Tips Melunasi Utang Pinjaman Online Cek!

TIPS, Malangpost.id – Pinjol atau pinjaman online semakin digemari oleh masyarakat. Pinjaman online digemari karena mampu memberikan pinjaman dengan nominal yang lumayan dan tanpa jaminan apapun.

Target aplikasi pinjaman online adalah mereka yang dianggap tidak familiar dengan dunia perbankan. Kemudahan syarat pinjaman online berbanding balik dengan pelunasannya.

Banyak kasus orang terlilit pinjaman online karena tidak sanggup membayar cicilan, bunga yang tinggi, dan faktor lainnya. Pihak pinjaman online juga akan melakukan berbagai cara agar Anda segera melunasi hutang tersebut. Mulai dari mengirim debt collector hingga meneror Anda hingga orang-orang di sekitar Anda. Nah, kali ini malangpost akan membagikan tips untuk melunasi hutang pinjaman online. Check this out..

1. Fokus lunasi hutang pada satu waktu

Artinya sobat malangpost bisa melunasi hutang terlebih dahulu sebelum mengambil pinjaman lagi. Menumpuknya hutang akan memberatkan keuangan Anda.

2. Cari sumber pendapatan lainnya

Sebagaimana yang kita tahu, pinjaman online merupakan pinjaman yang berbunga tinggi. Maka dari itu disarankan untuk mencari sumber pendapatan lainnya untuk menambah pemasukan guna melunasi cicilan pinjaman online. Sobat bisa mencoba menjalankan online shop atau menambah pekerjaan sampingan.

3. Susun hutang pinjaman berdasarkan prioritas

Jika Anda terlanjur memiliki cicilan pinjaman online di lebih dari satu tempat pastikan Anda melakukan hal ini. Setelah merinci semua pinjaman online, susunlah daftar utang tersebut berdasarkan mana yang harus lebih dulu dibayarkan. Disarankan untuk mendahulukan yang bunganya kecil dulu agar lebih sedikit uang yang keluar untuk bunga. Mana yang lebih baik, hal tersebut tergantung peminjam asalkan konsisten untuk mengikuti daftar tersebut.

Baca juga : Dalam Hal Dana Pinjaman Modal, Diskopindag Himbau UMKM Selalu Crosscheck Informasi

4. Pindah ke hutang berikutnya sesuai dengan daftar yang Anda buat

Setelah melunasi hutang pertama dalam daftar, lalu beralih lah ke hutang berikutnya, sambil terus membayar saldo minimum hutang yang tersisa. Terus lakukan ini sampai semua daftar hutang habis terlunasi. Tentu saja butuh waktu lama untuk melunasi hutang pertama, tetapi dengan cara seperti ini, akan terasa lebih mudah dan cepat melunasi hutang pinjaman online yang awalnya menumpuk.

5. Siapkan dana darurat

Setelah berhasil melunasi hutang, fokuslah menabung dan menyiapkan dana darurat. Dengan ini Anda akan meminimalisir kemungkinan Anda kembali terjerar lilitan hutan di pinjaman online.

Itu dia tips untuk melunasi hutang pinjaman online. Biasanya pinjaman online diajukan untuk memenuhi hasrat kita yang terus menerus berperilaku konsumtif. Satu yang perlu diingat sobat, lebih baik berpenambilan biasa aja yang penting ngga kelilit hutang online yang tinggi bunga itu. Semoga bermanfaat, cheers!

Bagikan ke sosial media:

Recommended For You

Rida

About the Author: Rida Bawa Carita

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *