Ini 4 Tips Belanja Aman Produk Original di Marketplace

BELANJA, malangpost.id – Kemajuan teknologi yang semakin pesat banyak membantu aspek kehidupan manusia. Salah satunya dalam urusan berbelanja. Jika sebelumnya kita harus keluar rumah untuk membeli berbagai kebutuhan, kemajuan teknologi menciptakan berbagai inovasi baru, diantaranya belanja online di marketplace.

Membeli barang secara online bahkan kini menjadi hal yang tak bisa dihindari. Saat ini, bisa dibilang kita bisa mendapatkan semua hal di toko online. Selain itu, ada banyak manfaat berbelanja di toko online, seperti lebih nyaman dan diskon besar terutama saat memasuki momen spesial. Namun, selain ada banyak manfaat berbelanja online, ada juga hal-hal yang bisa membuat ragu untuk belanja online.

Salah satunya adalah tidak bisa melihat langsung barang yang diinginkan, isu kepercayaan dan keamanan dalam berbelanja online, hingga tidak ada jaminan keaslian barang.

Namun, jangan khawatir untuk belanja online! Ada beberapa tips belanja produk asli secara aman di marketplace.

Berikut lima diantaranya.

1. Baca deskripsi produk dengan seksama

Sebelum memutuskan untuk membeli suatu produk, pastikan untuk membaca deskripsi produk dengan seksama. Sesuaikan dan pastikan nama barang, jenis/varian, dan spesifikasi sesuai dengan deskripsi yang diberikan penjual. Jika informasi yang diberikan kurang lengkap, kamu bisa menanyakan langsung ke penjual melaluli fitur pesan.

2. Cek review (ulasan) produk

Selain membaca detail produk dengan baik, cek juga review atau ulasan dari pembeli lain. Dengan menyimak ulasan satu persatu dan foto yang disertakan bisa membuat Anda lebih yakin terhadap produk yang ingin dibeli.

3. Apakah harga yang ditawarkan masuk akal?

Membandingkan harga suatu produk memang penting. Namun, jangan tergiur dengan harga murah karena justru bisa terjebak. Cobalah untuk membandingkan harga produk yang diinginkan di beberapa toko lain.

Jika perbandingan tidak berbeda jauh satu sama lain, artinya harga tersebut wajar. Anda wajib curiga jika harga yang ditawarkan terlalu murah dibandingkan kebanyakan toko lain. Hal ini bisa mengindikasikan barang yang dijual bukan produk asli atau penipuan.

4. Cek reputasi penjual

Selain cek produk yang ingin dibeli secara online melalui marketplace, selalu cek reputasi penjual. Anda bisa melalukan sedikit riset terhadap toko yang menjual barang yang akan dibeli. Mulai dari status keaktifan toko, jumlah produk yang terjual, testimoni pembeli, serta lamanya umur toko.

Hindari membeli barang dari toko yang tidak aktif dalam waktu lama. Membeli barang dari toko online resmi di marketplace bisa menghindari penipuan dan barang terjamin asli.

5. Simpan bukti transaksi & rekam saat unboxing

Salah satu hal yang bisa Anda lakukan untuk terhindar dri barang palsu jika sudah membelinya adalah dengan merekam produk saat diterima. Buatlah rekaman mulai dari barang masih tersegel rapi hingga saat produk dibuka dari bungkusnya. Ini bisa menjadi bukti jika barang yang diterima tidak sesuai dengan pemesanan.

Itu tadi beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk menghindari membeli barang palsu dan juga penipuan saat belanja di marketplace.

Bagikan ke sosial media:

Recommended For You

desi3

About the Author: desi3

Seorang 'bibiliophile' yang jatuh cinta dengan Himalaya dan fans berat warna biru. ~ travel to fulfill your soul ~

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *