Ingin Buka Usaha Angkringan? Pastikan Dulu Hal Berikut

WIRABISNIS, Malangpost.id – Angkringan saat ini mulai tersebar di berbagai daerah. Hal ini karena peminat angkringan bisa dibilang tidak sedikit. Banyak orang-orang memilih angkringan sebagai tempat untuk makan, nongkrong, hingga hanya sekedar untuk melepas penat.

Maka dari itu, kini banyak orang-orang yang ingin membuka usaha angkringan karena melihat banyaknya peminat. Menu sederhana yang disajikan oleh angkringan membuat harga menu di angkringan cenderuh lebih murah. Hal tersebut membuat modal yang akan digunakan untuk membuka usaha angkringan juga relatif tidak besar.

Namun, untuk membuka usaha angkringan juga memerlukan perencanaan yang matang. Berikut ini merupakan beberapa hal yang harus dipastikan sebelum membuka usaha angkringan:

Menentukan target pasar

Menentukan target pasar adalah hal pertama yang harus diperhatikan saat membuka usaha angkringan. Target pasar perlu ditentukan untuk menyesuaikan usaha yang akan dibuat. Mahasiswa, orang dewasa, orang kantoran, remaja sekolahan merupakan beberapa contoh target pasar yang bisa menjadi pilihan untuk target pasar dari usaha angkringan.

Menyiapkan modal

Ketika telah menentukan target pasar, langkah selanjutnya adalah menyiapkan modal. Saat menentukan target pasar, sudah diketahui konsep usaha angkringan yang akan dibuat. Sehingga akan lebih mudah untuk membuat rincian modal yang akan dibutuhkan. Modal disini bukan hanya berati modal uang, tetapi juga lahan, alat-alat, tenaga, dan pikiran. Untuk gerobak angkringan bisa didapatkan diharga kisaran 3 juta rupiah, itu sudah full set dengan kursi dan terpalnya.

Lokasi yang strategis

Memastikan lokasi usaha yang strategis menjadi salah satu hal yang harus diperhatikan. Lokasi yang digunakan haruslah dapat dijangkau oleh banyak orang, khususnya untuk target pasar yang diinginkan. Selain itu, penentuan lokasi angkringan juga harus dapat dijangkau oleh sumber daya seperti listrik dan air. Lebih lagi jika lokasi tersebut dilalui oleh jaringan wifi yang akan menambah kenyamanan konsumen.

Mempunyai ciri khas

Agar lebih terlihat menonjol dari pada angrkingan lain, usaha yang dibangun haruslah memiliki ciri khas. Memang, semua angkringan pada dasarnya sama. Gorengan, kopi, nasi kucing, gerobak dilapisi terpal, dan murah merupakan ciri khas angkringan. Namun, agar lebih bisa diingat oleh konsumen, angkringan yang akan dibangun boleh menambahkan cirikhas lain. Entah itu berupa menu spesial atau lokasi yang tidak biasa.

Pelayanan

Pelyanan merupakan hal pertama yang dinilai oleh konsumen saat berkunjung ke angkringan. Pastikan untuk memberikan pelayanan sebaik mungkin, karena jika hal-hal lain mendukung tapi pelayanan yang diberikan buruk akan membuat konsumen tidak akan berkunjung lagi. Bahkan bisa membuat nama baik angkringan menjadi rusak karena pelayanan yang tidak baik. Jadi agar angkringan bisa berkembang dan tetap berlanjut, menjaga pelayanan adalah hal yang wajib dilakukan.

Itulah beberapa hal yang harus dipastikan jika ingin membuka usaha angkringan. Penyusunan strategi yang baik bisa meningkatkan kualitas usaha angkringan, serta menambah keuntungan. Maka dari itu, pastikan setiap langkah harus direncanakan dengan baik.

Bagikan ke sosial media:

Recommended For You

Muhammad

About the Author: Muhammad Hafizh

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *