Kota Jakarta dengan cara yang berbeda dari perayaan berdirinya Kota Batavia.

Sudiro kemudian menugaskan sejumlah ahli sejarah, seperti Sukanto dan Mohamad Yamin, serta wartawan senior Sudarjo Tjokrosiswoyo untuk meneliti kapan Jakarta didirikan oleh Fatahillah. Tim yang ditugaskan menduga, 22 Juni 1527 adalah hari yang paling mendekati dibangunnya Kota Jayakarta dan menyerahkan naskah penelitian kepada Sudiro.

Naskah hasil penelitian yang berjudul Dari Jayakarta ke Jakarta itu kemudian diserahkan Sudiro kepada Dewan Perwakilan Kota Sementara untuk dibahas. Setelah dilakukan sidang, ditetapkan kalau 22 Jni 1527 merupakan hari berdirinya Kota Jakarta. Sudiro kemudian mengajukan secara resmi dalam sidang pleno pada 22 Juni 1956.

Usulan tersebut diterima dengan suara bulat dan sejak saatu itu, 22 Juni diperingati sebagai HUT DKI Jakarta.

HUT DKI Jakarta ke-494

Sehubungan dengan situasi pandemi Covid-19, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menggelar perayaan ulang tahun ke-494 hari ini secara virtual. Tahun ini adalah tahun kedua DKI Jakarta merayakan hari jadi di tengah kondisi pandemi.

Tema yang diusung untuk perayaaan Hari Ulang Tahun DKI Jakarta tahun ini adalah ‘Jakarta Tangguh’ untuk mengobarkan semangat ketangguhan warga Jaakrta dalam menghadapi pandemi Covid-19. Selamat HUT ke-494 DKI Jakarta! (ds3)

Bagikan ke sosial media:

Recommended For You

desi3

About the Author: desi3

Seorang 'bibiliophile' yang jatuh cinta dengan Himalaya dan fans berat warna biru. ~ travel to fulfill your soul ~

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *