Turunkan Hipertensi dengan Makanan Terbaik untuk Tekanan Darah Tinggi

Cek di sini makanan terbaik untuk tekanan darah tinggi

KESEHATAN, malangpost.id – Hipertensi atau dikenal juga dengan tekanan darah tinggi adalah faktor risiko paling umum yang dapat dicegah untuk salah satu penyakit, seperti jantung. Umumnya penderita darah tinggi bisa mengkonsumsi obat-obatan untuk menguranginya.

Tahukah Anda, kalau perubahan pola makan dapat membantu menurunkan tingkat tekanan darah? Mengikuti diet bergizi dan sehat jantung disarankan untuk semua orang dengan tekanan darah tinggi hingga ke kisaran optimal dan mengurangi risiko penyakit jantung.

Berikut adalah beberapa makanan terbaik untuk penderita tekanan darah tinggi.

1. Brokoli

Brokoli merupakan sayuran hijau yang dikenal dengan banyaknya manfaat bagi kesehatan. Termasuk diantaranya adalah untuk kesehatan sistem peredaran darah. Menambahkan brokoli yang sarat dengan antioksidan flavonoid dalam makanan dapat membantu menurunkan tekanan darah dengan meningkatkan fungsi pembuluh darah serta meningkatkan kadar oksida nitrat dalam tubuh.

Baca juga: ni 5 Jenis Diet Populer Serta Kelebihan dan Kekurangannya

2. Salmon dan ikan berlemak lainnya

Ikan berlemak, termasuk salmon adalah sumber lemak omega-3 yang sangat baik. Kandungan omega-3 memiliki manfaat kesehatan jantung yang signifikan. Lemak omega-3 bisa membantu mengurangi tingkat tekanan darah dengan mengurangi peradangan dan menurunkan kadar senyawa penyekat pembuluh darah yang disebut oxylipins.

3. Buah sitrus

Buah-buahan dalam kelompok sitrus, seperti jeruk, jeruk bali, dan lemon, mungkin memiliki efek penurun tekanan darah yang kuat. Mereka sarat dengan vitamin, mineral, dan senyawa yang dapat membantu menjaga kesehatan jantung. Konsumsi sitrus dapat mengurangi faktor risiko penyakit jantung seperti hipertensi.

4. Pistachio

Pistachio termasuk kacang-kacangan yang sangat bergizi. Mengkonsumsi pistachio telah dikaitkan dengan tingkat tekanan darah yang sehat. Mereka tinggi dalam sejumlah nutrisi penting untuk kesehatan jantung dan pengaturan tekanan darah, termasuk potasium.

5. Wortel

Wortel merupakan sayuran yang paling banyak dikonsumsi. Sayuran ini kaya akan senyawa fenolik, seperti asam klorogenat, p-coumaric, dan caffeic, yang membantu mengendurkan pembuluh darah dan mengurangi peradangan. Hal ini bisa membantu menurunkan tingkat tekanan darah.

6. Berry

Buah beri, seperti blueberry, raspberry, dan stroberi kaya akan sumber antioksidan, termasuk antosianin yang merupakan pigmen yang memberi warna cerah pada buah beri. Antosianin telah terbukti meningkatkan kadar oksida nitrat dalam darah dan mengurangi produksi molekul pembatas pembuluh darah, yang dapat membantu mengurangi tingkat tekanan darah. 

7. Bayam dan seledri

Bayam menjadi pilihan yang sangat baik untuk orang dengan tekanan darah tinggi karena kandungan nitrat yang tinggi. Sayuran ini juga sarat dengan antioksidan, potasium, kalsium, dan magnesium. Sedangkan seledri adalah sayuran yang mungkin memiliki efek positif pada tekanan darah. 

Mengadopsi diet sehat bisa membantu menurunkan tingkat tekanan darah dan membantu mengurangi risiko penyakit jantung secara signifikan. Menambahkan berbagai makanan tertentu seperti sayuran berdaun hijau, kacang-kacangan, ikan berlemak, dan buah-buahan ke dalam makanan dan camilan dapat membantu mencapai dan mempertahankan tingkat tekanan darah yang optimal.

Bagikan ke sosial media:

Recommended For You

desi3

About the Author: desi3

Seorang 'bibiliophile' yang jatuh cinta dengan Himalaya dan fans berat warna biru. ~ travel to fulfill your soul ~

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *