5 Objek Wisata Alam Di Banyuwangi Ini Wajib Kamu Kunjungi

WISATA, malangpost.id – Pesona pariwisata Banyuwangi semakin diminati wisatawan dalam beberapa tahun terakhir. Tak heran, kota di ujung timur Pulau Jawa ini punya banyak objek wisata yang luar biasa indah. Ada banyak objek wisata di Banyuwangi untuk semua tipe wisatawan, mulai dari wisata pantai, budaya, gunung, kuliner, hingga savana.

Selain itu, Banyuwangi juga memiliki bandara internasional yang memudahkan wisatawan untuk berkunjung ke kota ini. Bandara Internasional Banyuwangi menjadi green airport pertama di Indonesia yang dibangun dengan mengedepankan keselarasan dengan lingkungan

Indahnya Banyuwangi tak kalah dengan tempat-tempat wisata populer di Indonesia, menjadikan kota ini destinasi wajib bagi para traveler.

Berikut lima objek wisata di Banyuwangi yang wajib dikunjungi.

1. Taman Nasional Baluran

Savana di Taman Nasional Baluran yang mirip dengan di Afrika (foto: blog.airyrooms.com)

Taman Nasional Baluran merupakan kawasan dengan luas 25 ribu hektar yang kaya akan kehidupan hewan liar. Taman nasional yang juga dikenal dengan Little Africa merupakan sabana terbesar di Pulau Jawa. Jadi, kalau kamu bercita-cita mersakan sensasi bersafari di padang savana Afrika, bisa datang ke Taman Nasional Baluran.

Ada banyak tempat yang bisa di kunjungi di sini. Mulai dari teluk, candi, gua Jepang, savana Bekol, hingga hamparan hutan hijau. Selain itu, Taman Nasional Baluran juga punya Pantai Bama yang terkenal dengan airnya yang jernih dan hamparan pasir putih.

2. Blue Fire, Kawah Ijen

Pesona Blue Fire di Kawah Ijen yang mendunia (foto: genpi.co)

Kawah Ijen bisa jadi merupakan ikon Banyuwangi. Eksotisme Kawah Ijen menarik banyak wisatawan domestik dan juga mancanegara. Dan yang paling utama, di Kawah Ijen wisatawan bisa melihat langsung pesona Blue Fire yang bahkan terkenal hingga mancanegara.

Blue Fire terletak di Gunung Ijen, ketinggian 2.443 mdpl, menjadi istimewa karena hanya ada dua di dunia. Api biru fenomenal ini biasa muncul mulai pukul 2 hingga 5 pagi. Selain Blue Fire, kamu juga bisa menikmati keindahan Telaga Warna yang permukaan danaunya berwarna biru toska.

Baca juga: Keren! Ini 7 Tempat Wisata Alam di Semarang

3. Jawatan Benculuk (De Djawatan)

Deretan pohon trembesi yang eksotis di Jawatan Benculuk (foto: pegipegi)

Buat penggemar alam sekaligus fotografi, jangan lewatkan untuk berkunjung ke Jawatan Benculuk, atau biasa disebut juga dengan nama De Djawatan. De Djawatan dulunya adalah kawasan hutan lindung milik Perhutani yang berfungsi sebagai area resapan air dan penimbunan kayu jati.

Pengunjung bisa melihat puluhan pohon trembesi besar menjalar dengan bentuk unik yang terlihat alami dan memesona. Keindahan deretan pohon trembesi yang menjalar menciptakan kesan eksotis yang tak boleh dilewatkan untuk difoto. Selain itu, kamu juga bisa bersepeda di sini.

4. Pantai Pulau Merah

Keindahan sunset di Pantai Pulau Merah (foto: Instagram/@pulaumerah_official)

Selain wisata gunung dan savana, Banyuwangi juga punya banyak pantai yang tak kalah indahnya dengan pantai-pantai di Bali dan Lombok. Salah satunya adalah Pantai Pulau Merah. Wisatawan tak boleh melewatkan untuk berburu sunset yang sangat menakjubkan saat berkunjung ke pantai ini.

Nama Pantai Pulau Merah diambil dari pulau kecil dengan bukit tinggi yang tak jauh dari pantai. Pulau kecil tersebut memiliki tanah dengan warna merah, hingga dinamakan Pulau Merah. Kamu bisa mencapai pulau kecil ini dengan berjalan kaki saat air laut sedang surut.

Baca juga: 10 Tempat Wisata Hits di Sentul, Bogor

5. Pantai Plengkung

Pantai Plengkung yang indahnya tak kalah dari Bali dan Lombok (foto: pantainesia)

Objek wisata di Banyuwangi lainnya yang wajib dikunjungi adalah Pantai Plengkung. Pantai ini memiliki ombak besar yang bergulung-gulung, yang menjadikannya salah satu pantai terbaik di dunia surfing. Pantai Plengkung dikenal menjadi destinasi para surfer dunia untuk berselancar.

Kalau tak bisa berselancar, pengunjung bisa melakukan berbagai aktivitas di Pantai Plengkung. Diantaranya berenang, snorkeling, atau bermain air di air laut yang biru jernih. Atau hanya ingin sekedar bersantai di hamparan pasir putih?

Objek wisata yang wajib dikunjungi saat ke Banyuwangi

Itu tadi lima objek wisata di Banyuwangi yang bisa jadi rekomendasi kamu saat berkunjung ke Banyuwangi. Jadi, objek wisata yang mana favoritmu? (ds3)

Bagikan ke sosial media:

Recommended For You

desi3

About the Author: desi3

Seorang 'bibiliophile' yang jatuh cinta dengan Himalaya dan fans berat warna biru.~ travel to fulfill your soul ~

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Kunjungi Alamat Baru Kami

This will close in 0 seconds