Mau Sepatu Kamu Tahan Lama? Berikut 5 Tips Merawat Sepatu Agar Tetap Awet

TIPS, Malangpost.id – Sepatu merupakan salah satu item yang cukup penting bagi semua orang. Baik dari anak-anak, remaja, maupun orang dewasa memerlukan sepatu. Selain sebagai alas kaki, sepatu juga menjadi salah satu fashion yang terus mengikuti perkembangan zaman.

Untuk membuat fashion tetap terlihat keren, sepatu juga harus dijaga kualitasnya. Mulai dari warna sepatu, hingga keutuhan bahan pada sepatu. Sehingga perlu merawat sepatu dengan baik dan benar.

Berikut ini 5 tips merawat sepatu agar tetap awet:

1. Bersihkan bagian dalam sepatu

Kaki yang dipakaikan sepatu kemungkinan akan mengeluarkan keringat. Hal itu merupakan salah satu penyebab timbulnya bau pada sepatu. Sehingga perlu membersihkan sepatu bagian dalam secara berkala. Pastikan juga kaki dalam keadaan bersih agar mengurangi bau pada sepatu.

2. Bersihkan langsung saat sepatu kotor

Sepatu yang terkena kotoran harus segera dibersihkan. Tujuannya adalah mencegah noda kotoran tersebut akan membuat tampilan sepatu menjadi kusam. Membersihkannya dapat dengan membersihkan sepatu bagian luar menggunakan sikat yang lembut dan dibantu deterjen yang telah diberi air. Setelah terlihat bersih, gunakan lap dan air hangat untuk menghilangkan sisa deterjen.

3. Semprot sepatu dengan pelindung khusus

Setelah sepatu dibersihkan, dapat diaplikasikan pelindung khusus sepatu. Pelindung ini berguna untuk melindungi sepatu agar tidak mudah ditempeli oleh kotoran sehingga lebih mudah dibersihkan.

4. Letakkan sepatu di tempat terbuka

Penempatan sepatu juga menjadi salah satu hal yang penting. Sepatu sebaiknya diletakkan di tempat terbuka karena untuk menjaga sirkulasi udara agar tetap optimal. Kemudian juga dapat menghindarkan sepatu dari resiko ditumbuhi jamur yang dapat merusak bahan sepatu.

5. Hindari menyimpan sepatu dalam keadaan basah

Sepatu harus disimpan dalam kondisi yang kering. Sepatu yang basah akan mendatangkan jamur dan bau yang tidak sedap. Serta pastikan tempat penyimpanan tidak dalam kondisi basah atau lembab agar sepatu dapat tetapkering saat disimpan.

Itulah beberapa tips untuk menjaga sepatu agar tetap awet. Cara perawatan sepatu juga harus memperhatikan bahan pembuat sepatu. Hal ini karena cara perawatan setiap jenis sepatu berbeda antara yang satu dengan yang lain.

Bagikan ke sosial media:

Recommended For You

Muhammad

About the Author: Muhammad Hafizh

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *