Ingin Menekuni Hobi Melukis? Ini Tips Bagi Pemula

HOBBY, Malangpost.id – Melukis merupakan sebuah hobi yang menyenangkan. Apalagi di masa pandemi ini, dibutuhkan sekali kegiatan-kegiatan bermanfaat mengingat sebagian besar waktu kita dihabiskan di rumah.

Bahan untuk melukis ini mudah didapatkan dan terdapat dalam beberapa tingkat harga, mulai dari yang murah hingga mahal. Banyak sekali orang yang ingin menguasai hobi ini. Untuk para pemula terkadang masih bingung hal apa saja yang perlu disiapkan untuk belajar melukis. Berikut ini tips menekuni hobi melukis bagi pemula.

1. Mengenal Macam Kuas

Kuas lukis atau brush memiliki banyak jenis. Sebaiknya kamu memahami jenis kuas apa yang ingin kamu gunakan untuk melukis. Kamu bisa melihat rekomendasi melalui kanal di Youtube mengenai tips memilih brush untuk pemula.

2. Bisa Membedakan Warna

Cat memiliki jenis yang beragam dan ada yang berubah warna saat mengering. Kalau kamu pemula, sebaiknya cobalah beberapa jenis warna sehingga kamu tahu hasil akhirnya setelah mengering. Penting sekali mengenal warna supaya saat sudah mempraktikannya kamu tidak kebingungan.

Baca juga : Masih Perlukah Les Private di Masa Pandemi Ini?

iklan-dinas-kominfo

3. Memilih Kertas

Banyak sekali jenis kertas yang bisa digunakan untuk melukis. Sebagai pemula, kamu bisa menggunakan kertas yang tipis karena merupakan pilihan yang bagus. Semakin tebal kertas yang digunakan, ternyata harganya lebih mahal loh. Waktu yang dibutuhkan untuk mengeringkan catnya pun lebih lama.

4. Memahami Teknik Dasar Melukis

Sebagai pemula, kita tidak diharuskan memahami teknik melukis yang terlalu berat. Kamu bisa mempelajari teknik mencampur warna atau teknik lifting yaitu teknik untuk memperbaiki kesalahan dalam lukisan kamu.

5. Sering Melakukan Praktik

Percuma saja kalau kita hanya memahami teorinya tetapi lupa melakukan praktik. Padahal, salah satu hal yang bisa meningkatkan skill melukis kamu adalah dengan sering praktik melukis. Cobalah sesekali belajar teori di Youtube sambil praktik melukis.

Nah, itu dia tips buat kamu yang ingin menekuni hobi melukis. Susah-susah gampang, sih, tetapi kalau kamu sering praktik, kamu akan terbiasa melakukannya. Jangan lupa mempraktikannya di rumah, ya!

Bagikan ke sosial media:

Recommended For You

Betsy

About the Author: Betsy Prajna

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *