Bau Mulut? Waspada Gejala Penyakit Ini!

KESEHATAN, Malangpost.id – Kebanyakan orang menggunakan permen karet berbahan mint dan produk pembersih mulut untuk menghilangkan bau mulut. Namun, penggunaan bahan-bahan tersebut hanya membuat bau mulut hilang sementara.

Cara menghilangkan bau mulut yang tepat adalah dengan mencari tahu penyebabnya dan pengobatannya. Jangan remehkan hal yang satu ini, ya! Karena bisa jadi bau mulut yang Anda alami merupakan pertanda bahwa Anda sedang menderita suatu penyakit.

Bau mulut dapat disebabkan oleh beberapa hal di bawah ini, seperti: Kebersihan gigi yang buruk. Mengkonsumsi makanan dan minuman yang dapat menyebabkan bau mulut. Diet rendah karbohidrat. Kebiasaan merokok.

Namun, bau mulut juga bisa menjadi tanda bahwa Anda menderita kondisi medis berikut ini:

1. Radang Gusi

Penyakit ini terjadi karena plak gigi yang terbentuk dari air liur setelah Anda menyikat gigi. Lapisan ini membuat bakteri di mulut menempel. Nah, jika kebersihan gigi Anda tidak terjaga, plak ini akan mengeras dan menjadi karang gigi yang bisa memicu terjadinya gingivitis.

2. Asam Lambung Kronis

Bagi penderita refluks asam kronis, menjaga kebersihan mulut sangat penting. Karena asam lambung naik ke kerongkongan dan rongga mulut, dapat menyebabkan masalah bau mulut.

3. Alergi

Alergi yang Anda alami akan membuat tenggorokan gatal, hidung tersumbat, dan mata berair. Selain itu, Anda akan mengalami bau mulut akibat lendir yang menjadi tempat kuman bersarang. Buat kamu yang punya alergi, rajin-rajinlah membersihkan lendir di hidung, ya! Sehingga lendir hilang dan mulut tetap bersih serta bebas dari alergi dan bau mulut.

4. Diabetes

Orang dengan diabetes mengalami produksi insulin yang tidak memadai. Akibatnya, hati akan menghasilkan keton sebagai energi untuk seluruh tubuh. Nah, peningkatan keton yang terjadi akan dikeluarkan melalui urin dan paru-paru. Hal ini dapat menyebabkan bau mulut.

5. Gagal ginjal

Perubahan metabolisme pada penderita gagal ginjal menyebabkan mulut kering, kekurangan air liur, dan penurunan indera perasa. Hal-hal tersebut membuat air liur yang digunakan untuk membersihkan mulut gagal diproduksi. Kondisi mulut kering akan memicu bau mulut.

Untuk itu, menjaga kesehatan mulut sangat penting untuk mencegah bau mulut. Rajinlah menyikat gigi dua kali sehari dengan pasta gigi yang mengandung fluoride untuk menghilangkan sisa makanan dan plak. Hubungi dokter segera jika bau mulut tidak hilang.

Bagikan ke sosial media:

Recommended For You

Maharani

About the Author: Maharani Safitri

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *