Ini 6 Jenis Makanan Sehat untuk Pengidap Kolesterol Tinggi

KESEHATAN, Malangpost.id – Kesehatan adalah hal yang paling mahal dalam hidup. Menjaga kesehatan mulai dari mengkonsumsi makanan sehat hingga olahraga adalah investasi kesehatan yang bisa kita lakukan dengan terjangkau.

Sobat malangpost pasti tahu jika penyakit tidak pernah pandang bulu. Tua muda, laki-laki perempuan dan kaya miskin bisa saja mengidap penyakit. Saat ini banyak sekali orang yang menderita kolesterol tak peduli berapa usianya.

Kolesterol yang tinggi bukan lagi hanya permasalahan orang lanjut usia, usia muda pun bisa menjadi penderita kolesterol. Mengapa hal ini bisa terjadi? Jawabannya terletak pada apa yang kita konsumsi. Makanan yang kita makan akan mencerminkan kesehatan kita.

Baca juga : 7 Makanan Khas Bali, Yang Mana Favoritmu?

Anak muda saat ini gemar mengkonsumsi makanan yang tidak sehat seperti makanan cepat saji yang dapat meningkatkan kadar kolesterol dalam tubuh. Jika berkelanjutan hal ini dapat menyebabkan serangan jantung dan stroke.

Tetapi jangan khawatir, meskipun sobat sudah mengidap kolesterol ada berbagai upaya untuk menjaga kadar kolesterol supaya tidak terus meningkat. Apakah itu? Yappp, menjaga dan memperhatikan apa saja yang kita konsumsi adalah cara yang tergolong paling efektif untuk menjaga kadar kolesterol.

So, mari kita bahas. 6 jenis makanan sehat untuk pengidap kolesterol.

Oat

Ilustrasi Oat (Sumber : Ist)

Dilansir dari situs alodokter.com, mengkonsumsi oat dapat mengikat kolesterol dalam usus dan hal itu bisa mencegah tubuh untuk menyerap kadar kolesterol berlebih. Hal ini dapat terjadi karena oat mengandung beta glukan. Jika sobat mengkonsumsi 3 gram beta glukan sehari dapat dipercaya bisa mengurangi kadar kolesterol. Sobat bisa mengkreasikan oat dengan resep-resep yang menarik, seperti bubur oat, overnight oat, mengolah menjadi dessert, dan lain-lain.

Buah dan Sayur

Ilustrasi Buah dan Sayur (Sumber : Ist)

Tidak diragukan lagi, buah dan sayur memiliki sejuta manfaat untuk tubuh. Kandungan lemak jenuh yang rendah dalam buah dan sayur dapat menurunkan kolesterol yang tinggi. Selain itu buah dan sayur yang kaya akan serat baik untuk tubuh dan pencernaan.

Ikan dan Asam Lemak Omega 3

Ilustrasi Ikan (Sumber : Ist)

Ikan yang mengandung asam lemak omega 3 seperti salmon, tongkol, tuna dan sarden sangat baik untuk menurunkan kadar kolesterol.omega 3 dapat menurunkan resiko terbentuknya pembekuan darah. Selain itu omega 3 juga dapat meminimalisir resiko kematian mendadak akibat serangan jantung.

Alpukat

Ilustrasi Alpukat (Sumber : Ist)

Alpukat adalah buah yang kaya akan lemak tak jenuh yang baik untuk menggantikan lemak jenuh yang harus dihindari penderita kolesterol. Batas asupan lemak jenuh pada wanita adalah 20 gram perhari sedangkan pria adalah 30 gram perhari.

Beras coklat

Ilustrasi Beras Coklat (Sumber : Ist)

Beras coklat mengandung serat dan nutrisi yang lebih tinggi daripada beras putih. Kandungan serat dan nutrisi yang tinggi bisa menurunkan kadar kolesterol.

Kacang-kacangan

Ilustrasi Kacang-kacangan (Sumber : Ist)

Seringkali orang beranggapan kacang-kacangan bisa menyebabkan kolesterol naik, asam urat, dan pegal linu. Padahal jika dikonsumsi sesuai takaran kacang memiliki manfaat untuk mengurangi kadar kolesterol karena mengandung vitamin E, lemak tak jenuh, kalium, magnesium, dan serat. Untuk menurunkan kolesterol disarankan untuk mengonsumsi sekitar 1 hingga 2 ons kacang-kacangan dalam sehari.

Manfaat makanan sangat banyak jika dikonsumsi secara pas dan diolah dengan tepat. Kondisi tubuh kita adalah bentuk refleksi dari makanan yang kita konsumsi.

Selain mengonsumsi makanan secara bijak, untuk menurunkan kolesterol juga harus diiringi pola hidup lainnya seperti berhenti merokok, minum alkohol dan menerapkan olahraga secara rutin. Semoga bermanfaat, cheers!

Bagikan ke sosial media:

Recommended For You

Rida

About the Author: Rida Bawa Carita

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *