7 Manfaat dan Kelebihan Roti Sourdough

KULINER, Malangpost.id – Roti Sourdough merupakan salah satu jenis roti tertua. Di Indonesia sendiri roti ini belum cukup dikenal di kalangan masyarakat. Dalam pembuatannya, roti sourdough tidak menggunakan bahan pengembang buatan, melainkan menggunakan proses fermentasi dengan ragi alami agar adonan mengembang. Adonan yang digunakan termasuk campuran ragi, bakteri asam laktat, tepung, dan air untuk membuat tarter roti sourdough. Lalu apakah roti ini berbeda dengan roti biasanya? Tentu saja. Ini dia 7 manfaat dan kelebihan roti sourdough.

Lebih Bernutrisi

Berdasarkan artikel dari Good Doctor, ternyata proses fermentasi roti sourdough dapat meningkatkan kandungan nutrisi di dalamnya. Dikutip dari jurnal Food Microbiology, gandum utuh dalam roti ini memiliki kandungan mineral yang baik untuk tubuh.

Meningkatkan Kesehatan Usus

Roti sourdough melewati proses fermentasi dan akan menghasilkan bakteri baik untuk usus. Bakteri baik tersebut dapat menjaga sistem pencernaan agar tetap sehat. Kamu akan terhindar dari risiko sembelit dan diare, loh.

Mudah Dicerna

Tepung gandum hitam biasanya menjadi bahan utama roti sourdough. Dilansir dari penelitian University of Eastern Finland, tepung gandum hitam dalam roti sourdough mengandung antioksidan. Kandungan ini dapat membuat pencernaan lancar karena bakteri baik dalam usus meningkat.

Tidak Menyebabkan Naiknya Gula Darah

Dikutip dari Healthline, pada proses fermentasi roti sourdough, molekul karbohidrat terpecah sehingga indeks glikemik turun dan kadar gula darah tetap terjaga. Saat mengonsumsi roti sourdough dalam takaran normal, kadar insulin Anda tidak akan melambung tinggi.

Menyehatkan Jantung

Bakteri asam laktat dalam roti sourdough juga meningkatkan antioksidan. Dilansir dari AloDokter, bahwa tubuh memerlukan antioksidan untuk melawan efek paparan radikal bebas yang dapat menyebabkan terjadinya penuaan dini, penyakit jantung, kanker, dan demensia.

Banyak Protein

Cookinglight menyebutkan bahwa sepotong roti sourdough memiliki kandungan protein yang lebih banyak daripada telur. Manusia membutuhkan protein untuk menjaga dan memperbaiki jaringan pada tubuh.

Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Dilansir dari liputan6.com, dari kandungan probiotik dalam roti sourdough, ternyata dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh kita loh. Bakteri asam laktat dapat membuat usus kita sehat sehingga kekebalan tubuh pun terjaga.

Demikian penjelasan mengenai 7 manfaat dan kelebihan roti sourdough. Jangan ragu lagi konsumsi roti ini karena ternyata sehat dan baik untuk tubuh.

Bagikan ke sosial media:

Recommended For You

Betsy

About the Author: Betsy Prajna

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *