Ini Bedanya Kopi Instan dan Kopi Bubuk yang Harus Kamu Tahu

KULINER, Malangpost.id – Saat ini, banyak produk-produk kopi yang beredar di masyarakat. Produk kopi yang umum dijual, biasanya menggunakan kopi yang sudah dihaluskan, bukan berupa biji kopi utuh.

Kopi yang sudah dihaluskan lebih disukai dari pada produk kopi berupa bijian karena penyajiannya yang sangat mudah. Mungkin sebagian orang mengganggap kopi instan dan kopi bubuk adalah dua produk yang sama. Padahal kedua produk tersebut adalah dua produk yang berbdeda.

Baik kopi instan maupun kopi bubuk memiliki ciri-cirinya masing-masing. Seperti misalnya kopi instan selalu memiliki kualitas baik, sedangkan untuk kopi bubuk memiliki kualitas yang rendah hingga yang unggul. Adapun beberapa perbedaan kopi instan dan kopi bubuk seperti di bawah ini:

Kopi Bubuk Memiliki Ampas

Perbedaan pertama dari kopi instan dan kopi bubuk adalah kopi bubuk memiliki ampas, sedangkan kopi instan tidak memilikinya. Kopi bubuk mengandung serat yang tidak bisa larut dalam air, sehingga akan meninggalkan ampas di dasar gelas. Sedangkan kopi instan terbuat dari kopi yang melalui proses ekstraksi sebelumnya, hal itu yang membuat kopi instan tidak meninggalkan ampas.

Kandungan kafein kopi bubuk lebih tinggi

Kemudian untuk kandungan kafein, kopi bubuk memiliki kandungan kafein yang lebih tinggi dibanding kopi instan. Hal ini karena kopi bubuk dihaluskan tanpa melalui proses ekstraksi yang menyebabkan kandungan kafein dalam kopi bubuk masih tinggi. Sedangkan kopi instan terbuat dari seduhan kopi bubuk yang kemudian di ekstraksi sehingga memiliki kadar kafein yang rendah.

Baca juga : 8 Jenis Kopi Populer dari Dulu hingga Kini

Penyimpanan kopi instan lebih lama

Perbedaan selanjutnya adalah pada jangka waktu penyimpanan. Kopi instan umumnya memiliki daya simpan yang lebih lama sesuai dengan tanggal kadaluarsa yang tertera di kemasan produk. Sedangkan daya simpan kopi bubuk lebih pendek sehingga harus ditempatkan di wadah kering dan sedikit cahaya matahari.

Harga kopi bubuk lebih mahal

Kopi bubuk dibanderol dengan harga lebih mahal dibandingkan dengan kopi instan. Hal ini karena mengingat pengolahan biji kopi untuk menjadi kopi bubuk tidak mudah dan membutuhkan mesin kopi yang tidak murah. Berdasarkan hal tersebut kopi bubuk memiliki harga yang cukup mahal.

Bagikan ke sosial media:

Recommended For You

Muhammad

About the Author: Muhammad Hafizh

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *