Meski Telah Bebas dari Covid,Tetap Perhatikan Hal-hal Berikut!

KESEHATAN, Malangpost.id – Penanganan covid tidak bisa dianggap sepele. Seseorang yang terjangkit covid memerlukan perawatan yang intensif, mulai dari istirahat total hingga mengonsumsi obat-obatan sesuai anjuran dokter. Hal tersebut dilakukan agar orang yang terkena covid dapat sembuh secara maksimal.

Meskipun telah dinyatakan sembuh dari covid, beberapa orang masih memiliki gejala covid, Fenomena long covid merupakan adanya gejala covid yang bertahan atau muncul kembali berminggu-minggu hingga berbulan-bulan setelah pasien dinyatakan sembuh. Long covid ini tidak menular, namun tetap memerlukan kontrol dokter secara rutin.

Baca juga : Tips Aman Hindari Virus Corona Di Pusat Perbelanjaan

Gejala long covid yang sering dialami antara lain mudah lelah, batuk, hilang penciuman, nyeri kepala, nyeri otot, mual, nyeri perut dan dada. Kemudian ada faktor resiko ketika mengalami long covid yaitu darah tinggi dan obesitas. Untuk meringankan gejala long covid, ada beberapa hal yang dapat dilakukan.

1. Mengatasi Sesak

Gejala long covid dapat berupa sesak yang mengganggu ketika sedang beraktivitas. Ada beberapa cara untuk mengatasi sesak, salah satunya dengan tidur mengahadap ke kiri dan menumpuk bantal sebanyak dua atau tiga bantal untuk menyangga kepala.

iklan-dinas-kominfo

2. Mengelola Masalah pada Suara

Beberapa orang yang telah sembuh dari covid dapat mengalami masalah pada suara, terutama untuk pasien yang pernah diberi ventilasi (selang pernapasan) saat dirawat. Jika suara serak atau lemah, usahakan jangan berbisik karena membuat pita suara menjadi tegang. Lalu usahakan untuk istirahat jika kehabisan napas saat berbicara. Kemudian tetap rutin minum air untuk menjaga suara agar cepat pulih.

3. Mengelola Masalah saat Menelan

Setelah dinyatakan sembuh, beberapa orang dapat megalami kesulitan menelan, terutama setelah diberi ventilasi (selang pernapasan) saat perawatan. Jika mengalami kesulitan saat menelan, dapat mencoba makanan dengan konsistensi berebda (tebal dan tipis). Kemudian makan dengan posisi duduk tegak juga dapat membantu ketika mengalami kesulitan menelan.

4. Mengelola Aktivitas Sehari-hari

Setelah sembuh dari covid, aktivitas sehari-hari juga harus tetap dilakukan. Tetapi juga harus dikondisikan sesuai dengan kondisi fisik setelah sembuh dari covid. Jangan melakukan aktivitas yang berat sebelum merasa benar-benar sehat.

5. Mengelola Stres, Kecemasan, atau Depresi

Mengelola stres, kecemasan, atau depresi penting dilakukan untuk mempercepat proses pemulihan pasca terkena covid. Hal tersebut dapat dilakukan dengan menjaga kebutuhan dasar seperti tidur cukup, makan makanan sehat, dan aktif secara fisik. Selain itu juga dapat melakukan perawatan diri seperti melakukan aktivitas santai yang tidak membuat terlalu lelah.

Selain itu menjaga protokol kesehatan juga harus tetap dilakukan. Hal ini karena meskipun telah sembuh dari covid, kemungkinan masih tetap bisa terinfeksi kembali atau disebut reinfeksi. Maka dari itu, tetap waspada terhadap lingkungan sekitar dan kesehatan diri sendiri.

Bagikan ke sosial media:

Recommended For You

Muhammad

About the Author: Muhammad Hafizh

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *