6 Tips dan Trik Skripsi Lancar ditengah Pandemi

TIPS, Malangpost.id – Pandemi Covid19 yang terjadi ditengah masyarakat saat ini membuat perubahan dan penyesuaian dari berbagai sektor, seperti sosial, politik, maupun pendidikan. Pada sektor pendidikan inilah perubahan yang terjadi sangatlah terasa. Kondisi ini juga memaksa mahasiswa untuk menyusun serta mempersiapkan strategi khusus dalam menyelesaikan tugas akhir gelar sarjana/skripsi.

Namun jangan khawatir! Malang Post memiliki beberapa tips dan trik yang bisa diterapkan bagi mahasiswa semester akhir dalam menyusun skripsi ditengah pandemi.

1. Pilihlah metode penelitian yang terbaik dan memungkinkan untuk dilakukan

Hal yang terpenting dalam menyusun skripsi adalah menentukan metode penelitian yang tepat. Beberapa alternatif penelitian yang cocok dilakukan di era pandemi ini misalnya seperti kajian pemikiran, analisis wacana, dan studi literatur.
Sebisa mungkin, kamu sebaiknya memilih metode penelitian yang bisa meminimalisir untuk pergi keluar rumah atau turun ke lapangan. Bahan penelitian bisa juga diakses melalui laman internet atau e-library dari kampus. Sedangkan untuk penelitian yang membutuhkan respon masyarakat, kamu bisa menggunakan platform Google Form atau ZOHO Survey untuk menstruktur kuesioner dan memanfaatkan media sosial untuk menyebarkan kuesioner.

2. Tetap konsisten dan serius

Konsisten dan serius adalah dua kata sederhana namun cukup sulit untuk diterapkan ketika menyelesaikan tugas akhir atau skripsi. Hal ini bisa berasal dari faktor eksternal maupun internal yang membuat kamu tidak fokus dalam mengerjakan skripsi. Faktor eksternal seperti kesulitan berkomunikasi dengan dosen pembimbing dan mencari literatur, sedangkan faktor internal berasal dari diri kamu sendiri seperti keinginan untuk segera menyelesaikan skripsi.

Gangguan-gangguan yang terjadi bisa diminimalisir dengan membangun komunikasi yang baik dengan teman-teman atau dosen kampus untuk saling memberi semangat dan menciptakan rutinitas baru. Jadwal harian juga sangat penting untuk kamu terapkan dalam menyelesaikan skripsi, supaya kamu mengetahui kapan waktu mengerjakan skripsi, beristirahat, berolahraga, dan melakukan aktivitas lain seperti menonton tv atau membaca buku.

3. Pilihlah topik penelitian yang disukai

Menyambung poin sebelumnya, agar kamu tetap konsisten dan serius dalam menyusun skripsi, maka salah satu strategi yang bisa dilakukan adalah dengan memilih topik penelitian yang kamu sukai. Hanya berbekal modal “rasa suka“ tersebut, setidaknya bisa menjadi pemicu semangat ketika merasa jenuh karena kamu memiliki ketertarikan pada topik penelitian yang kamu lakukan.

4. Memilih topik yang sedang hangat dibicarakan

Memilih topik yang sedang hangat dibicarakan akan memudahkan sobat Malang Post dalam mengumpulkan berbagai literatur dari sumber yang akurat. Hal ini juga memberikan nilai positif yang lebih baik pada skripsi yang dikerjakan.

5. Manfaatkan fasilitas e-book dan e-journal

Ditengah pandemi seperti ini pastinya kunjungan ke perpustakaan sangat dibatasi, bahkan bisa jadi tidak menerima kunjungan. Sehingga kamu bisa memanfaatkan opsi lain dengan menggunakan literatur dari e-book atau e-journal secara gratis, seperti Open Library, Project Gutenberg, Google Scholar, Directory of Open Access Journals (DOAJ), neliti.com, atau e-resources.perpusnas.go.id. Selain itu, jika kamu ingin mendapatkan referensi yang lain yang lebih banyak, kamu juga bisa mendapatkan dari e-library yang dimiliki setiap kampus.

6. Tetap perhatikan kesehatan

Setelah mengikuti seluruh tips diatas, tidak kalah penting untuk tetap memperhatikan kesehatan fisik dan mentalmu. Jangan karena terlalu fokus dalam mengerjakan skripsi hingga kamu mengabaikan aspek terpenting seperti pola makan dan waktu istirahat. Tetap kelola stress dan kecemasan secara stabil dengan membatasi konsumsi media dan memilih sumber berita yang kredibel. Fokus pada upaya yang dapat dilakukan secara mandiri serta selalu melakukan aktivitas yang menyenangkan.

Demikian beberapa tips dan trik menyelesaikan skripsi di tengah pandemi Covid19. Kamu bisa mencoba menerapkannya untuk membantu kelancaran studimu. Tetap semangat, sobat Malang Post!

Bagikan ke sosial media:

Recommended For You

Susmitha

About the Author: Susmitha Nurzaini

Someone who interrest and eager to learn more about jurnalistic, public, and communication. Stay safe and stay healthy all! Cheers!^^

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *