Bunda, Inilah Cara Mengajarkan Bilingual kepada Anak!

TIPS, Malangpost.id — Anak muda saat ini telah disuguhkan dengan berbagai teknologi. Kecanggihan teknologi membuat mereka menyadari pentingnya berbahasa, termasuk bahasa internasional. Penguasaan bahasa internasional pun semakin meningkat di negeri kita terbukti dengan banyaknya platform yang menggunakan bahasa inggris.

Namun, beberapa orang tua tidak menyadari hal tersebut. Mereka cenderung memfokuskan anaknya untuk mempelajari hal yang sudah biasa saja.

Lalu, bagaimana cara mengajarkan bilingual kepada anak secara efisien dan kreatif? Berikut beberapa cara yang bisa orang tua terapkan agar anak mahir berbahasa bilingual :

1. Kenalkan bahasa inggris melalui benda-benda sekitar

Peran orang tua disini sangatlah penting untuk menunjang kecerdasan berbahasa pada anak. Orang tua bisa memulainya melalui kegiatan sehari-hari seperti mengenalkan benda-benda sekitar atau anggota tubuh yang kita dimiliki.

2. Kenalkan melalui lagu dan video

Setelah mengenal benda-benda dan anggota tubuh, kita lanjutkan dengan kebiasaan memutar lagu maupun video berbahasa inggris. Biasanya lagu yang cocok untuk anak adalah Twinkle Twinkle Little Star, Do You Want to Build A Snowman, dll. Sedangkan video yang cocok adalah Baby Shark, Cocomelon, Head Shoulders Knee and Toes. Lagu dan video tersebut dapat kita putar pada waktu anak bermain.

3. Membeli buku bilingual (Inggris – Indonesia)

Ada banyak buku yang bisa digunakan guna menunjang kemampuan anak. Pilihlah buku yang tidak mudah rusak/awet, mengandung pengajaran, menyenangkan, dan gambarnya menarik. Dengan begitu keinginan mereka untuk mempelajari buku tersebut akan semakin tinggi.

4. Belajar menggunakan aplikasi/games

Layaknya anak pada zaman sekarang, mereka akan lebih fokus dalam bermain gawai/handphone. Oleh karena itu, kita bisa memberikan berbagai aplikasi/games yang berisikan pelajaran bahasa inggris. Tidak perlu terlalu banyak, cukup sedikit namun digunakan secara maksimal. Aplikasi tersebut seperti LingoKids, yang berisikan berbagai games dan kosakata menarik. Namun kita juga tetap mengawasi penggunaan handphone kepada anak kita ya, sobat Malang Post!

5. Story Telling yuk!

Selain beberapa cara diatas, story telling juga berperan penting dalam melatih pengetahuan bahasa anak. Kkta bisa mulai dengan membacakan cerita dongeng berbahasa inggris atau buku yang pernah ia baca sebelumnya. Dengan mendengarkan kita bercerita, dia akan dengan sendirinya mengetahui pengucapan bahasa inggris yang benar. Namun, saat kita membacakan cerita tersebut lakukan dengan menarik, seperti intonasi, ekspresi dan pengucapan yang jelas.

Demikian beberapa cara mengajarkan bilingual kepada anak. Bagaimanapun setiap orang memiliki cara mendidik yang berbeda-beda. Namun, kita tetap bisa meningkatkan kemampuan dan kreatifitas anak sejak dini, bukan? Sehingga nantinya anak menjadi lebih percaya diri dan bermanfaat bagi semua.

Bagikan ke sosial media:

Recommended For You

Susmitha

About the Author: Susmitha Nurzaini

Someone who interrest and eager to learn more about jurnalistic, public, and communication. Stay safe and stay healthy all! Cheers!^^

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *