5 Penyakit Komorbid yang Perlu Diwaspadai di Masa Pandemi

KESEHATAN, Malangpost.id – Komorbid merupakan suatu istilah untuk mendefinisikan penyakit penyerta yang sedang diderita oleh seseorang ketika sedang menderita penyakit lainnya.

Komorbid memiliki keterkaitan dengan Covid-19. Pasien dengan komorbid akan meningkatkan risiko dari COVID-19. Baik itu risiko penyebaran maupun kematian. Hal ini karena seseorang sudah terlebih dahulu memiliki penyakit lain. Lalu diperparah dengan datangnya penyakit lain atau COVID-19 itu sendiri.

Baca juga : Mengatasi Kebotakan Pada Pria, Begini Caranya!

Penyakit Komorbid merupakan masalah kesehatan yang lain sebelum seseorang terinveksi virus COVID-19. Jika tidak segera ditangani, maka kondisi penderita akan semakin parah.

Lalu penyakit komorbid apa saja yang perlu diwaspadai di masa pandemi? Berikut ini merupakan beberapa di antaranya:

Hipertensi

Hipertensi atau tekanan darah tinggi dapat menjadi masalah serius pada penderita COVID-19. Dilansir dari sehatq.com, sekitar 1700 orang dengan COVID-19 dalam penelitian, 15,8% diantaranya mengalami hipertensi atau tekanan darah tinggi. Hiperternsi yang tidak terkontrol dapat menyebabkan masalah, terutama pada jantung dan ginjal. Inilah sebabnya orang dengan hipertensi memiliki gejala yang lebih berat.

Diabetes

Penyakit diabetes dapat menjadi gangguan kesehatan lainnya yang perlu diwaspadai. Penderita diabetes perlu ditangani dengan pengobatan intensif. Baik diabetes tipe 1 dan tipe 2 memerlukan perhatian yang sama baiknya.

Penderita COVID-19 yang juga memiliki penyakit bawaan diabetes berisiko fatal. Sebab virus COVID-19 meningkatkan risiko komplikasi berbahaya seperti ketoadiosis serta infeksi yang meluas.

Penyakit Jantung

Penyakit jantung dapat membuat penderita lebih rawan terkena Covid-19 dengan gejala yang lebih berat. Imunitas tubuh yang lemah karena penyakit tersebut bisa menyebabkan kerusakan yang lebih berat. Jika tidak dilakukan penanganan yang tepat, maka kondisi ini bisa membahayakan dan berujung pada komplikasi serius.

Baca juga : Musim Pancaroba, Waspada Gejala Demam Berdarah Seperti di Bawah Ini!

Penyakit Gangguan Pernapasan

Saluran pernapasan sangat rentan terhadap Covid-19. Orang dengan penyakit bawaan atau komorbid gangguan pernapasan lebih berisiko mengalami gejala parah jika terinfeksi virus Covid-19. Beberapa penyakit pernapasan yang perlu diwaspadai adalah asma, fibrosis paru, dan PPOK (penyakit paru obstruktif kronis).

Penyakit Ginjal Kronis

Seseorang dengan penyakit ginjal kronis lebih rentan terhadap gejala Covid-19 yang lebih buruk. Data Analisis Kematian Pasien Covid-19 berdasarkan Usia dan Riwayat Komorbid oleh tim Satgas Penanganan Covid-19 menunjukan bahwa pasien dengan penyakit ginjal kronis memiliki risiko kematian 13,7 kali lebih besar ketimbang pasien tanpa komorbid ginjal kronis.

Seseorang dengan komorbid harus mendapatkan perawatan yang intensif. Hal ini karena seseorang dengan komorbid sangat berisiko mengalami gejala yang lebih berat, apalagi di masa pandemi Covid-19 ini.

Bagikan ke sosial media:

Recommended For You

Muhammad

About the Author: Muhammad Hafizh

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *