Info Penting Buat Jobseeker, Perbedaan CV, Resume dan Cover Letter

KARIR, Malangpost.id – Siapa yang belum tahu apa perbedaan CV, Cover Letter, dan Resume? Jangan khawatir, kali ini kita akan membahas apa sih bedanya antara tiga dokumen tersebut?

Buat sobat-sobat fresh graduate dan sobat yang sedang mencari magang, tiga dokumen tersebut adalah hal yang sangat dibutuhkan. So, yuk kita bahas satu-satu..

1. Cover Letter

Ilustrasi Cover Letter (Sumber : pinterest.com)

Sesuai namanya, cover letter surat pengantar lamaran kerja atau magang. Cover Letter terletak dipaling awal berkas yang akan dikirimkan. Isi cover letter apa aja, sih?

Baca juga : Mengintip Peluang Lapangan Kerja di Industri Hijau dan Potensi yang Dihasilkan Ke Depan

  • Paragraf pembuka , isinya berupa perkenalan diri kamu dan dari mana sobat mengetahui informasi magang atau pekerjaan yang akan dilamar. Selain itu, sobat harus menjelaskan secara singkat kenapa sobat tertarik dengan pekerjaan yang akan dilamar.
  • Paragraf kedua isinya berupa alasan yang dijelaskan secara singkat dari kualitas sobat dan alasan kenapa sih HRD harus menerima sobat di pekerjaan tersebut.
  • Paragraf penutup berisi tentang ucapan terima kasih dan tunjukkan antusiasme sobat dalam bergabung ke perusahaan yang membuka lowongan pekerjaan tersebut.

2. Resume

Ilustrasi Resume (Sumber : iteba.ac.id)

Sesuai namanya nih sobat, resume berisi tentang rangkuman yang sudah sobat jelaskan di CV dan cover letter. Isi resume adalah uraian singkat tentang latar belakang pendidikan, pekerjaan atau magang yang pernah dilakukan sebelumnya, hingga berbagai prestasi yang sudah diraih. Tetap pakai bahasa yang singkat dan nggak bertele-tele ya, sobat!

iklan-dinas-kominfo

3. Curriculum Vitae

Ilustrasi. CV (Sumber : bimap98.medium.com)

CV atau dalam Bahasa Indonesia adalah daftar riwayat hidup berisi tentang biodata lengkap tentang diri sobat. Apa saja sih isi dari CV?

  • Data pribadi. Sobat cukup menyantumkan nama lengkap, alamat, nomor telepon, dan media sosial yang bisa dihubungi.
  • Riwayat pendidikan. Tak usah menyantumkan pendidikan sedari TK, sobat cukup menyantumkan pendidikan terakhir sedari sekolah menengah hingga perguruan tinggi. Tak hanya pendidikan formal, sobat juga bisa menyantumkan pendidikan non formal.
  • Pengalaman. Sobat bisa menjelaskan dengan singkat apa saja pengalaman sobat, bisa berupa pengalaman organisasi, magang, pekerjaan sebelumnya, dan pengalaman sukarela.
  • Penghargaan. Ini bersifat optional ya sobat.
  • Keterampilan. Sobat bisa melampirkan keterampilan apa saja yang sobat kuasai. Keterampilan ini bisa berupa hard skill maupun soft skill.

Nah, semoga artikel ini bermanfaat yaa buat sobat yang sedang mencari pekerjaan dan magang. Good luck and cheers!

Bagikan ke sosial media:

Recommended For You

Rida

About the Author: Rida Bawa Carita

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *