6 Cara Ampuh Mengurangi Efek Setelah Minum Kopi

GAYA HIDUP, Malangpost.id – Kafein merupakan zat alami yang terkandung di dalam teh, kopi, dan kakao atau coklat. Kafein bersifat sebagai stimulan yang dapat meningkatkan energi dan semangat kamu. Tidak heran kalau kamu pecinta kopi makin suka menikmatinya karena akan membangkitkan semangatmu.

Dilansir dari Healthline, tidak semua orang merasakan efek semangat dan energi yang berlebih akibat meminum kopi. Ada juga yang malah merasa lelah, jantung berdebar, dan lemas.

Berikut ini 6 cara ampuh mengurangi efek setelah minum kopi.

Minum Air Putih

Minuman yang mengandung kafein biasanya membuat kita dehidrasi. Cara yang satu ini mudah kamu lakukan untuk mengurangi efek saat minum kopi termasuk dehidrasi. Minumlah minimal dua gelas air putih untuk menetralisir kopi.

Olahraga Ringan

Kalau kamu merasa kelebihan energi karena kopi, kamu bisa melampiaskannya dengan olahraga ringan seperti berjalan kaki. Setelah berjalan sebentar, tubuhmu akan merasa lebih baik. Pastikan jangan melakukan olahraga yang berat.

Konsumsi Makanan dengan Kandungan Magnesium

Dikutip dari SehatQ, magnesium dapat menjaga detak jantung yang stabil dan mencegah tekanan darah tinggi. Magnesium dapat meredakan efek jantung berdebar dan sakit kepala yang ditimbulkan oleh kafein. Contoh makanan dengan kandungan magnesium adalah alpukat, tahu, pisang, dan bayam.

Konsumsi Makanan Berserat

Makanan berserat dapat mengurangi efek kafein yang terdapat dalam tubuh. Konsumsilah makanan kaya serat seperti kacang-kacangan, jagung, roti gandum, dan apel. Makanan berserat bisa memperlambat pelepasan kafein ke aliran darah.

Meditasi atau Berlatih Pernafasan

Efek dari kafein pada kopi terkadang membuat kita cemas atau gelisah sehingga sulit untuk menenangkan pikiran. Mind Body Green merekomendasikan kamu untuk memperlambat dan melatih pernafasan atau bermeditasi untuk mengurangi perasaan cemas atau gelisah yang memenuhi pikiran.

Redupkan Lampu Saat Tidur

Sleep Foundation menyebutkan bahwa cahaya memiliki efek pada ritme sirkadian, produksi melatonin, dan siklus tidur. Kegelapan dapat meningkatkan relaksasi dan merangsang produksi melatonin yang akan membuatmu lebih mudah tidur dengan nyenyak. Kalau begitu, efek dari kafein yang menyebabkanmu lelah dan tidak bisa tidur akan hilang.

Nah, itu dia 6 cara ampuh mengurangi efek setelah minum kopi. Jangan terlalu banyak mengonsumsi kafein apabila kamu tidak terbiasa dan menimbulkan efek yang negatif pada tubuh.

Bagikan ke sosial media:

Recommended For You

Betsy

About the Author: Betsy Prajna

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *