Perlu Kamu Ketahui, Yuk Atasi Sariawan dengan 5 Obat Alami Ini!

KESEHATAN, Malangpost.id – Sariawan di mulut membuat tidak nyaman untuk minum, makan, atau bahkan berbicara. Ada banyak obat untuk meredakan sariawan. Pilihan obat dari perusahaan farmasi atau yang alami, sama-sama mampu mengatasi sariawan ringan.

Setiap obat juga dapat menimbulkan efek menyengat dengan kadar yang berbeda-beda. Ada yang sangat menyakitkan, ada juga yang tidak begitu menyakitkan, tergantung tingkat keparahan sariawan yang dialami.

Berikut bahan-bahan yang bisa digunakan untuk mengobati sariawan:

1. Air Garam

Caranya, campurkan satu sendok teh garam ke dalam setengah gelas air hangat. Kemudian berkumurlah dengan campuran air hangat dan garam selama 15 – 30 detik.

Cara mengobati sariawan ini tidak menimbulkan rasa sakit yang luar biasa. Berkumur dengan air garam dapat mengeringkan sariawan. Ulangi berkumur dalam beberapa jam sesuai kebutuhan.

2. Madu

Madu bersifat anti inflamasi dan antibakteri. Pilih madu alami untuk mengobati sariawan. Cara mengobatinya, oleskan sedikit pada area yang terkena sariawan sekitar empat kali sehari atau sesuai kebutuhan.

3. Minyak Kelapa

Kandungan minyak kelapa sifat antimikroba dan anti-inflamasi. Minyak kelapa efektif dalam menyembuhkan sariawan yang disebabkan oleh bakteri dan mengurangi peradangan dan rasa sakit akibat sariawan. Minyak kelapa juga dapat mencegah munculnya sariawan.

Baca juga : Yuk Simak, 6 Pengaruh Alkohol Terhadap Kesehatan Kulit

Cara mengobatinya, oleskan minyak kelapa murni pada area mulut yang terkena sariawan beberapa kali sehari sampai sariawan hilang.

4. Lidah Buaya

Tanaman lidah buaya membantu mempercepat proses penyembuhan karena bersifat anti-inflamasi dan obat penenang. Lidah buaya mampu membuat selaput atau lapisan untuk menutupi sariawan dengan cepat.

Cara mengobatinya, langsung oleskan gel lidah buaya murni pada area yang terkena sariawan dan biarkan selama 20 menit. Setelah berkumur dengan air. Ulangi beberapa kali sehari sampai sariawan hilang. Gel lidah buaya juga bisa dijus dan diminum tiga sampai empat kali sehari untuk mengobati sariawan.

5. Es Batu

Ini adalah cara termudah dan paling nyaman di mulut. Tempatkan beberapa es batu yang ditutup dengan handuk bersih. Tempelkan pada area yang terkena sariawan hingga es batu mencair. Dingin dan sariawan segera hilang.

Bagikan ke sosial media:

Recommended For You

Maharani

About the Author: Maharani Safitri

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Kunjungi Alamat Baru Kami

This will close in 0 seconds