Ini Perbedaan Android TV dan Smart TV

TEKNOLOGI, Malangpost.id – Televisi adalah salah satu perabotan elektronik yang wajib ada disetiap rumah. Selain rice cooker yang memiliki peranan penting untuk memasak makanan pokok (read : nasi), televisi adalah teman yang tidak bernyawa untuk menemani kita di rumah.

Saat ini teknologi yang semakin canggih juga membuat produksi pesawat televisi semakin bermacam-macam jenisnya. Awal mulanya televisi difungsikan untuk mentransmisikan gambar bergerak dalam warna monokromatik, yaitu hitam putih. Hingga kini semakin melesatnya laju teknologi televisi berubah menjadi benda canggih yang tak hanya mentransmisikan gambar ataupun video.

Android TV dan Smart TV adalah yang sedang trend dalam dunia pertelevisian. Kustomer kerap kali bingung menentukan diantara dua jenis televisi tersebut manakah yang mereka butuhkan? Sama-sama mengusung teknologi yang wow banget, yuk kita simak apa sih perbedaan Android TV dan Smart TV?

Baca juga : Cinemax Soundbar, TV LED Suara Menggelegar

Smart TV                                       

Smart Tv juga dikenal sebagai Internet TV, pasalnya Smart TV adalah TV apapun yang dapat menyediakan program tambahan melalui konektivitas internet. Artinya dengan menggunakan Smart TV sama dengan Anda mengakses computer dengan media televise.

Mengutip laman resmi TCL, Smart TV memiliki kemampuan untuk terhubung ke internet dan memiliki beberapa aplikasi bawaan seperti Netflix, YouTube, atau Facebook yang sudah dipasang sebelumnya.

Sayangnya, sebagian besar system dalam Smart TV tidak dapat diupgrade. jadi ini berarti bahwa ketika aplikasi atau layanan baru tersedia, kamu mungkin perlu mempertimbangkan untuk membeli TV baru hanya untuk memperbarui kebutuhan aplikasi.

Beriku kelebihan dan kekurangan Smart TV

Kelebihan

  • Tampilannya yang sederhana cocok untuk pengguna yang baru beralih ke televisi pintar.
  • Sistem dalam televisi menjadi satu.

Kekurangan

  • Aplikasi yang ditawarkan terbatas karena tidak dapat diupgrade.
  • Pembaruan firmware yang lebih jarang, sistem mungkin menjadi usang.

Android TV

Hampir sama dengan Smart TV, namun Android TV mengusung teknologi yang lebih canggih. Android TV yang pertama kali diluncurkan oleh Google memiliki spesifikasi yang lebih mantab daripada Smart TV, kabar baiknya lagi biasanya di pasaran harga Android TV lebih terjangkau daripada Smart TV.

Selain dapat terhubung dengan internet, tipe TV ini dapat terhubung ke Google Play Store, dan seperti smartphone Android, dapat mengunduh dan memperbarui aplikasi saat tersedia di play store. Sebagai bonus, banyak TV Android juga menambahkan mikrofon ke remote TV mereka sehingga mereka dapat menggunakan Google Assistant karena semakin banyak orang yang mengajukan pertanyaan secara handsfree.

Kelebihan

  • Pilihan aplikasi yang luas dan dapat diunduh melalui Google Play.
  • Pembaruan firmware dan aplikasi berkelanjutan (aplikasi dapat diupgrade)
  • Terhubung dengan produk Google, seperti Google Play, Music, Movies, dan lain-lain. Google Assistant, praktis sekali.

Kekurangan

  • Antarmuka yang lebih rumit, terutama jika tidak terbiasa dengan Android.
  • Produsen terbatas
    Nah dari sini sobat sudah dapat membandingkan manakah yang cocok untuk melengkapi perabotan elektronik di rumah sobat. Semoga membantu, Cheers!
Bagikan ke sosial media:

Recommended For You

Rida

About the Author: Rida Bawa Carita

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *